Cara Membedakan Perhiasan Emas Aslid dan Palsu

Cara Membedakan Perhiasan Emas Asli dan Palsu

Sebagai salah satu penikmat perhiasan, pembeli harus bisa membedakan mana perhiasan emas asli dan mana yang sekiranya imitasi. Jangan sampai pembeli kemudian sudah membeli perhiasan yang dikira emas dengan harga yang tidak murah, tapi ternyata sekadar emas-emasan.

Pembeli patut mewaspadai bahwa akan selalu ada oknum jahat yang menjual perhiasan, baik emas atau berlian, yang tidak jelas keasliannya? Mulai sadar dan kenali perhiasan lebih dalam lagi, supaya pembeli bisa bedakan mana yang asli dan mana yang imitasi.

6 Cara Membedakan Perhiasan Emas Asli atau Bukan

  1. Label Tanda Keasliannya

Untuk pembeli yang terbiasa membeli cincin kawin emas biasanya mengetahui label terletak di bagian dalam, yang mencatat berat karat perhiasan, seperti 10K atau 14K. Walau begitu, jika pembeli tidak menemukan adanya cap dalam perhiasan emas, bukan berarti perhiasan tersebut lantas palsu, karena tidak semua perhiasan emas memiliki cap.

  1. Tidak Mudah Pudar

Sebetulnya membedakan perhiasan emas asli dengan yang imitasi itu mudah, tapi akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sesederhana dengan membandingkan warna emasnya saja.

Jika dalam jangka waktu pemakaian perhiasan emas tersebut lama kelamaan warnanya menjadi pudar, bisa dibilang perhiasan tersebut bukan perhiasan asli. Apalagi jika kemudian warna yang memudar ini akan menunjukkan logam lain, bisa jadi perhiasan tersebut hanya sekadar dikuningkan. Maka dari itu pembeli harus lebih hati-hati.

  1. Penggunaan Magnet

Salah satu alat yang bisa digunakan untuk menilai perhiasan memang betul terbuat dari emas atau sekadar logam yang dilapisi dengan penguning adalah magnet. Caranya sangat sederhana, pembeli cukup menempelkan magnet pada perhiasan emas yang ingin dibeli di toko emas tersebut, jika perhiasan tersebut menempel dengan magnet, bisa diyakini jika perhiasan itu adalah imitasi.

Ya, emas murni tidak memiliki kandungan magnet sehingga tidak akan menempel jika magnet dan logamnya saling didekatkan. Wajib dicoba sebelum membeli perhiasan nih, sebab menjadi teliti itu penting.

  1. Memakai Foundation

Setelah dipikir-pikir, ada salah satu alat yang kerap dibawa kemana-mana oleh sebagaian wanita, yang bisa digunakan untuk mengetest perhiasan emas asli atau imitasi. Coba oleskan foundation yang dimiliki di punggung tangan kemudian gosok perhiasan emas di atasnya, jika ada goresan berwarna hitam, maka perhiasan emas asli lah yang dimiliki.

  1. Memakai Air dalam Gelas

Cara yang berikutnya tidak susah, cukup dengan segelas air yang kemudian masukkan perhiasan emas ke dalamnya. Jika perhiasan emas asli tentu akan tenggelam karena emas merupakan logam yang berat, jika kemudian perhiasan malah mengapung, bisa saja itu palsu.

  1. Pastikan Perhiasan Berlian juga Asli

Namanya juga perempuan, memiliki berlian pun jadi cita-cita. Walau begitu, harus tetap hati-hati dalam membeli berlian, sekalipun pembeli membeli berlian tersebut di pusat perhiasan yang sudah melayani banyak konsumen. Cara paling sederhana adalah dengan menghirupkan udara panas pada berlian yang baru akan dibeli. Jika berlian tidak menjadi berkabut, tandanya berlian itu bisa dimiliki. Terbukti asli.

Banyak cara untuk membedakan perhiasan mana yang asli dan mana perhiasan yang imitasi. Walau begitu, pastikan juga lokasi atau toko perhiasan yang akan dituju. Karena jika pembeli sudah yakin akan satu toko perhiasan, pembeli akan memiliki keyakinan yang sama untuk pembelian berikutnya. Lebih hati-hati dalam memilih dan menilai perhiasan emas asli dan palsu, supaya tidak kena tipu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *