harga berlian lebih tinggi

Mengapa Berlian Memiliki Harga yang lebih Tinggi?

Halo, dear! Siapa sih yang tidak suka dengan perhiasan berlian? Batu permata yang cantik ini sangat sering digunakan untuk perhiasan karena tampilannya yang indah dan berkilau. Berlian dinilai sebagai batu mulia yang sangat laku di pasaran. Namun, perlu kamu tahu juga jika keindahan berlian ini tidak murah pula. Harga berlian lebih tinggi dibanding batu permata lainnya, lho!

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa harga berlian dibanderol sangat mahal? Banyak faktor yang menentukan harga berlian. Nah, sebelum kamu berniat membeli berlian, alangkah baiknya jika kamu membaca informasi di bawah ini. Simak, yuk!

Faktor Kelangkaan

Keberadaan berlian tidak terlalu langka. Namun berlian yang memiliki kualitas tinggi yang kerap digunakan di dunia perhiasan biasanya sulit ditemukan. Diperkirakan hanya 30% berlian yang ditambang di seluruh dunia yang memenuhi kriteria untuk pembuatan perhiasan. Kelangkaan berlian ini membuatnya lebih berharga dan termasuk faktor yang mempengaruhi harga berlian.

Daya Tahan

Berlian ini ada di peringkat 10 pada kekerasan Mohs, yang digunakan untuk mengukur kekuatan dan daya tahan batu permata. Skor tinggi ini menunjukkan bahwa berlian adalah salah satu mineral paling kuat di dunia. Hampir tidak mungkin untuk menggores permukaan berlian dan cukup sulit untuk memecahkannya. Nah, daya tahan yang luar biasa ini adalah salah satu dari banyak karakteristik yang membedakan berlian dari batu permata lainnya. Ini juga salah satu faktor yang membuat harga berlian tinggi. Berlian akan bertahan lebih lama dari batu permata lain, sehingga menjadikannya lebih berharga.

Tingkat Kesulitan Saat Ditambang

Berlian secara alami terbentuk di lingkungan yang panas dan bertekanan tinggi di bawah permukaan bumi. Menambang berlian-berlian ini dari bumi tidaklah mudah. Penambangan melibatkan penggunaan mesin berat, sekop hidrolik, truk dan peralatan mahal lainnya yang sangat sulit untuk dioperasikan. Peralatan ini digunakan untuk mengangkut intan atau berlian mentah ke permukaan, di mana berlian akhirnya diesktraksi.

Setelah berlian diekstraksi, berlian harus dipotong dan dipoles kembali agar dapat dijual. Menambang, memotong dan memoles berlian adalah proses yang menantang dan membutuhkan banyak tenaga serta keahlian. Kompleksitas proses inilah yang membuat harga berlian menjadi naik.

Warna Berlian

Berlian memiliki perbedaan warna yang berdampak besar pada harganya. Sebenarnya, berlian memiliki banyak warna, tetapi sebagian besar berlian yang tersedia adalah warna kuning atau cokelat. Berlian yang tidak berwarna cukup langka dan sulit ditemukan, karena tidak murni atau murni secara kimia.

Beberapa orang ada yang menyukai berlian dengan tingkat kejernihan yang tinggi dan tidak mementingkan warnanya. Namun, ada juga yang menganggap faktor warna sangat penting.

Potongan Berlian

Sebagian besar berlian yang dijual tidak memiliki kualitas potongan yang bagus. Berlian dengan potongan yang bagus, akan tampak lebih berkilau dan indah. Jika berlian memiliki tingkat kejernihan yang sempurna, namun potongannya tidak bagus, maka berlian akan terlihat kusam.

Bentuk Berlian

Harga berlian bentuk bulat jauh lebih tinggi dibanding bentuk lain, seperti oval, cushion cut, dan princess cut. Hal tersebut dikarenakan proses pembuatan berlian bulat memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Ketelitian pun sangat diperlukan ketika proses pembuatan, demi mendapatkan bentuk bulat yang sempurna.

Sertifikasi Berlian

Hampir seluruh berlian yang dijual secara online memiliki kualitas yang rendah. Berlian berkualitas tinggi hanya dijual di toko berlian saja. Sebab, jika membeli berlian di toko, kamu akan diberikan laporan penilaian pihak ketiga. Selain itu, sertifikasinya pun lebih terpercaya.

Berat Karat

Karat merupakan berat atau ukuran berlian, di mana satu karat berlian sama dengan 200 miligram. Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi harga berlian. Harga berlian asli biasanya dilihat dari per karatnya.

Perhatikan 4C Saat Membeli Berlian

jewelryrepair

Berlian dikenal sebagai batu paling keras di dunia. Tak ada satupun yang mampu menggores ataupun mampu membelah berlian, selain berlian itu sendiri. Daya tahannya yang luar biasa inilah yang semakin meningkatkan nilai berlian. Maka tidaklah mengherankan, berlian menjadi perhiasan yang diwariskan turun-temurun lintas generasi. Tahukah kamu jika mau sebagus dan sebesar apapun berlian itu, tapi jika tidak diasah dengan baik, maka nilainya tidak akan tinggi, tidak akan menunjukkan the beauty of diamond.

Harga berlian memang mahal, tetapi harga berlian bisa bervariasi dari satu batu ke yang lainnya. beberapa faktor mempengaruhi biaya berlian adalah sebagai berikut.

1 Clarity

Clarity atau kejernihan merupakan standar berlian yang diukur berdasarkan pertimbangan: jumlah mineral pencemar, lokasi pencemar, ukuran pencemar, warna pencemar, dan jenis mineral pencemar yang ada di dalam berlian. Semakin jernin berlian maka harganya akan semakin tinggi. Ada institusi yang memberikan sertifikat atas kejernihan berlian ini. Institus tersebut adalah The Gemological Institute of America (GIA). Berikut skala kejernihan berlian berdasarkan ukuran GIA: Flawless (tanpa noda), Internal Flawless, VVS1, VVS2, VS1, VS2.

2 Color

Dalam bukunya, Mahardi Paramita yang juga penggagas lembaga sertifikasi berlian di Indonesia, Adamas Gemological Laboratory of Indonesia (AGL) itu menulis, semakin bening suatu berlian semakin tinggi nilainya. Berlian terbaik adalah berlian yang tanpa warna.

Sama seperti clarity, untuk menunjukkan kualitas, warna berlian juga memiliki skala. Semakin besar nilai skala warna, semakin rendah harganya. Tingkat warna berlian yang dikembangkan oleh GIA adalah pada kisaran putih (colorless) sampai kuning, yakni D-F colorless (white); G-J hampir tidak berwarna; K-M kekuning-kuningan; N-R kuning sangat terang; S-Z kuning terang.

3 Cut

Kesempurnaan cutting atau potongan berlian akan menentukan pantulan sinar dari berlian tersebut. Untuk menguji kualitas cutting-nya, Mahardi menyarankan lihat batu berlian dari atas, sehingga kamu akan melihat pola pantuan sinarnya. Potongan berlian ini sangat menentukan harga berlian. Skala cut yang dibuat oleh GIA adalah: fair, good, very good, ideal dan signature ideal.

Berlian dengan proporsi cutting-an yang baik, akan memberikan kilau warna cemerlang serta kilap cahaya maksimun. Berlian yang dipotong terlalu pendek dan dalam akan kehilangan cahaya pantul dan tidak akan merefleksikan cahaya kembali ke bagian atas berlian. Potongan itulah yang membuat berlian terlihat kusam dan tidak cemerlang.

4 Carat

Berlian dijual berdasarkan berat, bukan volume. Berlian ini disebut sebagai karat. Satu karat setara dengan 0,2 gram atau 200 mg. Berlian dengan ukuran karat-karat lebih besar tidak selau berarti lebih baik. Dengan kualitas yang lebih tinggi (dilihat dari cut, clarity dan color), berlian yang lebih kecil mungkin lebih bernilai daripada berlian yang lebih besar tapi kualitasya rendah.

Itu dia keempat faktor penentu harga berlian yang perlu kamu tahu sebelum berencana membeli sebuah berlian. Meskipun harga berlian lebih tinggi, kamu bisa memilikinya dengan memerhatikan faktor-faktor yang telah dibahas tadi agar uang yang kamu keluarkan sebanding dengan kualitasnya. Sekarang sudah mengerti kan mengapa harga berlian lebih tinggi?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *