membedakan perhiasan berlian

Begini Cara Membedakan Perhiasan Berlian yang Asli dan Palsu

Berlian merupakan salah satu perhiasan yang banyak diminati oleh kaum wanita maupun pria. Salah satu cara berinvestasi sejak dini yang mulai dilakukan banyak orang adalah mengoleksi berlian. Namun, jangan sampai berlian yang kamu beli ternyata palsu, kamu harus mengetahui cara membedakan perhiasan berlian asli dan palsu sebelum membeli agar dapat terhindar dari penipuan.

Mengenal dan memahami perhiasan berlian merupakan hal yang penting dan wajib bagi kamu yang gemar mengoleksi perhiasan berlian. Ini dilakukan agar kamu terhindar dari berbagai aksi penipuan saat melakukan proses pembelanjaan.

membedakan perhiasan berlian

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui perbedaan berlian asli dan berlian palsu, salah satunya yang kamu dapat lakukan ialah dengan cara mendatanginya ke toko perhiasan professional. Selain itu dapat juga melakukannya dengan mesin khusus yang memiliki fungsi untuk dapat mendeteksi kaslian dari berlian, warna, hingga kejernihan berlian.  Ada beberapa cara untuk menguji keaslian berlian yang dapat kamu lakukan, simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

1 Menimbang berlian dengan sensitivitas tinggi

Untuk menguji keaslian berlian, pertama kamu dapat mengetahuinya dengan mengukur perbedaan berat yang tipis, karena zirconia kubik atau yang biasa disebut dengan berlian sintetis atau palsu, beratnya sekitar 55 persen lebih daripada berlian asli dengan bentuk dan ukuran yang sama. Dalam hal ini, gunakanlah timbangan dengan sensitivitas tinggi yang mampu mengukur sampai tingkat karat dan butirannya.

2 Menguji berlian dengan mikroskop

Cara menguji berlian dengan mikroksop ialah dengan meletakkan berlian di bawah mikroskop dengan faset atasnya menghadap ke bawah. Kemudian, kamu bisa membolak-balikkan posisi berlian secara perlahan menggunakan pinset.

Jika kamu melihat warna sedikit kilauan jingga pada fasetnya, maka berlian tersebut kemungkinan besar berlian palsu. Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan teleskop pembesaran 1200 kali.

3 Menggunakan tes embun

Cara berikutnya menggunakan tes embun, yaitu dengan cara meletakkan berlian di depan mulut, kemudian kamu bisa hembuskan nafas kea rah berlian seperti menghembus cermin. Jika embunnya bertahan beberapa detik, berlian tersebut kemungkinan besar palsu. Sementara jika kamu memiliki berlian asli, maka berlian tersebut tidak akan mudah berembun.

4 Mencelupkan batu berlian ke dalam air

Cara selanjutnya, kamu dapat menguji keaslian berlian dengan cara mencemplungkan batu berlian ke dalam segelas air. Kemudian, kamu bisa melihat apakan berlian tersebut tenggelam sampai ke dasar gelas tersebut atau tidak.

Pada berlian asli biasanya akan tenggelam karena memiliki tingkat kerapatan yang cukup tinggi. Sementara pada berlian yang palsu, berlian tersebut akan mengapung ke permukaan gelas atau melayang di tengah gelas.

5 Memanaskannya dengan api

Cara mudah berikutnya yang bisa kamu lakukan sendiri dimana pun kamu berada, kamu dapat memanaskan berlian dengan korek api selama 30 detik. Kemudian, kamu dapat memasukkan berlian tersebut ke dalam gelas yang berisi air dingin.

Lalu, kamu bisa melihat apa yang terjadi setelahnya. Jika berlian yang kamu miliki asli, berlian tersebut tidak akan pecah maupun retak dan relatif kuat karena memiliki struktur kristalin yang rapat. Sedangkan, pada berlian palsu akan retak seketika jika dipanaskan karena pengembangan dan kontraksi yang cepat.

6 Percobaan memakai kertas koran

Memakai kertas koran adalah salah satu cara untuk membedakan perhiasan berlian. Percobaan ini dapat kamu lakukan jika berlian yang kamu memiliki ukuran yang agak besar yaitu lebih dari setengah karat agar tidak menghalangi pandanganmu. Selain itu, percobaan ini sangatlah mudah, kamu hanya perlu meletakkan berlian di atas koran dengan bidang yang rata serta memiliki pencahayaan yang cerah tanpa intervensi bayangan apapun.

Kamu bisa melihat apakah kamu dapat membaca kata-kata yang terdapat pada koran tersebut. Jika kamu tidak dapat melihat tulisan di koran dengan jelas melalui berlianmu, maka berlian yang kamu miliki tersebut asli.

Ini dikarenakan berlian asli memiliki kualitas yang baik untuk memantulkan cahaya bahkan bisa tergolong sangat kuat sehingga Anda sulit melihat bacaaan di bawah batu tersebut. Di satu sisi, batu palsu akan membuat kamu bisa membaca surat kabar tersebut bahkan terkadang terihat buram, salah satunya zirkonia, batu transparan ini membuat kamu dapat membaca kata-kata di koran.

Selain enam langkah di atas yang bisa kamu lakukan untuk menguji keaslian berlian, masih ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti scratch test, menggunakan aliran listrik, tes kilauan, serta alat-alat lain yang memerlukan ketelitian ataupun pengalaman serta pengetahuan yang tinggi.

Namun, jika kamu masih ragu dengan terhadap hasilnya setelah melakukan semua percobaan tersebut, sebaiknya kamu membawa berlianmu ke toko perhiasan professional dan terpercaya. Di sana tentunya akan lebih mudah ketika membedakan perhiasan berlian asli dan palsu. So, jangan sampai tertipu ya, dear!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *