cincin emas kuning untuk mahar pernikahan

Bahas Tuntas Tentang Cincin Emas Kuning Untuk Mahar

Mas kawin atau mahar menjadi barang yang harus kamu siapkan karena mahar inilah yang menjadi pengikat dan simbol kesanggupan pihak pria untuk memikul tanggung jawab sebagai kepala keluarga nantinya. 

Mahar bisa berupa berbagai macam bentuk barang dan nilai, tapi salah satu yang paling sering digunakan adalah cincin pernikahan. Meskipun dalam budaya lain ada yang menganggap bahwa mahar dan cincin kawin adalah dua hal yang berbeda.

Cincin emas kuning menjadi salah satu pilihan populer para calon pengantin untuk dijadikan sebagai mahar. Tapi, apakah kamu tahu kelebihan, kekurangan, dan bagaimana cara memilih cincin emas yang tepat? Atau kamu cukup ke toko perhiasan dan melihat-lihat lalu langsung membeli desain cincin kawin yang cocok?

Boleh saja, sih. Namun, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal ini sebelum memutuskan untuk membeli cincin emas kuning agar kamu bisa mendapatkan cincin pernikahan yang mewah, elegan, harga yang pas, dan tahan lama. Simak ulasan selengkapnya di bawah, ya!

Tips Memilih Cincin Emas Kuning

cincin kawin emas asli
Lonna Wedding Ring – V&Co Jewellery

Memilih perhiasan tidak boleh sembarangan, meskipun hanya akan kamu gunakan sebagai pelengkap penampilan sehari-hari. Tentunya kamu ingin mendapatkan perhiasan yang terlihat cantik dan mewah saat kamu kenakan, bukan? Kamu juga pasti mencari perhiasan yang memiliki daya tahan tinggi dengan harga yang terjangkau. 

Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih cincin emas kuning yang bisa kamu jadikan pedoman saat akan membeli perhiasan baik di toko online maupun offline. Ini dia beberapa hal perlu kamu ketahui untuk mendapatkan cincin emas terbaik:

1. Kadar emas

Apakah kamu berniat mencari cincin emas kuning dengan kandungan emas murni untuk mendapatkan cincin pernikahan terbaik? Sayangnya, emas memiliki karakteristik yang lunak dan sangat mudah berubah bentuk ketika terkena tekanan maupun tergores. Untuk itu kamu tidak akan bisa menemukan cincin yang terbuat dari emas murni. Begitu pula dengan perhiasan dari logam mulia lainnya. Pencampuran emas murni dengan logam lain membuat bentuk perhiasan menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Ada banyak cincin dengan pilihan kadar karat yang tersedia di pasaran. Mulai dari 9, 14, 18, hingga 22 karat. Kadar karat ini yang menentukan seberapa banyak kandungan emas murni di dalamnya.

Misalnya cincin emas 18 karat, ini mengandung 75% emas murni dan 25% logam lainnya. Kok, bisa tahu perhitungan kadar emasnya? Begini, kadar emas murni adalah 24 karat. Jadi jika cincin emas memiliki kadar 18 karat, maka rumusnya adalah: 18/24 x 100% = 75%.

Emas kuning 18 karat menjadi pilihan banyak orang Indonesia sebagai cincin pernikahan karena kualitasnya yang tinggi dan kilaunya yang indah. Untuk logam campurannya sendiri bisa bermacam-macam. Tapi yang paling umum digunakan adalah perak, tembaga, timah, seng, atau nikel.

2. Kepadatan cincin 

Meskipun emas sudah dicampur dengan logam lainnya, namun jika kamu memilih cincin dengan rangka yang berongga, itu sama saja bohong. Hal ini karena cincin emas dengan rangka yang tidak padat memiliki resiko kerusakan yang lebih tinggi.

Untuk itu, kami sarankan agar kamu dan pasangan memilih cincin emas dengan rangka padat agar lebih tahan lama. Apalagi jika cincin memang memiliki tujuan untuk dipakai sehari-hari yang pasti akan mengalami kontak dengan berbagai permukaan barang. Dengan memilih cincin emas berongga padat, cincin tidak akan mudah tergores dan berubah bentuk, sehingga tetap terjaga keindahannya.

3. Harga cincin emas kuning

Seperti yang kita ketahui bahwa biaya pernikahan tidaklah sedikit. Untuk itu kamu harus bijak dalam mengalokasikan anggaran pernikahan agar tidak melebihi kemampuan.

Harga cincin emas sendiri dipengaruhi dari berbagai faktor. Seperti semakin tinggi kandungan emas dan beratnya, maka semakin tinggi pula harganya. Desain cincin juga berperan dalam menentukan harga. Semakin rumit modelnya, semakin mahal juga harganya. Kemudian hiasan batu permata juga akan menentukan harga cincin emas. Jadi pastikan kamu dan pasangan memperhatikan beberapa hal tadi sebelum membeli cincin, ya.

4. Ukuran cincin

Setiap orang memiliki ukuran jari yang berbeda. Hal ini juga yang membuat kamu perlu mengetahui ukuran jari sendiri dan pasangan sebelum membeli cincin emas kuning. Kamu bisa mengukur lingkar jari di toko perhiasan secara langsung. Namun jika kamu ingin membeli cincin secara online dan tidak sempat ke toko perhiasan terdekat, kamu juga bisa kok mengetahui ukuran cincin dengan mengukurnya sendiri di rumah.

5. Kombinasi warna 

Cincin emas kuning juga bisa dikombinasikan dengan warna lainnya, loh. Warna emas sendiri ada beragam yang bisa kamu pilih sesuai warna kulit atau selera. Ada pula orang yang menggunakan cincin tunangan dan cincin pernikahan dengan cara ditumpuk. Jika kamu termasuk orang ini dan memilih cincin tunangan dan cincin pernikahan dengan warna yang berbeda, pastikan kamu memperhatikan pemilihan warnanya agar kedua cincin terlihat manis di jari saat digunakan secara bersamaan.

6. Cara merawat cincin emas kuning

Terakhir, kamu juga perlu mengetahui cara merawat cincin emas agar warnanya tidak cepat pudar dan bebas dari goresan. Kamu bisa melepas cincin saat olahraga atau kegiatan lainnya yang memproduksi keringat dan membuat perhiasan terpapar debu dan kotoran.

Cara membersihkan cincin emas sendiri cukup mudah, yaitu cukup direndam dalam air hangat yang sudah dicampur dengan sabun cuci piring. Rendam kurang lebih selama 15 menit, lalu lanjutkan dengan disikat menggunakan sikat gigi yang lembut. Kamu bisa melakukan ini secara rutin sebanyak dua kali dalam seminggu.

Kelebihan Cincin Emas Kuning

Cincin couple
Batik Wedding Ring – V&Co Jewellery

Emas memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh logam mulia lainnya. Inilah mengapa cincin emas menjadi pilihan pertama banyak orang yang mencari cincin pernikahan. Berikut kelebihannya:

  • Ringan

Pengrajin bisa membuat cincin emas kuning hanya dari beberapa gram emas saja. Hal ini membuat cincin akan terasa lebih nyaman dan ringan untuk dipakai. Cocok banget untuk dipakai sehari-hari dan kamu tidak perlu khawatir berat cincin akan mengganggu aktivitasmu.

  • Tidak menimbulkan alergi

Jika campuran logam mulia yang digunakan adalah zinc, perak, dan tembaga dalam jumlah yang sedikit, maka kamu tidak perlu takut akan timbul alergi dan iritasi kulit. Namun perlu diperhatikan apakah nikel menjadi bahan campuran cincin emas kuning karena logam ini bisa menimbulkan alergi untuk beberapa orang.

  • Berikan tampilan klasik

Warna cincin emas kuning cocok dipakai oleh kulit orang Indonesia yang sebagian besar memiliki warna kulit sawo matang. Warna ini akan memberikan tampilan yang klasik dan elegan, serta membuat warna kulit semakin cerah dan bersinar.

  • Tidak mudah korosi

Logam mulia lainnya seperti perak akan mudah teroksidasi dan mengalami korosi jika terpapar zat kimia tertentu atau tidak dirawat dengan baik. Biasanya warna perhiasan akan memudar dan menghitam. Namun hal ini tidak berlaku bagi cincin emas kuning karena bahannya yang tahan akan korosi dan oksidasi, sehingga kilau dan warnanya akan tetap terjaga dalam jangka waktu yang lama.

  • Tidak perlu disepuh ulang

Kelebihan cincin emas kuning selanjutnya adalah kamu tidak perlu melakukan pelapisan ulang atau penyepuhan. Hal ini karena biasanya emas kuning tidak perlu dilapisi logam lainnya.

Kekurangan Cincin Emas Kuning

cincin kawin emas
Cincin kawin emas Exclusive WR0308 – V&Co Jewellery

Seperti kata pepatah yaitu “tiada gading yang tak retak” yang berarti tidak ada sesuatu yang sempurna. Hal ini juga berlaku pada cincin emas kuning yang memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  • Mudah tergores

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa emas memiliki karakter yang lunak. Meskipun cincin emas kuning sudah bercampur dengan logam lainnya, tapi tetap tidak menutup kemungkinan bahwa cincin ini akan tergores dan meninggalkan bekas ketika pemakaian saat beraktivitas.

Untuk meminimalisir goresan pada cincin, kami sarankan agar kamu menggunakannya pada jari manis di tangan kiri. Untuk kamu yang kidal, kamu bisa menggunakannya di jari manis tangan kanan. Hal ini karena tangan yang tidak dominan biasanya melakukan aktivitas yang lebih sedikit. Jadi kemungkinan cincin tergores juga lebih sedikit, deh.

  • Kurang cocok dipadukan dengan berlian

Berlian mampu memantulkan cahaya dengan sangat baik. Kilaunya inilah yang membuat perhiasan tampak lebih mewah. Sayangnya, cincin emas kuning bukan menjadi pilihan terbaik untuk dipadukan dengan berlian karena cahaya yang dipantulkan akan berwarna kekuningan. Berlian cenderung lebih cocok dengan kombinasi platinum atau emas putih.

  • Tidak cocok untuk semua warna kulit

Cincin emas kuning sangat cocok dipakai oleh kamu yang memiliki kulit tone hangat, seperti kulit sawo matang. Sayangnya untuk kamu yang memiliki kulit tone dingin tidak akan cocok dengan warna cincin emas kuning. Jadi kami sarankan agar kamu memilih cincin emas dengan warna lainnya, ya. Kamu bisa memilih cincin rose gold atau perak.

Rekomendasi Cincin Emas Kuning Untuk Mahar

Setelah mengetahui tips, kelebihan, dan kekurangannya, rasanya kurang lengkap, ya, kalau kami tidak sekalian memberikan rekomendasi cincin emas kuning dari koleksi terbaik V&Co Jewellery? Ini dia beberapa desain cincin yang bisa kamu pilih sebagai mahar atau mas kawin:

cincin kawin emas

Yang pertama adalah cincin kawin Simple WR0074 dengan desain yang minimalis ini. Untuk cincin pria, berupa cincin emas kuning polos dengan kombinasi warna glossy dan doff. Sedangkan pada cincin wanita sendiri dihiasi round diamond di bagian tengah untuk menambah kesan elegan.

Mau pilih warna emas lainnya atau pilih warna yang berbeda antara cincin pria dan wanita? Bisa banget! Cukup klik pilihan “Jenis logam” dan pilih logam mulia yang kamu inginkan!

cincin emas pernikahan

Kombinasi cincin emas kuning dengan tambahan emas putih memberikan kesan unik dan cantik. Dengan plat yang tebal, membuat cincin ini jadi lebih kuat dan tahan lama.

mas kawin cincin emas

Mau sepasang cincin emas kuning dengan tambahan round diamond pada kedua cincinnya? Simple WR0134 ini adalah pilihan yang tepat! Berhiaskan berlian dengan kejernihan Vvs dan warna tingkat F, membuat cincin ini bisa memancarkan kilau yang mewah. Dengan model bentuk logam yang melilit seperti tali, memberikan kesan klasik dan unik tanpa membuat penampilan terlalu mencolok. 

cincin kawin couple

Kalau kamu dan pasangan menginginkan cincin emas yang unik dan menarik, cincin Batik WRB0010 ini bisa jadi pilihan terbaik! Perpaduan ukiran batik yang mendetail dan 2 berlian di atasnya membuat tampilan semakin mewah.

cincin gold

Nggak cuma motif batik aja, kami juga menyediakan desain cincin emas dengan ukiran kalimat syahadat di permukaannya. Kamu juga bisa memilih warna dan bahan cincin lainnya selain warna kuning, loh!

Setelah membaca pembahasan lengkap tentang cincin emas kuning di atas, apakah kamu semakin tertarik untuk membeli cincin ini? Atau mau warna cincin lainnya? Tenang aja, semua tersedia di V&Co Jewellery dengan berbagai desain mulai dari yang simpel hingga eksklusif dan bisa kamu dapatkan di sini sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *