Pertanyaan yang Selalu Muncul: Harga Cincin 2 Gram Berapa, Ya?

Setiap kamu pergi ke toko perhiasan dan hendak membeli cincin, mungkin kamu akan bertanya harga cincin 2 gram berapa? Karena memang cincin dengan kadar berat 2 gram adalah yang cukup ideal bagi pasangan yang ingin menikah dengan budget yang minim.

Hal ini juga adalah salah satu hal utama yang menjadi perhatian dan menyangkut seberapa dalam kamu harus merogoh kocek bila berkunjung ke toko emas. Semakin tinggi harganya, maka semakin banyak juga uang yang harus kamu gelontorkan demi perhiasan emas idaman.

Semisal kamu masih bertanya-tanya mengenai harga cincin 2 gram, itu artinya kamu harus mengenali beberapa faktor yang menyebabkan perubahan harga cincin secara konstan. Tak heran, saat membeli emas, kamu akan menemui ada waktu yang tepat dan ada juga waktu yang kurang pas untuk membeli emas. Cobalah kenali dulu beberapa alasan di bawah ini yang menyebabkan fluktuasi harga cincin dua gram, sehingga kamu tidak perlu merelakan isi tabunganmu karena kebetulan dapat harga yang mahal:

Penyebab Harga Cincin 2 Gram Berubah-ubah

  • Logam Mulia yang Digunakan

Seperti yang kamu tahu, logam mulia bukanlah benda yang murah. Untuk setiap gramnya, logam-logam mulia seperti emas bermacam ragam, perak, sampai tembaga juga memiliki harga yang lebih mahal daripada kebutuhan hidup sehari-hari. Memilih logam mulia sendiri bukan perkara mudah, tetapi menyesuaikan dengan warna kulitmu dan yang terpenting: gaya yang kamu inginkan. Belum lagi, bila kamu memiliki ukuran jari yang lebih besar daripada ukuran rata-rata, kamu akan dikenai biaya yang lebih besar. Untuk harga cincin 2 gram, sebenarnya jenis emas yang kamu gunakan tidak terlalu berpengaruh, karena semuanya sudah diperkirakan dalam biaya rata-rata untuk sebuah model cincin. Namun, menggunakan logam mulia lain yang harga pasarannya lebih murah, tentu akan menekan sedikit dari biaya cincin yang hendak kamu beli.

  • Harga Batu Mulia yang Digunakan

Bila kamu bertanya harga cincin 2 gram, tentu yang paling menentukan adalah batu mulia yang digunakan, terutama bila kamu berencana menggunakan berlian sebagai batu mulia untuk cincinmu. Sebenarnya, batu mulia memakan porsi paling besar dalam harga cincin. Itulah mengapa ada yang menyarankan untuk menggunakan kubik zirkonia atau pun pengganti berlian lainnya, bila kamu hendak menekan harga dari cincin yang kamu pesan, tetapi tetap mendapatkan kilau sebagai pemanis cincin yang akan kamu kenakan. Selain itu, saat ini batu-batu mulia lain, seperti rubi, safir, sampai zamrud juga kembali populer, lho, sebagai mata cincin. Sehingga kamu bisa mempertimbangkan opsi itu, bila hendak menekan ongkos. Berlian memang batu mulia termahal yang kualitasnya terjamin, jadi tidak heran kalau banyak orang yang ingin cincinnya dihiasi berlian. Akan tetapi, faktor yang mempengaruhi harga cincin 2 gram berapa tidak hanya dari batu mulia saja, melainkan juga kualitas/grade dari berlian yang digunakan dan teknik pemotongan berlian. Bila kamu menghendaki berlian dengan potongan yang tidak biasa, biasanya pengrajin dan toko perhiasan akan membuatmu membayar lebih. Namun, toh, hasilnya setara dengan desain cincin yang kamu idam-idamkan!

  • Harga Desain

Munculnya ongkos desain, hadir apabila kamu memesan model cincin yang lain daripada yang biasa, atau cincin custom yang desainnya belum pernah ada sebelumnya. Desain yang unik ini, contohnya cincin yang memiliki motif dari inisial namamu atau cincin dari sidik jari yang belakangan populer karena unik dan tidak ada duanya. Bila kamu menanyakan harga cincin 2 gram dan hendak membuat desain yang rumit atau unik, tentu desain akan membuatmu harus membayar ekstra karena desain baru berarti pengrajin harus membuat cetakan baru. Sementara untuk membuat desain baru, proses pembuatan desain juga memakan waktu dan tidak bisa sekali jadi. Anggaplah hal ini wajar, ya, karena para pengrajin juga membutuhkan waktu latihan yang tidak sebentar supaya bisa membuat cincin-cincin yang kalian idam-idamkan. Hargai kerja keras mereka dan jangan menegosiasikan harga terlalu ‘kejam’, karena harga yang mereka patok pasti juga sudah setara dengan pengalaman dan hasil belajar mereka! Semakin kawakan pengrajin yang membuat cincinmu, tentu dia akan mematok harga semakin mahal. Namun, kamu harus ingat kalau harga itu adalah cara kamu mengapresiasi mereka!

  • Harga Produksi dan Penjualan

Label harga yang tertera pada cincin yang kamu beli, tentunya sudah mempertimbangkan berbagai ongkos produksi dan penjualan. Bahkan, bila kamu bertanya harga cincin 2 gram di toko-toko perhiasan besar, harga yang tertera sudah pasti termasuk biaya produksi, pengiriman, sampai ke gaji para karyawan yang menjaga outlet. Semua elemen ini memang tidak terlihat langsung dalam cincin yang akan kamu beli, tapi ingatlah kalau barang itu tidak akan sampai ke tanganmu tanpa kerja dari berbagai orang yang terlibat. Bila kamu hendak menekan harga barang, memang pergi ke pengrajin kecil memiliki kemungkinan untuk mendapatkan harga lebih murah. Namun, pergi ke toko perhiasan besar tentunya membuat kamu lebih mudah menentukan pilihan, karena biasanya mereka sudah memiliki koneksi ke banyak pengrajin dan punya model yang bervariasi, ketimbang toko yang lebih kecil. Pilihan tetap di tanganmu, untuk membeli dari toko emas skala besar atau kecil, ya!

Faktor-faktor di atas adalah penentu utama dari harga cincin 2 gram yang kamu tanyakan selama ini. Mungkin kamu kaget, karena hal-hal seperti ukuran cincin sendiri tidak termasuk di dalamnya. Sebab, bila kamu tidak memesan ukuran yang jauh lebih kecil atau lebih besar dari ukuran rata-rata, mau ukuran cincin besar atau kecil pun tidak berpengaruh banyak pada harga. Hal ini dikarenakan semuanya sudah masuk ke dalam perhitungan dan setiap toko cincin kawin memiliki rekam jejak rata-rata ukuran cincin yang dijual.

Sehingga bila ukuran cincinmu tidak jauh dari ukuran rata-rata, harganya tentu akan sama saja. Mengejutkan, bukan? Karena itu, jangan bingung saat kamu menemui harga cincin yang lebih mahal daripada yang lain. Ingatlah keempat faktor di atas, terutama batu mulia yang digunakan. Semakin banyak, semakin bagus, dan semakin tinggi kualitas dari batu muliamu, akan membuat harga cincin semakin meroket juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *