Perawatan calon pengantin

Persiapan Sebelum Menikah: Tips dan Trik Cara Merawat Diri untuk Calon Pengantin Wanita

Bagi semua pasangan, menikah merupakan perjalanan panjang dan rumit di mana mereka akan belajar bersama seumur hidup. Belajar tentang bagaimana mempertahankan keharmonisan sebagai sepasang suami dan istri.

Oleh karena itu, persiapannya membutuhkan waktu lama dan rumit, sama dengan tugas yang menanti mereka setelah masuk ke pintu pernikahan. Bagi seorang wanita, menikah akan mengubah hidupnya 360 derajat. 

Semua hal di dalam dirinya juga ikut berubah, mulai batin hingga fisik. Perubahan ini membuatnya harus mempersiapkan diri secara ekstra. Selain persiapan di hari pernikahan dan setelahnya, seorang wanita wajib menjalani perawatan diri sebelum menikah.

Ada banyak sekali perawatan yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum resmi menjadi istri. Dengan melakukan perawatan, kamu akan tampil cantik dan memukau di hari pernikahan. Jika kamu tidak mau kecantikanmu luntur setelah hari pernikahan, perawatan-perawatan ini bisa terus dilakukan secara konsisten. Ini dia perawatan diri wanita untuk persiapan sebelum menikah.

Perawatan tubuh 

perawatan sebelum menikah
Foto: Pexels/ Elina Fairytale

Perawatan untuk persiapan pernikahan pada wanita dimulai dari seluruh tubuh. Berikut empat jenis perawatan tubuh yang harus kamu lakukan:

  • Waxing tubuh

Untuk menghilangkan bulu-bulu di kulit, kamu bisa melakukan waxing tubuh. Sebelum menikah, lakukan waxing di beberapa bagian tubuh seperti tangan, ketiak, dan organ kewanitaan. Melakukan waxing akan membuat tubuh kamu jauh lebih bersih dan halus.

  • Spa seluruh tubuh

Setelah bersih dan halus, kamu bisa terus membuat kulit tubuhnya sehat dengan melakukan spa. Perawatannya dilakukan dengan pemijatan seluruh tubuh dan eksfoliasi kulit kamu, spa juga bisa menjadi cara untuk relaksasi agar tidak stres menjelang pernikahan.

Kamu akan mendapatkan relaksasi lewat wewangian menenangkan dari bahan alami dan organik yang tentunya aman untuk tubuh. Kamu bisa saja melakukan spa di rumah atau mempercayakannya pada salon.

  • Perawatan organ intim

Selain waxing untuk membersihkan bulu di area organ intim, kamu bisa melakukan perawatan ratus. Ini merupakan teknik perawatan dengan penguapan dan bahan-bahan alami, seperti kunyit, jahe, sirih, daun pandan, dan lainnya.  Melakukan ratus akan menjaga kelembaban organ intim dan menghilangkan aroma tidak sedap di area tersebut. 

  • Manicure dan pedicure

Sekarang giliran mempercantik tangan dan kaki, terutama di area kuku. Manicure dan pedicure sangat baik untuk kesehatan, karena bisa membersihkan kutikula, merapikan kuku, merawat kulit kering, mengangkat sel kulit mati, dan mengatasi berbagai keluhan di area tersebut.

Kamu mau melakukannya di rumah? Kamu bisa melakukan manicure dan pedicure dengan cara ini: 

Perawatan tersebut dilakukan dengan air hangat dan shave cream untuk menghilangkan bulu. Kemudian, mengoleskan moisturizer untuk melembabkannya. Berikan scrub untuk menghempaskan kulit kering di bagian telapak dan jari kaki. Terakhir, oleskan pelembab kembali sebelum menggunakan kaus kaki saat tidur untuk menutupinya.

Perawatan wajah

Perawatan wajah sebelum menikah
Foto: Pexels/Cottonbro Studio

Ini dia salah satu perawatan paling penting bagi wanita yang sedang mempersiapkan pernikahan. Berikut tiga jenis perawatan wajah yang harus kamu lakukan:

  • Perawatan mata

Selama melakukan persiapan menikah, calon pengantin wanita biasanya merasakan kesulitan hingga membuatnya sulit tidur. Hal tersebut akan membuat lingkaran hitam di bawah mata semakin terlihat.

Karena itu, kamu sangat memerlukan perawatan mata untuk menyamarkan lingkatan hitam tersebut di hari pernikahan. Kamu bisa melakukannya dengan mengaplikasikan krim mata setiap malam dan kompres air dingin 1-2 kali setiap minggunya.

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat serta istirahat cukup untuk memaksimalkan perawatan. Hindari makanan asin agar mata tidak membengkak dan gunakan pembersih berbentuk air dan gosok perlahan untuk membersihkan riasan di area tersebut.

  • Facial

Facial akan membantumu mengatasi segala permasalahan kulit wajah. Lakukan facial sebulan sampai H-7 sebelum pernikahan digelar agar mendapatkan hasil maksimal. Kamu bisa melakukan facial di klinik kecantikan agar ditangani langsung oleh ahlinya.

Terdapat lima jenis facial yang umum ditawarkan oleh klinik kecantikan, diantaranya:

  • Brightening facial

Perawatan ini bisa memudarkan noda-noda hitam, bekar jerawat, dan mengatasi tekstur kulit tidak merasa. Setelah mendapatkan perawatan, kulit wajah akan jauh lebih cerah dan fresh.

  • Anti-aging facial

Anti-aging facial akan membantu kamu yang sudah mengalami tanda-tanda penuaan diri. Dengan melakukan perawatan anti-aging facial, garis-garis halus dan kerutan di wajah bisa tersamarkan. Tidak hanya itu, anti-aging facial akan membuat kulit wajah kamu lebih kencang dan sehat.

  • Acne treatment facial

Pejuang jerawat mana suaranya? Ini solusi buat kamu. Lakukan acne treatment facial untuk menghilangkan komedo – cikal bakal jerawat yang menyumbat pori-pori wajah, menenangkan kulit, dan mengurangi kemerahan.

  • Detox facial

Punya masalah kulit kusam? Kamu bisa mengatasinya dengan detox facial. Setiap kotoran yang menyumbat kulit wajah akan dibersihkan secara menyeluruh hingga menjadi lebih cerah.

  • Hydrating facial

Sini merapat semua yang punya kulit kering, kamu harus melakukan hydrating facial untuk melembabkannya. Jangan sampai perawatan ini dilewatkan atau kulit kamu tidak bisa menjadi kenyal dan halus. Hal ini menyebabkan makeup pernikahan kamu nggak menempel dengan sempurna.

Kamu tidak harus melakukan semua perawatan tersebut, sesuaikan setiap jenisnya dengan kebutuhan, ya!

  • Perawatan bibir

Mau bibir terlihat lebih plumpy dan sehat? Kamu bisa mengaplikasikan stik vitamin E atau lip scrub untuk mengangkat sel kulit dan membuat bibir jadi lebih sehat. Jangan lupa mengoleskan sunscreen untuk terhindar dari jahatnya sinar matahari.

  • Perawatan gigi

Bisa memberikan “senyum pepsodent” tanpa khawatir dengan gigi kuning dan tidak rata merupakan impian kita semua. Apalagi ketika di hari pernikahan nanti, kamu harus tersenyum lebar sepanjang hari.

Untuk menjaga kesehatan gigi, lakukan perawatan setidaknya enam bulan sekali agar kamu mendapatkan pemeriksaaan rutin. Hal ini dilakukan untuk membersihkan karang atau mungkin kamu bisa menambahkan veneer agar tampil lebih percaya diri nantinya.

Namun, semua perawatan akan sia-sia kalau kamu malas menyikat gigi. Plak akan membuat gigi menjadi kuning dan nafas berbau tidak sedap. Jika kamu sudah rutin melakukan perawatan hingga gigi tampak sehat, tidak perlu melakukan veneer untuk memutihkannya.

  • Perawatan leher dan tulang selangka

Satu lagi persiapan sebelum menikah yang penting untuk calon mempelai wanita. Khususnya buat kamu yang akan menggunakan gaun pernikahan dengan dada rendah, wajib melakukan perawatan leher dan tulang selangka. Ini dilakukan agar dada kamu yang terbuka terlihat lebih indah.

Lakukan perawatan dengan melakukan eksfoliasi menggunakan face scrub, memberi pelembab, dan manfaatkan sunscreen untuk melindungi leher dari sinar matahari.

Perawatan rambut

perawatan rambut
Foto: pexels/RDNE Stock Project

Kamu juga memerlukan perawatan rambut agar terlihat lebih indah dan kece badai di hari pernikahan nanti. Lakukan ketiga perawatan ini:

  • Potong rambut

Cabang-cabang di ujung rambut yang cukup meresahkan dapat hilang dengan memotongnya. Rambut akan terlihat lebih sehat dan juga rapi saat di pernikahan nanti.

  • Vitamin rambut

Setelah di potong, mulai rutin memberikan vitamin rambut setelah keramas untuk mencegah masalah kering, bercabang, dan patah. Memberikan vitamin akan membuatnya tetap sehat ketika terkena alat-alat yang digunakan untuk menata rambut di hari pernikahan.

  • Masker rambut

Jangan lupakan pemberikan masker rambut agar terlihat lebih berkilau, lembut, dan mudah diatur.

Menjaga kebugaran tubuh

olahraga sebelum menikah
Foto: Pexels/ Angela Roma

Bagian paling terpenting dari perawatan sebelum pernikahan adalah menjaga kebugaran tubuh. Perbanyak olahraga, kurangi minuman beralkohol, dan konsumsi makanan sehat akan membuat tubuh lebih bugar hingga siap menjalani pernikahan yang melelahkan nantinya.

Kamu perlu ingat, persiapan detail sebelum menikah memang penting tetapi merawat tubuh untuk menjalankannya merupakan prioritas utama. Jadi, lakukan semua perawatan tubuh di atas agar kamu bisa tampil dalam kondisi paripurna di hari pernikahan nanti.