Kue pernikahan sederhana satu tingkat

Kue Pernikahan Sederhana tapi Elegan: Rekomendasi dan Tips Memilih Desain yang Berkesan

Ketika membicarakan tentang persiapan pernikahan, akan ada banyak sekali daftarnya. Mulai dari biaya, dekorasi untuk resepsi, mahar dan seserahan, riasan, busana pengantin, tamu undangan, catering, dan persiapan pernikahan lainnya. Tapi, ada satu hal yang kadang hampir terlewat, yaitu kue pernikahan sederhana tapi elegan.

Sebenarnya, perlukah menyediakan kue pernikahan untuk resepsi? Perlu tidaknya membeli kue pernikahan bisa kamu dan pasangan diskusikan dan putuskan sendiri demi kenyamanan bersama. Akan tetapi, jika kamu ingin melengkapi resepsi pernikahan dengan wedding cake yang indah, elegan, dan nikmat, beberapa tips dan rekomendasi dari kami ini bisa kamu jadikan pertimbangan. Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah!

Tips Memilih Kue Pernikahan

kue pernikahan minimalis modern
Foto: cakecentral.com

Memilih kue pernikahan tidak hanya sebatas mempertimbangkan keindahannya saja, tapi ada beberapa aspek penting yang perlu kamu perhatikan untuk mendapatkan kue pernikahan sederhana tapi elegan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti sebelum memilih wedding cake:

1. Menentukan biaya

Hal pertama yang harus kamu tentukan adalah anggarannya. Harga kue pernikahan sendiri beragam, tergantung dari jenis kue, desain, ukuran, hingga hiasannya.

Dengan menetapkan biaya untuk kue pernikahan, akan membantu kamu untuk menyusun anggaran untuk persiapan pernikahan lainnya. Pastikan kamu memilih kue pernikahan sesuai kemampuan agar tidak mengeluarkan terlalu banyak uang dan mengorbankan kepentingan lainnya. Selain itu, menentukan biaya kue pernikahan sederhana tapi elegan juga bisa memudahkan kamu untuk melakukan seleksi dari banyaknya pilihan toko kue.

2. Mencari referensi desain kue

Setelah menentukan anggaran, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mencari referensi desain kue. Kamu bisa mencarinya di sosial media, melihat kue pernikahan milik orang lain, atau bahkan membuat desain kue pernikahan sederhana tapi elegan bersama pasangan.

Pastikan desain yang kamu buat spesifik, ya. Mulai dari bentuk, rasa, hingga hiasannya. Tentukan juga tema kue agar desainnya sesuai dengan konsep pernikahan yang kamu tentukan. Pastinya kamu tidak ingin, kan, tema pernikahan dan desain kue pernikahannya bertabrakan? Selain itu, hal ini bertujuan agar kamu bisa mendapatkan toko kue dan kue pernikahan yang sesuai dengan keinginan.

3. Cari toko kue

Ketika mempersiapkan pernikahan, salah satu hal yang harus kamu hindari adalah mempersiapkannya dalam jangka waktu yang mepet dengan hari pernikahan. Hal ini karena kamu belum tentu menemukan toko kue pernikahan yang sesuai keinginan dengan cepat.

Tentunya kamu butuh mengunjungi beberapa toko kue untuk mendiskusikan mengenai desain dan harga kue yang sesuai. Pastikan juga kamu mencicipi rasa kue agar tidak menyesal nantinya.

4. Cocokkan ukuran kue dengan lokasi

Setelah menemukan toko kue yang tepat, kamu dan pembuat kue bisa mulai mendiskusikan mengenai detail kue, salah satunya adalah tentang ukuran kue. Jika acara pernikahan kamu termasuk besar, maka kuenya juga perlu memiliki ukuran yang bisa menyesuaikan kemeriahan acara. Jangan sampai kamu mengadakan pernikahan di gedung besar dan mewah namun kue pernikahannya hanya 2 tingkat kecil saja.

Begitu pula sebaliknya, jika kamu melangsungkan pernikahan sederhana, pilih juga desain kue pernikahan sederhana tapi elegan dan sedap dipandang mata. Pastikan kamu mendiskusikan ini dengan vendor yang mengelola dekorasi pernikahan dan tukang kue agar hasilnya memuaskan.

5. Buat kue pernikahan sendiri

Mau potong anggaran untuk biaya kue pernikahan? Kamu dan pasangan bisa membuat kue pernikahan sendiri dan menghiasnya sesuai dengan desain yang kalian inginkan. Selain itu, dengan membuat kue pernikahan sederhana tapi elegan sendiri, kamu bisa memilih bahan-bahan dan rasanya sendiri agar sesuai dengan yang kamu harapkan. Jika kesulitan, kamu bisa meminta bantuan kepada keluarga atau teman.

Rekomendasi Kue Pernikahan Sederhana Tapi Elegan

Setelah mengikuti beberapa tips memilih kue pernikahan di atas, sekarang kami akan membagikan beberapa referensi desain kue pernikahan sederhana tapi elegan yang bisa kamu gunakan di pernikahanmu sendiri.

1. Kue pernikahan putih

Kue pernikahan putih
Foto: Penelope’s Perfections

Desain kue pernikahan sederhana tapi elegan yang pertama adalah kue putih yang simpel dan mewah ini. Kamu bisa menambahkan berbagai macam hiasan untuk mempercantik tampilan kue. Mulai dari tulisan nama kamu dan pasangan, bunga asli maupun dari fondant, dan hiasan lainnya baik yang bisa dimakan maupun tidak.

Kelebihan dari desain kue putih ini adalah cocok untuk digunakan dalam berbagai konsep pernikahan. Desainnya yang minimalis membuat kue ini bisa beradaptasi dengan berbagai jenis tema pernikahan.

Kue pernikahan rustic

kue pernikahan modern rustic
Foto: Avinci Planner

Jika kamu melangsungkan pernikahan di luar ruangan, maka desain kue pernikahan sederhana tapi elegan dengan tema rustic ini menjadi pilihan yang tepat. Tampilan kue pernikahan rustic ini tampak mewah dan memanjakan mata meskipun kamu hanya menggunakan sedikit hiasan. Untuk hiasan kuenya sendiri bisa kamu sesuaikan dengan tema pernikahan.

Kue pernikahan gradasi

Desain kue pernikahan modern ombre
Foto: Classy Cakes by Lori

Rekomendasi desain kue pernikahan sederhana tapi elegan selanjutnya adalah kue dengan warna ombre atau gradasi yang bisa kamu sesuaikan dengan tema pernikahan. Kamu bisa memilih kombinasi warna yang pas dengan dekorasi pernikahan. Dijamin acara pernikahan kamu akan terlihat semakin mewah dan meriah!

Kue pernikahan marble

Kue pernikahan modern simple
Foto: cakecentral.com

Kue pernikahan sederhana tapi elegan selanjutnya adalah desain marble dengan permainan warna dan tampilan yang mengkilap seperti cermin. Salah satu kelebihan dari desain kue pernikahan ini adalah kamu tidak perlu repot memikirkan hiasan atau dekorasi tambahan karena tampilan kue ini sudah mampu menarik perhatian tamu undangan!

Kue pernikahan satu susun

Kue pengantin satu tingkat
Foto via ruffledblog.com

Desain kue pernikahan tidak harus bertingkat tinggi. Kamu bisa membuat kue pernikahan yang cantik dan menawan meskipun hanya satu tingkat saja. Justru kue satu tingkat ini semakin membebaskan kamu untuk berkreasi dan menambahkan berbagai hiasan yang cocok dengan dekorasi pernikahan.

Itu dia 5 tips dan rekomendasi model kue pernikahan sederhana tapi elegan. Mana desain kue yang paling menarik perhatianmu? Yuk baca juga artikel lainnya seputar persiapan pernikahan yang bisa kamu baca di V&Co Jewellery biar kamu nggak ketinggalan informasi menarik seperti ini!