Hallmark pada Perhiasan

Hallmark pada Perhiasan, Gunanya Apa?

Hallmark pada perhiasan dibuat untuk menunjukkan seberapa murni emas tersebut dalam sepotong perhiasan emas. Hal ini termasuk tanda dari kantor pengujian yang bersertifikat kemurnian serta kehalusan atau karat emas.  Hallmark dapat juga mencakup informasi berharga tentang pabrikan dan asalnya. Ketahui lebih dalam tentang hallmark pada perhiasan dengan membaca artikel ini sampai akhir!

Apa itu Hallmark?

Hallmark sering disebut quality mark atau purity mark. Hallmark adalah stempel singkatan untuk jenis logam mulia yang menyusunnya. Stempel ini dapat dibuat oleh pembuat emas atau kantor penguji kadar emas dan menjamin kandungan logam berharga minimum yang ada di perhiasan.

Biasanya tanda ini dapat dilihat pada perhiasan Anda. Misalnya ada tulisan 750 di dalamnya, ini berarti perhiasan Anda mempunyai 75% kadar emas atau 18 karat. Ini berarti 25% lagi adalah campuran logam lain.

Jenis Hallmark

Ada dua jenis tanda atau hallmark yang biasa ditemukan pada perhiasan:

1. Hallmark yang menunjukkan jenis logam mulia dan kemurniannya.

2. Tanda pembuat yaitu simbol atau inisial yang menunjukkan pembuat atau asal perhiasan.

Agar stempel menjadi hallmark sejati, cap itu harus mengandung stempel kemurnian. Tanda pembuat saja tidak bisa dianggap sebagai hallmark.

Hallmark untuk Membuktikan Emas Asli

Kemurnian perhiasan emas buatan Amerika diukur dalam satuan Karats. Maka akan ada cap di bagian dalam perhiasan emas asli dengan nomor (ukuran karat) dan diikuti dengan huruf “K”. Angka tersebut menunjukkan seberapa murni emas yang terkandung dalam sebuah perhiasan, koin, atau balok emas. Emas murni adalah emas 24K (24 karat). Berarti, jika kode hallmark-nya menunjukkan angka 18K berarti kemurnian emas tersebut adalah 18/24 atau 0.75 atau murni 75%. Dan 0.25 nya adalah campuran logam lain.

Sementara itu, sistem pengecapan emas asli buatan Eropa sedikit lebih lugas. Emas Eropa ditandai dengan ukuran kandungan emas dalam bentuk hitungan desimal. Contohnya “.75” yang berarti 75% emas murni. Sedangkan emas 24K atau emas murni 100% ditandai dengan cap “.999” atau “1.000”. Meskipun demikian, jika sebuah perhiasan tidak distempel dengan tanda hallmark atau cap resmi, perhiasan tersebut belum tentu emas palsu. Hal ini biasanya berlaku pada perhiasan yang lebih tua atau buatan zaman dulu. Karena pada zaman dahulu, belum ada hallmark.

Tanda Pembuat

Tampilan setiap merek pembuat akan menjadi unik bagi pengrajin atau desainer yang membuatnya. Seringkali tanda adalah logo perusahaan atau inisial pengrajin.

Menelusuri kembali tanda pembuat pada perhiasan bisa jadi rumit. Beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, tidak mengharuskan produsen untuk mendaftarkan merek pembuatnya. Tetapi untuk perhiasan dan perhiasan antik yang dibuat di luar negeri, banyak merek terdaftar dan dapat ditemukan melalui pencarian.

Mengapa Memberi Hallmark pada Perhiasan?

Dengan memberikan sebuah perhiasan dengan tanda kemurnian dan pembuatnya, pembuatnya bertanggung jawab atas keakuratan kadarnya. Hallmark ini menawarkan jaminan dan perlindungan bagi konsumen, serta panduan yang bermanfaat bagi setiap pembuat perhiasan di lini depan yang mungkin perlu menjual atau memperbaiki perhiasan.

Hallmark di Berbagai Negara

Di Inggris, semua produk emas yang dijual di pasar lokal sekarang harus ditandai di salah satu dari empat kantor uji di London, Birmingham, Sheffield dan Edinburgh yang masing-masing memiliki tanda khas. Perhiasan dengan berat kurang dari 1 gram dibebaskan dari aturan.

Di Amerika Serikat, barang karatage dapat diidentifikasi dengan tanda tangan independen di dekat bagian perhiasan atau informasi lisan. Itu tidak harus ditandai pada bagian itu sendiri. Jika item ditandai, ia juga harus memiliki cap merek dagang untuk mengidentifikasi asalnya. Di Amerika Serikat, kehalusan dalam bagian per seribu sering digunakan untuk menunjukkan kemurnian bukan karat.

Di banyak negara lain, termasuk di Italia, India, dan Cina, hallmark perhiasan adalah hal sukarela. Produsen emas menerapkan tanda mereka sendiri untuk kreasi mereka, untuk membuktikan asal dan karat mereka.

Contoh-contoh Hallmark

Hallmark pada Perhiasan

Contoh di atas merupakan contoh hallmark pada perhiasan emas, terutama cincin. Hallmark tidak mengganggu kecantikan cincin, karena letaknya ada di bagian tampilan dalam cincin.

Jadi, ketika kamu menemukan tanda unik pada perhiasan, jangan bingung, ya! Itu merupakan sebuah penanda kalau emas ataupun perhiasan lain yang kamu beli adalah asli, bukan palsu. Hal itu wajar, kok! Kamu tidak perlu takut ada sesuatu yang aneh pada emas ataupun perhiasan yang kamu beli.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *