perhiasan gold vermeil

Perhiasan Gold Vermeil, Perhiasan Lapis Emas Lainnya

V&Co Jewellery beberapa waktu lalu membahas tentang jenis perhiasan lapis emas yaitu gold plated. Kali ini, V&Co Jewellery akan membahas perhiasan lapis emas lainnya, yaitu gold vermeil (dibaca ver-may). Kira-kira apa itu gold vermeil? Penasaran? Simak artikel di bawah, yuk!

Apa Itu Gold Vermeil?

perhiasan gold vermeil

Istilah gold vermeil pasti masih terdengar asing di telinga kamu. Gold vermeil, atau vermeil adalah istilah yang digunakan untuk menyebut perhiasan atau barang lainnya yang terbuat dari perak dan dilapisi dengan emas. Kata “vermeil” berasal dari bahasa Prancis, maka “vermeil” diucapkan seperti “ver-may.” Istilah alternatifnya adalah “silver-gilt” (atau “perak bersepuh emas”), yang memiliki arti yang sama dengan “vermeil“. Bagian dasar perhiasan vermeil terlebih dahulu dibuat dari perak dan kemudian dilapisi dengan lapisan emas yang tipis. Metode yang digunakan untuk menutupi permukaan potongan logam dasar dengan emas disebut dengan elektrolisis.

Perhiasan gold vermeil bisa dibuat dengan kemurnian emas yang bervariasi. Namun di Amerika, ada persyaratan minimum yang harus dipenuhi supaya perhiasan tersebut dapat dianggap vermeil. Sepotong logam perlu dilapisi emas, setidaknya 10 karat (yang setara dengan sekitar 42% kandungan emas) agar bisa diakui sebagai vermeil. Selain itu, peraturan di Amerika juga menyatakan bahwa perhiasan atau barang tersebut tidak dapat dijual sebagai vermeil kecuali pelapisan emasnya memiliki tebal paling sedikit 2,5 mikron (0,0025 milimeter). Jika bagian dasarnya mengandung logam lain selain perak, maka hal tersebut harus diberitahukan oleh pihak penjual.

Bagaimana Daya Tahannya?

Durasi lama perhiasan gold vermeil akan bertahan tergantung pada ketebalan lapisan emasnya. Semakin tebal lapisan emas di permukaan, semakin lama perhiasan tersebut akan luntur. Tingginya jumlah karat pada lapisan emas juga terkait dengan daya tahan perhiasan. Semakin tinggi jumlah karat pada lapisan emas, semakin lembut dan semakin mudah permukaannya untuk tergores.

Perbedaan antara Gold Vermeil dan Gold Plated?

Perbedaan gold vermeil dengan gold plated ada pada bagian logam dasarnya. Perhiasan gold vermeil dibuat dengan logam dasar perak, sedangkan gold plated dibuat dari campuran berbagai macam logam. Oleh karena itu, gold vermeil sering dianggap lebih berharga dibanding keduanya. Namun gold vermeil tidak selalu memiliki lapisan emas yang lebih tebal dibandingkan perhiasan lapis emas yang lain.

Bagaimana Cara Merawat Perhiasan Gold Vermeil?

Membersihkan dan merawat perhiasan gold vermeil cukup sederhana. Seperti halnya perhiasan lain, kamu harus menjaganya agar bebas dari debu, kosmetik, aerosol dan polusi. Usahakan memakai perhiasan setelah kamu selesai menggunakan make-up dan parfum. Jika tidak dipakai, taruh perhiasanmu di dalam kotak perhiasan. Jangan menumpuknya dan hindarkan dari panas. Lepas perhiasan kamu saat berenang atau mandi karena bisa membuat lapisan emasnya lebih cepat luntur atau berubah warna.

Untuk membersihkan perhiasan gold vermeil, gunakan kain katun 100% yang lembut dan kering atau kain microfiber. Usap dengan lembut dan jangan gunakan pembersih yang terlalu keras agar lapisan emas tidak luntur. Perhiasan gold vermeil bisa jadi pilihan jika kamu menginginkan sesuatu yang lebih spesial, misalnya hadiah orang terdekat karena nilainya yang lebih berharga. kamu juga tidak perlu khawatir akan kualitasnya karena perhiasan gold vermeil memiliki standar tertentu yang harus dipatuhi.

Tips Membeli Gold Vermeil

Ketika membeli sesuatu, harga merupakan hal yang penting. Tetapi, kualitas juga sama pentingnya. Jika kamu ingin membeli perhiasan gold vermeil, luangkan waktu untuk menemukan produsen yang terkenal dan pertimbangkan kualitas ketika membandingkan harga. Ada ketentuan praktis tentang gold vermeil yang perlu kamu ketahui. Jika gold vermeil dihargai sama dengan sterling silver, maka kemungkinan itu bukan benar-benar gold vermeil.

Harga Perhiasan Gold Vermeil

Jenis perhiasan ini seringkali lebih mahal daripada pelapisan emas, tetapi jelas lebih murah daripada emas murni dan tidak ada resiko reaksi alergi terhadap logam inti yang tidak diketahui (karena semua logam inti dalam vermeil adalah sterling atau perak murni). Biasanya ada kadar emas lebih tinggi yang digunakan.

Harga perhiasan gold vermeil tidak jauh berbeda dengan harga perhiasan gold plated. Namun, gold vermeil juga harus memperhatikan standar harga dari logam yang terkandung di dalamnya. Jenis perhiasan emas ini biasanya dijual dengan minimum 14 Karat, 18 Karat atau 24 karat emas kuning atau rose gold. Potongan berlapis emas yang lebih murah biasanya 10 karat.

Perhiasan gold plated memiliki sistem penandaan, namun gold vermeil tidak. Yang bisa kamu temukan adalah stempel dengan nilai kemurnian perak standar. Hal itu akan memberi tahu bahwa logam inti yang dipakai adalah perak.

Setelah V&Co Jewellery mengulas tentang gold vermeil, apa kamu tertarik untuk membelinya? Atau justru menginginkan perhiasan emas murni? Kalau begitu, kamu bisa kunjungi webstore V&Co Jewellery untuk membelinya. Selamat berbelanja!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *