7 Inspirasi Desain Kotak Perhiasan Seserahan yang Mewah dan Elegan

Pernikahan terdiri dari rangkaian prosesi yang mengandung banyak makna, salah satunya adalah tradisi pertunangan dan lamaran. Prosesi ini biasanya juga beserta pemberian berbagai barang yang dikemas dalam  kotak seserahan berisi perhiasan dan barang-barang lainnya.  Biasanya berlangsung di hari yang sama dengan pertunangan lamaran tersebut atau sebelum pernikahan. 

Pemberian seserahan dari pihak pria ke pihak wanita tidak hanya sebagai bentuk hadiah semata. Namun, juga untuk menunjukkan rasa cinta dan tanggung jawab pria kepada wanita, begitu pula sebaliknya.

Seserahan sendiri bisa bermacam-macam bentuknya. Mulai dari peralatan sholat, makanan, uang tunai, peralatan rumah tangga, produk perawatan kulit, hingga perlengkapan rumah tangga. Penyerahan seserahan juga tidak sembarangan hanya menggunakan bungkusan plastik atau kain, tapi menggunkan berbagai hiasan dengan kotak atau tray sedemikian rupa agar terlihat lebih mewah dan elegan.

Untuk itu dalam artikel ini, kami akan membagikan tips dan rekomendasi desain kotak perhiasan seserahan untuk membungkus barang seserahan agar nampak cantik dan estetik. Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah!

Tips Memilih Kotak Perhiasan Seserahan

Seserahan pernikahan
Foto: Riefinka Seserahan

Seserahan bisa berisi apa saja, bahkan barang-barang simpel yang dipakai sehari-hari pun bisa kamu jadikan seserahan. Hal yang membuat seserahan menjadi spesial adalah dari niat dan tujuannya meskipun isinya bukan barang dengan harga yang fantastis. Selain itu, kamu bisa memilih berbagai desain kotak seserahan agar tampilannya semakin cantik.

Ada banyak desain kotak perhiasan yang ditawarkan di pasaran untuk menyempurnakan prosesi lamaran kamu. Biar nggak bingung memilih kotak perhiasan seserahan, kami akan membagikan beberapa tips untuk memilihnya agar desainnya sesuai dengan konsep pernikahan yang sudah kamu tetapkan.

1. Pemilihan bahan

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih kotak seserahan adalah bahannya. Selain untuk membawa seserahan dengan aman, kamu juga bisa menggunakan bahan kotak perhiasan seserahan yang kuat dan tahan lama agar dapat digunakan kembali.

Jadi kotak perhiasan seserahan ini tidak hanya digunakan sekali saja, namun masih bermanfaat setelah kamu dan pasangan resmi menikah. Pilih juga alas kotak seserahan perhiasan yang lembut dan tidak merusak perhiasan agar kilau dan kualitas perhiasan tetap terjaga dan bebas dari goresan.

2. Pemilihan warna

Saat prosesi lamaran, tentunya kamu dan pasangan sudah menetapkan warna pakaian yang akan digunakan oleh kedua keluarga. Agar tampilan seragam keluarga dan kotak perhiasan seserahan serasi, kamu bisa memilih warna yang serupa atau senada agar terlihat lebih indah.

Kamu bisa mendiskusikan pemilihan warna ini bersama pasangan agar sama-sama puas dengan hasilnya. Atau kamu juga bisa memilih warna netral dan lembut yang cocok dikombinasikan dengan berbagai kombinasi warna.

3. Pilih dekorasi yang sesuai

Untuk memperindah tampilan kotak perhiasan seserahan, kamu juga bisa menambahkan dekorasi dan aksesoris tambahan. Pastikan untuk tidak menggunakan terlalu banyak tambahan dekorasi agar perhiasan tetap nampak jelas dan menjadi fokus utama. Hiasan tambahannya sendiri bisa berupa pita, renda, atau manik-manik untuk tampilan yang semakin estetik.

7 Inspirasi Desain Kotak Perhiasan Seserahan

Setelah berbagi beberapa tips memilih kotak perhiasan sederhana, kami juga memiliki beberapa rekomendasi desain kotak seserahan yang bisa kamu pakai untuk prosesi lamaran agar semakin berkesan, loh. Yuk pilih desainnya sesuai selera kamu dan pasangan di bawah!

1. Terrarium box

Terrarium box mahar pernikahan
Foto via Seserahan Indonesia

Rekomendasi kotak perhiasan seserahan yang pertama adalah terrarium box. Dibuat dari kaca dengan bingkai besi menghasilkan tampilan yang manis dan minimalis. Kamu bisa memesan terrarium box dengan berbagai macam bentuk mulai dari kubus, piramid, heksagonal, hingga bentuk bangunan tertentu. Berikan sentuhan aksesoris tambahan seperti bunga artifisial, mutiara, atau pita untuk mempercantik tampilan kotak perhiasan seserahan ini.

2. Sangkar burung

kotak seserahan pernikahan
Foto: Rose Arbor Seserahan

Kamu juga bisa menggunakan kotak perhiasan seserahan dengan bentuk sangkar burung yang terinspirasi dari kesetiaan burung merpati. Untuk ukurannya sendiri bisa kamu sesuaikan dengan jenis perhiasan yang diberikan. Kamu juga bebas mendekorasi sangkar burung sesuai dengan konsep lamaran agar semakin cantik dan serasi.

3. Kotak kayu

Kotak mahar pernikahan kayu
Ringbox: Masagi (gambarkayu)

Dengan desain yang simple dan minimalis, kotak kayu menjadi pilihan banyak orang sebagai kotak perhiasan seserahan. Bentuk dan ukurannya bisa kamu sesuaikan dengan ukuran dan jumlah perhiasan. Kamu juga bisa mendekorasinya sekreatif mungkin untuk menghasilkan tampilan kotak perhiasan yang mewah dan elegan. Selain itu, kotak kayu juga terkenal kuat dan bisa digunakan kembali untuk menyimpan perhiasan lainnya.

4. Baki dan mika

Kotak seserahan perhiasan
Foto via Seserahan Indonesia

Rekomendasi kotak seserahan selanjutnya adalah baki yang ditutup dengan mika untuk melindungi isi di dalamnya. Kotak ini menjadi salah satu desain yang paling banyak digunakan karena mudah untuk ditemukan dan bisa dipesan secara kustom menyesuaikan kebutuhan kamu. 

Baki berwarna merah sendiri memiliki makna tersendiri di tradisi pernikahan Tionghoa. Etnis Tionghoa juga memiliki tradisi memberikan seserahan yang disebut dengan Sangjit dengan membawa seserahan yang diletakkan pada baki merah yang bermakna kebahagiaan dan kegembiraan. Jumlahnya sendiri harus genap, dan bisa kamu isi dengan berbagai macam seserahan mulai dari makanan, perhiasan, perlengkapan rumah tangga, dan lainnya.

5. Anyaman bambu

Hiasan seserahan perhiasan
Foto via Riefinka Seserahan

Berikan kesan unik dan menarik dengan membungkus seserahan dengan anyaman bambu ini. Kamu bahkan tidak perlu memberikan banyak dekorasi karena tampilannya yang sudah menarik perhatian. Tapi kamu masih bisa menambahkan hiasan berupa pita atau hiasan lainnya untuk memperindah kotak perhiasan seserahan dari anyaman bambu agar terlihat lebih mewah.

Kotak anyaman bambu tersedia berbagai pilihan ukuran dan warna yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan keinginan. Perlu diingat bahwa kotak anyaman bambu ini mudah berubah bentuk saat terhimpit atau tertindih barang yang lebih berat, jadi pastikan agar kamu membawanya dengan hati-hati agar bentuknya tetap terjaga dan tidak penyok saat diberikan ke keluarga calon pengantin wanita.

6. Peti 

Kotak hantaran pernikahan peti
Foto: id.carousell.com

Memberikan seserahan tidak harus selalu menunjukkan barangnya secara terang-terangan, kok. Kamu juga bisa menggunakan kotak seserahan berupa peti dengan desain yang bisa kamu pilih menyesuaikan konsep lamaran. Karakter peti yang simpel dan elegan serta kuat, bisa membawa berbagai barang seserahan dengan aman. Selain itu, peti juga bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang lainnya setelah prosesi lamaran dan pernikahan selesai.

7. Kotak akrilik

kotak cincin kawin akrilik
Foto: Stellar Coronae

Rekomendasi jenis kotak seserahan yang selanjutnya adalah berbahan akrilik. Desain ini juga menjadi salah satu bentuk kotak seserahan yang paling banyak peminatnya karena bisa menampilkan isi seserahan dengan baik dan elegan. Seserahan perhiasan atau mas kawin kamu akan tampak dengan jelas menggunakan kotak ini.

Ada banyak pilihan ukuran, warna, dan dekorasi yang bisa kamu pilih untuk menyesuaikan dengan konsep lamaran yang sudah kamu tentukan. Kelebihan dari kotak akrilik ini adalah beratnya yang lebih ringan daripada kaca, jadi memudahkan kamu dan keluarga untuk membawanya. Kotak akrilik juga tahan tahan benturan dan tahan cuaca. Selain itu, kotak ini juga bisa membuat tampilan seserahan jadi terlihat lebih indah dan mewah!

Itu dia tips dan rekomendasi desain kotak perhiasan yang bisa kamu diskusikan bersama pasangan. Desain mana yang paling menarik perhatianmu? Kepoin juga artikel kami lainnya seputar tips mempersiapkan pernikahan agar prosesinya berjalan dengan lancar dan sesuai keinginan yang bisa kamu baca hanya di V&Co Jewellery sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *