Set perhiasan emas berlian

Mau Investasi dalam Bentuk Perhiasan Emas? Ini 10 Hal Penting yang Harus Diperhatikan!

Investasi emas kini kian populer, terutama di kalangan wanita. Tak hanya menjanjikan keuntungan yang menggiurkan, perhiasan emas juga mampu menambah pesona dan meningkatkan kepercayaan diri.

Emas dikenal sebagai salah satu investasi paling menguntungkan. Keandalannya berasal dari harga emas yang cenderung stabil dan bahkan meningkat seiring waktu. Memulai investasi emas juga sangat mudah. 

Kamu bisa membuka tabungan emas di perusahaan pengelola investasi dengan mengunjungi kantor cabang atau melakukannya secara online untuk kenyamanan lebih. Caranya cukup sederhana: setorkan sejumlah uang yang kemudian dikonversi ke dalam gram emas sesuai harga pasar saat itu. 

Selain itu, kamu juga bisa menyimpan emas dalam bentuk fisik, seperti emas batangan atau perhiasan. Emas merupakan pilihan investasi jangka panjang yang potensial. Namun, untuk meraup keuntungan dan meminimalkan risiko, diperlukan kesabaran, keseriusan, dan pemikiran matang. Sebelum kamu memutuskan untuk  investasi perhiasan emas, perhatikan beberapa aspek penting berikut ini:

  • Menentukan tujuan investasi

Cincin kawin emas WR626
Foto: V&Co Jewellery

Melakukan investasi bukanlah sekadar langkah spontan. Itu adalah hasil dari refleksi atas beragam kebutuhan, terutama dalam konteks ekonomi. Dari biaya pendidikan hingga persiapan pernikahan, modal usaha sampai impian memiliki rumah atau mobil, bahkan untuk memastikan kestabilan keuangan di masa depan.

Namun, di balik setiap investasi ada tujuan yang harus jelas. Tujuan tersebut tidak hanya memandu kita dalam menentukan besarnya modal awal, tetapi juga memperkuat kesabaran yang diperlukan dalam investasi jangka panjang seperti emas. Jika kamu mencari hasil instan, investasi emas bukanlah pilihan yang tepat. Namun, jika bersabar, hasilnya dapat memberikan kecukupan untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

  • Perhatikan tempat pembelian

Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan kamu sudah memeriksa dengan teliti informasi, referensi, dan keahlian penjual, baik itu toko perhiasan, tukang emas, maupun desainer. Prioritaskan konsultasi yang mendalam agar kamu memahami sepenuhnya setiap aspek pembelian. Jangan ragu untuk menanyakan sejarah perhiasan tersebut dan metode penilaian harganya.

Meskipun PT Antam menetapkan harga emas nasional melalui platform logammulia.com, tetapi toko-toko emas tetap memiliki kelonggaran dalam menetapkan harga. Standarisasi harga emas di Indonesia belum sepenuhnya terwujud. Oleh karena itu, bijaklah dalam memilih toko emas dengan reputasi yang terpercaya dan terjamin.

  • Pastikan kondisi emas

Anting Emas Gisela GWH0077
Anting Emas Gisela GWH0077 – V&Co Jewellery

Saat memilih perhiasan emas, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan selain dari kadar karatnya. Perhatikan dengan teliti kondisi keseluruhan perhiasan. Pastikan tidak ada cacat, goresan, atau kerusakan apapun. Misalnya, ketika memilih gelang atau kalung, disarankan untuk memilih kunci berbentuk S, terkenal lebih tahan lama dibandingkan dengan kunci yang ditekan.

Selain itu, penting juga untuk memeriksa apakah perhiasan masih meninggalkan noda-noda hijau. Noda hijau biasanya disebabkan oleh sisa-sisa bahan kimia yang belum tercuci bersih dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Pastikan juga untuk mempertimbangkan model perhiasan. Sebaiknya pilih model yang tidak hanya sesuai dengan tren saat ini, tetapi juga akan tetap relevan dalam beberapa tahun ke depan.

Menyadari kondisi perhiasan yang kamu pilih akan memudahkan proses penjualan di masa depan, terutama jika perhiasan tersebut dilengkapi dengan sertifikat dan bukti pembelian yang jelas. Ini dapat membantu menjaga nilai jualnya tetap tinggi.

  • Memperhatikan kadar karat emas

Semakin tinggi kadar karat, maka kemurnian perhiasan emas tersebut akan lebih terjamin. Sebagai contoh, perhiasan berkarat 24 memiliki kadar emas lebih melimpah dibandingkan dengan yang berkarat 18.

Namun, ada kelemahan pada emas berkarat 23 yang cenderung lembut, membutuhkan sentuhan logam lain untuk memperkuat dan mempertahankan bentuknya. Inilah yang membuat proses pembuatan perhiasan emas menjadi lebih berharga. Berdasarkan standar internasional, berikut kadar kemurnian emas:

  • Komposisi emas 24 karat: emas murni (99,99%);
  • Komposisi emas 22 karat: 91,7% emas dengan campuran bahan lain 8,3% (biasanya perak);
  • Komposisi emas 20 karat: 83,3% emas;
  • Komposisi emas 18 karat: 75% emas;
  • Komposisi emas 16 karat: 66,6% emas;
  • Komposisi emas 14 karat: 58,5% emas;
  • Komposisi emas 9 karat: 37,5% emas.
  • Pastikan memiliki sertifikat resmi

Liontin Emas Melia LTS0033
Liontin Emas Melia LTS0033 – V&Co Jewellery

Pastikan untuk memverifikasi keaslian emas dengan memeriksa sertifikat serta cap trademark unik yang umumnya terdapat pada perhiasan. Sertifikat ini menjadi bukti sah dari kualitas emas yang kamu dapatkan dan berikut beberapa langkah untuk memeriksanya dengan teliti:

  • Pastikan bahwa sertifikat dikeluarkan oleh lembaga pemeriksaan emas dengan reputasi baik, seperti LBMA (London Bullion Market Association), atau institusi serupa yang diakui secara internasional.
  • Periksa nomor seri sertifikat dan pastikan bahwa itu sesuai dengan nomor seri pada perhiasan yang akan kamu beli. Selain itu, pastikan tanggal penerbitan sertifikat sejalan dengan tanggal pembelian perhiasan.
  • Telitilah detail-detail informasi yang tertera pada sertifikat, seperti jenis emas, karat, berat, dan dimensi perhiasan. Semuanya harus sejalan dengan deskripsi perhiasan yang dibeli

Ingatlah bahwa sertifikat keaslian hanya merupakan salah satu aspek dari proses pembelian perhiasan emas yang perlu diperhatikan. Selalu bijaksana untuk melakukan verifikasi dan pengujian yang memadai sebelum Anda memutuskan untuk membeli.

  • Ketahui mana perhiasan dengan nilai stabil

Jika memiliki tujuan investasi, kamu harus memilih perhiasan dengan kualitas terbaik. Dari cincin klasik hingga anting elegan, pilihlah perhiasan yang terbuat dari logam mulia tinggi seperti emas dan platinum. 

Kedua logam ini tidak hanya menjanjikan stabilitas nilai yang tinggi, tetapi juga menjaga keindahan dan pesonanya selama bertahun-tahun. Secara sederhana, semakin langka sebuah logam mulia, semakin memikat perhiasannya. 

Emas dalam segala keindahannya—kuning, putih, atau merah—bersama dengan platinum, adalah pilihan yang tak tertandingi. Cincin, kalung, atau anting-anting yang dipoles dengan berlian dan batu permata langka seperti safir, rubi, atau zamrud, memancarkan keanggunan, mengangkat nilai mereka dengan lompatan harga – masa ke masa yang signifikan.

Namun, perhiasan bukanlah semata soal nilai material. Melainkan cerminan dari selera dan kepribadian. Sedangkan batu semi mulia, meski mungkin tidak seterkenal, membawa daya tariknya sendiri. 

Maka, dalam memilih investasi yang berharga, kebijaksanaan tetaplah menjadi kunci. Pilihlah batu dengan kualitas terbaik, dengan warna klasik yang timeless, dan semakin tinggi karatnya, semakin melambunglah nilai serta keunggulannya.

  • Pantau harga emas

anting emas rose gold
Anting emas Leona GWD0008 – V&Co Jewellery

Umumnya, emas dikenal karena stabilitas nilainya yang telah terbukti sepanjang waktu, dengan kecenderungan naik dalam jangka panjang. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa terkadang harganya juga mengalami penurunan. 

Saat itu terjadi, membeli emas batangan bisa menjadi peluang investasi yang menguntungkan. Ketika harga emas melonjak kembali, menjualnya bisa menjadi langkah cerdas untuk meraih keuntungan. 

Agar tidak tersesat dalam arus fluktuasi harga, penting untuk terus memantau pergerakan harga emas secara teratur. Tanpa itu, risiko merugi bisa mengintai, terutama jika terjebak membeli saat harga sedang melambung tinggi dan melepaskannya ketika nilai jual kembali merosot, hanya karena kurangnya pengawasan terhadap pasar emas.

  • Jangan membeli perhiasan berlapis emas

Berkurangnya nilai emas di perhiasan berlapis menunjukkan potensi kerugian bagi mereka yang memandangnya sebagai investasi. Tidak hanya bahan dasarnya yang bukan emas, tetapi ketebalan lapisan emas di permukaannya juga memengaruhi daya tahannya. Jika digunakan secara rutin, lapisan emas tersebut bisa hilang, meninggalkan perhiasan yang tak lagi bernilai.

Perhiasan berlapis emas seringkali menjanjikan kilauan mewah, tetapi sebenarnya mereka tidak sepenuhnya terbuat dari emas; hanya permukaannya saja yang berselimut emas dengan kadar kebanyakan hanya mencapai 10 karat.

  • Mempertimbangkan bentuk dan ukuran

gelang emas kekinian
Gelang Emas Luna GLD0012 – V&Co Jewellery

Karena kamu ingin berinvestasi dalam bentuk perhiasan, tentunya kamu akan menggunakan barang tersebut di kehidupan sehari-hari. Karena ingin digunakan, kamu harus mempertimbangkan bentuk dan ukurannya agar tidak menyulitkanmu. Sesuaikan juga perhiasan yang ingin dibeli dengan gaya dan prefensi kamu.

  • Bandingkan harga

Ketika membeli perhiasan emas, kamu tidak perlu terburu-buru. Cari informasi harga emas dari toko ke toko, hal ini kamu lakukan untuk terhindari dari segala penipuan. Kemudian, bandingkan harga dari masing-masing toko, mengingat penjualan emas berlangsung kompetitif.

Jangan mudah tergiur dengan harga murah ataupun terlalu mahal. Hal tersebut tidak selamanya menjamin kualitas dari perhiasan yang akan kamu beli. Sebelum membelinya, pastikan kamu sudah mengetahui detail kondisi perhiasan dan latar belakang toko. Setelah itu pertimbangkan kembali sampai kamu menemukan keputusan paling tepatnya. 

Dan, ya, kamu sudah siap mendapatkan perhiasan emas pertamamu yang akan dijadikan sebagai investasi. Namun, kamu perlu ingat, perhiasan emas merupakan investasi jangka panjang. Jadi, harus bersabar dan tidak buru-buru ketika menjualnya!