11 Referensi Barang Untuk Seserahan Pernikahan Sederhana Pangkas Biaya!

Ada banyak persiapan pernikahan mulai dari mental, fisik, hingga finansial. Bukanlah suatu rahasia jika menikah membutuhkan banyak biaya. Oleh karena itu, tidak sedikit pasangan yang memutuskan untuk melangsungkan pernikahan sederhana agar bisa memangkas biaya pernikahan.

Meskipun demikian, ada beberapa hal yang tidak bisa kamu hindari dalam memangkas biaya pernikahan. Salah satunya adalah memberikan seserahan. Tapi tenang saja, kami akan membagikan list barang yang harus ada dalam seserahan pernikahan sederhana dengan harga terjangkau, namun tetap berkesan dan berguna untuk pasangan. Penasaran? Yuk, kepoin daftar seserahan selengkapnya di bawah!

Pengertian Seserahan

arti seserahan
Foto via Instagram/Seserahan Indonesia

Sebelum kami membagikan daftar seserahan pernikahan sederhana, kami akan menjelaskan sedikit dulu tentang pengertian dari seserahan itu sendiri. Singkatnya, seserahan adalah sebuah tradisi pra nikah di mana calon pengantin pria memberikan beberapa barang kepada calon pengantin wanita sebagai salah satu bentuk untuk menghormati calon istri dan keluarganya.

Pada zaman dahulu, seserahan ini digunakan untuk menunjukkan status sosial dan kemampuan finansial calon pengantin pria. Semakin banyak dan mahal seserahan yang diberikan, maka semakin tinggi pula derajat keluarga yang ingin ditunjukkan.

Untungnya, di masa sekarang kamu dan pasangan bisa berdiskusi mengenai besaran dan isi seserahan apa saja untuk lamaran kalian nanti. Dengan begitu kamu sebagai calon mempelai pria tidak kebingungan untuk memilih seserahan. Selain itu, juga bisa menentukan seserahan berdasarkan anggaran biaya yang telah ditentukan. Jadi, kamu sebagai calon pengantin wanita tetap akan menerima seserahan yang kamu butuhkan tanpa membebani calon pengantin pria.

Untuk kamu yang ingin melangsungkan pernikahan sederhana, boleh banget ikuti beberapa ide seserahan pernikahan sederhana di bawah ini sebagai pemberian untuk pasangan yang berkesan.

Contoh Daftar Seserahan Pernikahan Sederhana

Seserahan memiliki banyak pilihan dan bentuk tanpa dibatasi harga. Kamu bisa memilih barang sekreatif dan seunik mungkin untuk membuat tampilan seserahan lebih menarik.

Dewasa ini, banyak yang menyediakan jasa hias seserahan atau menjual seserahan yang sudah dibentuk sedemikian rupa agar terlihat lebih cantik dan elegan. Jadi kamu tidak perlu memikirkan cara membungkus seserahan lagi, deh.

Berikut ini adalah beberapa barang yang bisa kamu pilih sebagai seserahan pernikahan sederhana untuk pasangan:

1. Alat ibadah

seserahan seperangkat alat sholat
Foto via Instagram/Seserahan Indonesia

Alat ibadah adalah salah satu barang yang wajib masuk ke daftar seserahan pernikahan sederhana. Seperti yang kita ketahui bahwa menikah adalah salah satu cara untuk menunaikan ibadah, di mana perlengkapan ibadah menjadi alat dan sarana untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan. Dengan begitu, harapannya kamu dan pasangan dapat menjalankan ibadah bersama dan mewujudkan keluarga yang tentram dan bahagia.

Pastikan kamu memilih perlengkapan ibadah dengan bahan yang berkualitas agar terasa nyaman saat dipakai dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Untuk muslim sendiri, kamu bisa memberikan mukena, Al-Quran, tasbih, sajadah, hingga cincin dzikir digital. Sedangkan untuk kamu yang beragama Kristen atau Katolik bisa memberikan Al Kitab atau perlengkapan ibadah lainnya.

2. Makanan

kue seserahan pernikahan
Foto via Instagram/Seserahan Indonesia

Seserahan pernikahan sederhana selanjutnya adalah makanan. Ada banyak jenis makanan yang bisa kamu berikan pada pasangan. Misalnya saja masyarakat Betawi yang memberikan seserahan berupa roti buaya untuk menyimbolkan kesetiaan, kamu juga bisa menggunakan makanan lainnya.

Sebagai contoh, kamu bisa memberikan kue hantaran seserahan berisi berbagai macam jenis jajanan pasar. Terlihat sederhana namun jika ditata dengan indah, tentunya akan menarik perhatian. Jajanan pasar juga harganya terjangkau, rasanya yang nikmat, dan tentunya mudah ditemukan di mana saja.

3. Perhiasan

seserahan Set perhiasan
Foto via Instagram/Seserahan Indonesia

Perhiasan juga menjadi salah satu barang yang sering diberikan dalam seserahan pernikahan sederhana. Kamu bisa memberikan satu set perhiasan yang berisi anting, kalung, gelang, dan cincin. Tapi kamu juga bisa memilih salah satu jenis perhiasan saja sesuai keinginan calon mempelai wanita dan sesuai kemampuanmu.

Apakah set perhiasan ini harus berupa emas? Tidak, kok. Ada banyak jenis perhiasan lainnya yang bisa kamu pilih sebagai seserahan mulai dari perak, palladium, platina, dan logam berharga lainnya. Kamu bisa mendapatkan set perhiasan selain emas dengan harga yang lebih terjangkau namun tetap memiliki keindahan yang tahan lama. Berbagai pilihan perhiasan untuk seserahan pernikahan sederhana di V&Co Jewellery tentunya jadi opsi terbaik! 

4. Uang tunai

Seserahan uang
Foto: Seserahan Indonesia

Pernah liat buket atau pigura berisi hiasan uang tunai? Unik dan cantik sekali bukan? Kamu bisa memesan seserahan pernikahan sederhana ini di marketplace dan meminta nominal sesuai kemampuan. Meskipun kamu hanya memiliki sedikit uang, namun jika penjual dapat menghiasnya dengan indah, maka seserahan ini akan tetap terlihat mewah dan menawan, kok. Jadi pastikan kamu memilih penjual dan desain yang tepat, ya.

5. Daun sirih

Daun sirih menjadi salah satu seserahan sederhana yang tidak asing bagi masyarakat melayu. Jangan salah, meskipun hanya berupa rangkaian daun yang ditata sedemikian rupa, namun daun sirih ini juga memiliki pengharapan untuk kedua calon pengantin, loh. Daun sirih bermakna agar calon pengantin diberikan kesejahteraan dan kebahagiaan dalam rumah tangganya. Cocok banget nih untuk kamu jadikan sebagai seserahan sederhana.

6. Pakaian atau kain

contoh seserahan pernikahan sederhana
Foto via Instagram/Seserahan Indonesia

Pemberian seserahan bukan hanya untuk menunjukkan kemewahannya saja, namun juga fungsinya. Sebaik-baiknya seserahan adalah sesuatu yang dapat digunakan dan bermanfaat untuk calon pengantin wanita maupun kedua calon pengantin.

Pakaian atau kain juga bisa kamu berikan sebagai seserahan pernikahan sederhana, loh. Ada banyak video tutorial di YouTube yang bisa kamu ikuti untuk membentuk seserahan sedemikian rupa agar terlihat cantik dan menarik.

7. Peralatan mandi

isi kotak seserahan
Foto via Instagram/Seserahan Indonesia

Semua orang butuh mandi, bukan? Memberikan peralatan mandi sebagai seserahan pernikahan sederhana bisa menjadi alternatif untuk berhemat sekaligus barang yang bermanfaat. Peralatan mandi ini bisa berupa handuk, bath robe, loofah, sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, sampo, dan perlengkapan mandi lainnya. Pastikan tanyakan ke pasangan produk apa saja yang sering mereka gunakan agar kamu bisa memberikan seserahan yang tepat.

8. Produk perawatan kulit

Skincare dan bodycare menjadi hal yang tidak bisa ditinggalkan oleh setiap wanita. Selain untuk digunakan sehari-hari, produk perawatan kulit ini juga berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Tanyakan produk perawatan kulit kepada pasangan sebelum kamu memberikan satu set skincare. Dijamin pasangan akan merasa senang ketika mendapatkan hantaran ini!

9. Tas dan alas kaki

contoh seserahan sederhana
Foto via Instagram/Seserahan Indonesia

Barang selanjutnya yang dapat menjadi seserahan pernikahan sederhana dan dapat dipakai sehari-hari adalah tas atau alas kaki. Tanyakan model tas dan sepatu yang diinginkan oleh pasangan dan pastikan kamu membelikan ukuran yang tepat agar nyaman untuk digunakan pasangan, ya. Pemberian tas dan sepatu ini tentunya dapat melengkapi penampilan pasangan agar bisa tampil cantik dan semakin percaya diri!

10. Perlengkapan hobi

Tunjukkan dukunganmu terhadap pasangan dengan memberikan seserahan pernikahan sederhana berupa perlengkapan hobi. Pasangan suka melukis? Belikan set cat minyak atau cat air untuk mendukung hobinya. Atau, pasangan suka naik gunung? Belikan tas atau sepatu gunung agar pasangan semakin nyaman dan aman saat menjalankan hobinya.

Seserahan ini selain membuat pasangan senang, juga bisa mengeratkan hubunganmu dengan pasangan.

11. Perlengkapan rumah tangga

Seserahan pernikahan sederhana tidak hanya sesuatu yang berguna untuk calon pengantin wanita, namun juga untuk kedua calon suami istri. Perlengkapan rumah tangga bisa kamu jadikan sebagai seserahan pernikahan sederhana sekaligus proses mencicil melengkapi kebutuhan rumah tangga untuk membagun keluarga yang harmonis dan nyaman nantinya. Karena sebagai pengantin baru, tentunya kamu membutuhkan banyak perlengkapan dan perabotan rumah tangga baru, dong? Nah seserahan ini bisa kamu jadikan alternatif untuk mengisi kebutuhan rumah tangga bersama pasangan.

Itu dia beberapa daftar barang yang bisa kamu jadikan referensi untuk seserahan pernikahan sederhana. Butuh tips lainnya seputar mempersiapkan pernikahan? Baca artikel lainnya di V&Co Jewellery sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *