List Persiapan Pernikahan yang Tidak Boleh Terlewatkan, Wujudkan Pesta Impian!

List persiapan pernikahan adalah daftar penting yang wajib di cross check secara berkala. Bagi semua orang, pernikahan adalah momen paling sakral dan bahagia di dalam hidupnya. Pentingnya pernikahan membuat setiap pasangan mempersiapkannya dengan sebaik mungkin agar acara berjalan dengan sempurna sesuai impian.

Untuk mewujudkannya, memerlukan banyak persiapan yang akan menyita waktu, tenaga, pikiran, dan emosi. Kamu dan pasangan akan mengalami perasaan campur aduk, mulai dari excited, bingung, gampang marah, khawatir, dan lainnya.

Drama demi drama persiapan nikah akan kamu hadapi. Selama persiapannya, kamu akan dihadapkan oleh berbagai macam masalah. Namun, jangan sampai ada satu detail pernikahan yang lewat dari pantauan. Karena, setiap detail pernikahan saling berhubungan.

Setiap detail sambung-menyambung menjadi satu pesta pernikahan sempurna. Biasanya, kamu dan pasangan akan mulai panik saat salah satu detailnya tidak sesuai harapan. Hal ini seringkali menyebabkan banyak pasangan melupakan beberapa detail pernikahannya.

Karena itu, kami memberikan checklist lengkap detail pernikahan buat kamu agar tidak ada satupun yang ketinggalan. So, ini dia daftar lengkap persiapan nikah buat kamu para bride-to-be!

  • Tanggal dan budget pernikahan

Save the date
Foto: Pexels.com/ Leelo Thefirst

Sebelum persiapan, tanggal dan budget pernikahan harus ditentukan terlebih dahulu. Persiapan pernikahan lainnya berkaitan erat dengan tanggal dan budget. Kamu dan pasangan akan merasa kesulitan untuk booking tempat pernikahan dan mengajak vendor-vendor profesional bekerja sama jika tidak memiliki tanggal pasti serta budget yang sudah disetujui bersama.

Apalagi budget, salah satu pembahasan sensitif selama persiapan nikah. Semua detail pernikahan ujung-ujungnya bermuara di budget yang telah kamu tetapkan bersama pasangan. 

Saat komunikasi soal ini, usahakan kamu mengutarakan semua keinginanmu, begitu pun juga pasangan. Saling terbuka tentang pandangan masing-masing mempermudah menyusun budget pernikahan.

Setelah tanggal dan budget sudah settled, kamu bisa memilih mempersiapkan pernikahan sendiri tanpa bantuan wedding planner atau sebaliknya. Keduanya memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing, so be smart!

  • Dokumen pernikahan

akad nikah
Fotografi: JimonJP Wedding Photography

Dokumen pernikahan juga cukup membuat banyak pasangan stres, loh. Mungkin kamu membayangkan persiapan dokumen merupakan hal paling mudah. Namun, jika kamu dan pasangan tidak mempersiapkannya lebih dulu, dokumen pernikahan bisa menjadi detail yang paling sulit diselesaikan.

Karena, kamu perlu bertemu banyak orang dan mendatangi tempat-tempat berbeda untuk mempersiapkan semua dokumennya. Perlu diingat, kamu dan pasangan harus sudah mendaftarkan pernikahan di KUA selambat-lambatnya 10 hari sebelum akad. 

Adapun dokumen pernikahan yang harus kamu siapkan terdiri dari:

  • Surat pengantar dari RT/RW,
  • Dari Kantor Kelurahan, dokumen N1, N2, N3, dan N4
  • Surat keterangan belum menikah dari kelurahan,
  • Fotokopi KTP dan KK,
  • Pas foto 2×3 dan 3×4,
  • Fotokopi ijazah terakhir,
  • Materai,
  • Izin menikah untuk anggota TNI/Polri.

Dokumen pernikahan tersebut bisa berubah sesuai dengan ketentuan terbarunya. Kamu dan pasangan perlu datang langsung untuk memastikannya. Kamu mungkin akan menemukan berbagai kendala ketika mempersiapkannya. Jadi, jangan ditunda-tunda!

  • Konsep pernikahan

Konsep pernikahan adat Betawi
Foto via Beblooms Wedding

Ada banyak sekali konsep pernikahan masa kini yang bisa kamu pilih. Kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana pernikahan impianmu. Setelah itu, barulah kamu bisa mengunjungi website pernikahan seperti WeddingMarket untuk melihat inspirasi konsep yang kamu inginkan.

Jangan malas-malas membuka website dan media sosial yang menyediakan informasi tentang pernikahan. Karena, brainstorming konsep pernikahan sangat kamu butuhkan agar kamu tidak sampai menyesal memilih konsep yang sudah kamu pilih sendiri.

  • Wedding venue

Venue pernikahan ballroom hotel
Foto: Canola Photo

Setelah tiga persiapan sebelumnya sudah kamu selesaikan, mulailah pada persiapan pertama detail pernikahan, yaitu wedding venue. Hati-hati, drama persiapan nikah biasanya dimulai dari penentuan tempat acara.

Tidak jarang, pasangan kesulitan menentukan tempat pernikahan sesuai budget dan menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan. Belum lagi ketika menemukan tempat yang sesuai tetapi ternyata sudah tidak tersedia di tanggal pernikahanmu.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, lagi-lagi kamu perlu melakukan research seputar tempat pernikahan yang sesuai dengan konsep. Jika kamu dibantu oleh wedding planner, tentu memilih tempat pernikahan akan jauh lebih mudah. Mereka akan membantu kamu dengan menawarkan vendor-vendor terbaiknya.

Namun, akan lebih mudah lagi kalau kamu dan pasangan ternyata memilih mengadakan pernikahan di rumah sendiri. Kamu sudah selesai dengan drama tempat pernikahan dan bisa beralih ke persiapan lainnya.

  • Dekorasi

persiapan dekorasi pernikahan
Foto: Rumah Kampung Elite Decor

Setelah memilih tempat, kamu sudah bisa menyusun bagaimana dekorasi pernikahan yang diinginkan. Kamu mungkin memerlukan wedding moods board untuk mempermudahnya. Dengan adanya wedding moods board, konsep dekorasi yang kamu inginkan akan terlihat semakin nyata.

  • Wedding checklist timeline

wedding checklist timeline
Foto: Pexels.com/ Natasha Fernandez

Untuk mempermudah, kamu bisa lakukan hal kecil tetapi sangat membantu ini. Buat wedding checklist timeline untuk waktu yang sudah kamu tentukan, bisa 12 atau 6 bulan sebelum pernikahan.

Dengan adanya list persiapan nikah ini, lebih mudah mengontrol persiapan pernikahan berdasarkan waktu-waktu tersebut. Jadi, jika terdapat satu saja detail pernikahan yang belum terselesaikan, kamu bisa langsung tahu dan segera menyelesaikannya.

Timeline List Persiapan nikah
Gambar: Megan Breukelman

Wedding checklist timeline ini akan berfungsi sebagai guideline dalam menyusun pernikahan bersama pasangan. Walaupun sepele, checklist ini akan benar-benar membantu kamu. Sebagai referensi, kamu bisa menggunakan daftar ini.

  • Catering 

catering pernikahan
Foto: Akasya Catering

Tahu nggak, kalau pos budget paling besar akan keluar untuk mempersiapkan catering pernikahan? Catering ini akan sangat memengaruhi jumlah tamu undangan yang akan ikut mendoakan kamu secara langsung.

Catering adalah salah satu hal krusial, karena akan mempengaruhi kenyamanan semua tamu undangan. Makanan dan minuman yang tersaji di pernikahan memiliki kenangan tersendiri bagi setiap tamu.

Agar catering kamu tersaji dengan baik, lakukan test food jauh-jauh hari sebelum pernikahan. Pastikan kamu dan pasangan sangat menyukai makanan serta minuman yang akan disajikan di hari pernikahan. 

Jangan pernah ragu untuk konseling dengan vendor yang kamu pilih untuk mendapatkan solusi terbaiknya.

  • Busana dan riasan

Pakaian pengantin adat Sunda Modern
Foto: Venema Pictures

Sebagai raja dan ratu sehari, pasti menginginkan tampilan yang dapat membius siapapun. Untuk itu, kamu memerlukan riasan memukau dan busana magical from head to toe. Tidak mudah mendapatkan tampilan yang sesuai dengan impian. Kamu membutuhkan MUA untuk mewujudkannya. 

Jangan sampai menyesal karena terlambat menyewa MUA andalan kamu. Karena, biasanya setiap MUA membatasi klien yang akan ditanganinya. Mulailah menghubungi MUA yang kamu inginkan 3-4 bulan sebelum hari pernikahan.

list persiapan nikah: test make up
Foto: Lalanindita Makeup

Kamu memerlukan waktu tersebut untuk test makeup, konsultasi dengan desainer, mengukur badan, dan fitting baju. Semuanya memerlukan waktu dan kamu tidak bisa terburu-buru agar hasilnya maksimal.

Selain kamu dan pasangan, penampilan keluarga besar juga turut diperhatikan. Persiapannya harus dilakukan lebih awal agar semua selesai tepat waktu. Kamu pasti tahu bagaimana pusingnya mengurus busana dan makeup untuk keluarga besar, kan?

  • Wedding photography dan entertainment

List persiapan nikah yang tak boleh terlewat
Foto: Lasting Moment Entertainment

Apalah pernikahan tanpa jepretan momen yang akan membuatnya terkenang hingga kapanpun. Setiap pasangan pasti ingin setiap momen-momen indahnya tersimpan selamanya dalam sebuah foto kenangan.

Mulai dari persiapan, prewedding, hingga dokumentasi acara pernikahan. Semuanya akan menjadi kenangan manis yang terkumpul di dalam satu album foto. Seringkali pasangan salah memilih fotografer sehingga tidak mendapatkan hasil yang baik.

Kamu tidak ingin hal tersebut terjadi di pernikahanmu, kan? Jadi, jangan buru-buru memilih dan pastikan kamu mengenal betul fotografer yang akan kamu andalkan beserta karyanya. Dengan begitu, hari spesial kamu dapat diabadikan dengan baik. Untuk itu, jangan lupakan list persiapan pernikahan yang satu ini.

Kenangan pernikahan juga disempurnakan oleh acara hiburan yang kamu suguhkan untuk semua tamu undangan. Kamu bisa menggunakan band performance atau alunan suara merdu penyanyi kesukaanmu untuk turut mengisi acara pernikahan. Dengan begitu, setiap momen indah tersebut hanya akan meninggalkan kenangan manis yang dapat dikenang sampai kamu tua nanti.

  • Undangan dan souvenir

Daftar persiapan pernikahan; Undangan
Foto: Pemberley Paperie

Undangan menjadi daya tarik utama yang akan mengajak tamu untuk menghadiri pesta pernikahan. Sekarang ini, sudah ada dua bentuk undangan yang “wajib” ada, fisik dan online. 

Kamu memerlukan undangan fisik untuk mengundang keluarga besar atau orang-orang penting. Sementara, undangan online dibutuhkan untuk mengajak mereka yang berada jauh turut mendoakan pernikahan walaupun tidak bisa hadir secara langsung.

Adanya dua bentuk undangan ini akan mempermudah kamu menyiarkan kabar bahagia tersebut. Jadi, akan ada banyak orang yang turut bahagia dan mendoakan pernikahan. Disamping itu, untuk mengucapkan terima kasih bagi setiap orang yang hadir secara langsung, kamu bisa memberikan souvenir pernikahan sebagai kenang-kenangan. Tidak harus mahal, asal unik dan bermanfaat. 

Oh iya, kalau kamu berinisiatif untuk berterima kasih kepada mereka yang tidak hadir tetapi ikut mendoakan, bisa banget mengirimkan souvenir pernikahan, ya. Acapkali para pasangan melupakan orang-orang yang tidak hadir padahal ikut mendoakan. Pemberian kenang-kenangan tersebut menjadi jalan untuk tetap menjaga hubungan baik dengan mereka.

Dengan 10 list persiapan pernikahan tersebut, kamu pasti bisa mewujudkan pesta impianmu. Untuk menambah insight baru, kamu bisa kepoin artikel-artikel pernikahan lainnya yang ada di website V&Co Jewellery!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *