Pengaruh Harga Emas 24 Karat dengan Investasi

Pengaruh Harga Emas 24 Karat dengan Investasi

Harga emas 24 karat saat ini memang cenderung stabil, jarang mengalami penurunan drastis dan sebaliknya, jarang pula mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Namun, hal ini tidak membuat kendur perdagangan emas yang ada di Indonesia, termasuk perhiasan emas. Selain logam mulia atau emas batangan, masyarakat Indonesia, khususnya para wanita menggunakan perhiasan emas sebagai alat investasi. Harganya yang cenderung selalu naik diklaim menjadi jaminan keuntungan yang berlipat ganda.

Harga emas 24 karat tentu saja berpengaruh terhadap harga perhiasan emas. Hal ini karena perhiasan juga memiliki ukuran karat yang berbeda-beda dan masing-masing ukuran juga dibanderol dengan harga yang berbeda pula.

Investasi Emas Sejalan dengan Harga Emas 24 Karat

Investasi menggunakan perhiasan emas dinilai lebih mudah karena harga yang dapat disesuaikan dengan kocek pribadi. Namun, banyak yang beranggapan jika  investasi perhiasan emas sebetulnya tidak menguntungkan, justru merugi. Hal tersebut memang tidak sepenuhnya benar, oleh karena itu, sebelum berinvestasi menggunakan perhiasan emas, perhatikan dulu beberapa hal, seperti di bawah ini:

Investasi yang Bisa Dinikmati

Setiap tahunnya, harga emas 24 karat selalu naik, meskipun tidak secara drastis. Pembelian perhiasan emas dapat dicicil per gramnya, tidak harus sekaligus membeli ukuran tertentu. Lebih menguntungkannya lagi, pada saat membeli perhiasan emas, kamu bisa menawarnya langsung kepada penjual.

Berbeda dengan logam mulia atau emas batangan, perhiasan emas tentunya bisa dipakai untuk mempercantik diri, tidak hanya disimpan di dalam wadah tertentu saja. Selain dapat digunakan kapan saja, modal awalnya yang cukup terjangkau, membuat banyak orang, khususnya ibu-ibu, memilih perhiasan emas sebagai investasi.

Perawatan yang Teratur

Meskipun dapat dinikmati sebagai aksesori tambahan, sebaiknya perhiasan emas jangan sering-sering dipakai. Mengapa? Karena lambat laun warnanya akan kusam dan memudar. Bila hal ini terjadi, maka mutu dan kualitas emas akan turun, harga jual kembalinya juga akan mengalami penurunan.

Selain warna, perhiasan emas juga rawan rusak dan hilang. Oleh karena itu, bila sudah tidak dipakai lagi, simpan emas di wadah tertentu dan diletakan di tempat yang aman. Agar tidak gampang rusak, gunakanlah dengan hati-hati.

Sertifikat Keaslian

Harga sebuah perhiasan emas ditentukan dari kadar karat dan ongkos pembuatannya. Emas 24 karat berarti memiliki kandungan 99,99% emas murni sehingga harga emas 24 karat di pasaran cukup mahal. Jadi, kadar karat bukanlah berat dari emas, melainkan kadar kemurniannya.

Perhiasan emas 24 karat, terdiri dari berbagai macam ukuran, mulai dari 1 gram, 10 gram, hingga 20 gram. Karena emas 24 karat terhitung lunak, maka pada saat dibuat perhiasan, emas akan dicampur dengan logam lainnya.

Harga perhiasan akan dihitung dari beratnya, kadar karatnya, dan tentu saja ongkos pembuatannya. Mengapa pada saat menjual emas kadang menjadi lebih murah? Hal tersebut karena ongkos pembuatannya tidak dihitung lagi.

Agar harga emas 24 karat yang kamu beli nanti bisa bernilai tinggi, sebaiknya mintalah juga sertifikat keaslian emas pada saat membeli. Beda dengan berlian, perhiasan emas memang jarang sekali memiliki sertifikat keaslian. Namun, usahakanlah perhiasan emas yang kamu miliki mendapat sertifikat untuk keamanan dan kenyamanan investasi.

Investasi perhiasan emas memang tidak sefantastis bayangan orang-orang, tetapi tetap akan menguntungkan, meskipun dalam jangka waktu yang lama. Apalagi, harga emas 24 karat tiap tahunnya selalu naik.

Nah, tunggu apalagi? Sebaiknya, mulailah mengumpulkan perhiasan emas dari sekarang. Tidak apa-apa bila harus membeli perhiasan dengan ukuran-ukuran kecil terlebih dahulu, bukankah sesuatu yang besar harus dimulai dari sesuatu yang kecil terlebih dahulu?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *