Faktor yang Menetukan Harga Berlian

Faktor yang Menentukan Harga Berlian

Bisa dibilang, berlian merupakan perhiasan termahal di dunia, harga berlian  yang cukup tinggi juga membuatnya menjadi barang mewah dan ber-prestise.

Di zaman dahulu, berlian biasa digunakan oleh para wanita bangsawan, ratu, dan para putri raja. Hal tersebut yang kemudian menjadikan berlian identik dengan kaum borjuis.

Namun saat ini, harga berlian sudah tidak sefantastis dahulu. Meskipun masih menjadi simbol bangsawan, tetapi kini masyarakat biasa pun sudah dapat memilikinya dengan harga yang terjangkau. Sayangnya, hal ini justru digunakan oleh sebagian orang untuk mendapatkan keuntungan lebih, yaitu dengan memalsukan berlian.

Harga berlian dipengaruhi oleh kualitasnya. Semakin bagus kualitasnya, semakin tinggi pula harga yang ditetapkan. Namun, tingginya harga berlian terkadang tidak sebanding dengan kualitasnya, apalagi dengan maraknya peredaran berlian palsu yang mengecoh para pembeli.

Agar tidak terkecoh dengan berlian KW, sebaiknya ketahui faktor-faktor penentu kualitas berlian yang dikenal dengan K2WP yang meliputi Karat, Kejernihan, Warna, dan Potongan. Atau, yang lebih dikenal dengan 4C,  Carat (karat), Cut (potongan), Clarity (kejernihan), dan Color (warna).

Lalu, bagaimana K2WP itu memengaruhi harga berlian? Berikut penjelasan singkatnya

  • Carat (Karat)

Banyak yang mengira jika karat merupakan ukuran sebuah berlian. Padahal, karat merupakan satuan berat standar internasional untuk berlian yang biasa digunakan.

1 karat sama dengan 0,2 gram atau 200 miligram. Selain karat, berat berlian juga biasa dihitung dengan menggunakan satuan points. Perbandingannya, 100 points sama dengan 1 karat berlian.

Berat sebuah berlian, tentunya, memiliki pengaruh pada harga berlian tersebut. 2 buah berlian berukuran sama belum tentu memiliki jumlah karat yang sama, juga sebaliknya. Hal ini karena berat total berlian dihitung setelah melalui proses pemotongannya.

  • Clarity (Kejernihan)

Sudah pasti kejernihan berlian memiliki andil untuk memutuskan harga berlian. Agak sulit memang melihat kejernihan berlian dengan menggunakan mata telanjang. Oleh sebab itu, untuk melihatnya kita membutuhkan bantuan lensa yang memiliki kemampuan pembesaran hingga 10 kali.

Ada 5 tingkat kejernihan berlian yang biasa digunakan sebagai patokan keaslian dan penentu harga berlian. Kelima tingkat tersebut adalah:

  1. Flawless (FL) – Internally Flawless (IF)
  2. VVSI 1 – VVSI 2 (Very, very slightly included)
  3. VSI 1 – VSI 2 (Very slightly included)
  4. SI 1 – SI3 (Slightly included)
  5. I1 – I3 (Included)
  • Warna (Color)

Penentu harga berlian selanjutnya adalah warna. Pada umumnya, berlian yang berkualitas selalu tidak berwarna atau transparan. Di dunia internasional, warna berlian terbaik dimulai dari huruf D yang berarti bening atau transparan hingga Z, yaitu berlian dengan warna kuning terang.

Namun, bukan berarti berlian dengan warna lain memiliki mutu yang kurang bagus, karena terdapat juga berbagai macam berlian dengan warna-warna tertentu, seperti biru, hijau, merah jambu, dan lainnya yang terbentuk secara alami di alam. Batu intan atau Berlian dengan warna alami ini biasanya sangat langka dan harga berlian tersebut pastinya akan sangat mahal.

  • Cut (Pemotongan)

Harga berlian selanjutnya ditentukan dari bagaimana berlian tersebut dipotong menjadi beragam bentuk yang biasa kita lihat. Bentuk-bentuk potongan berlian yang umum, seperti berbentuk buah pir, bulat, marquise, hati, dan lain-lainnya. Berlian yang dipotong secara proporsional dan tepat, memiliki kualitas yang sangat tinggi.

Proses pemotongan berlian nantinya juga akan berpengaruh terhadap kilau yang dimiliki karena akan mudah memantulkan lebih banyak cahaya, bukan malah bercahaya, sehingga terlihat lebih jernih.

Selain 4 faktor di atas, 1 hal yang paling penting yang tidak boleh terlewat adalah sertifikat keaslian berlian yang dibeli. Di dalam sertifikat tersebut, sudah tertera pula informasi K2WP seperti di atas.

Informasi yang terkandung di dalam sertifikat tersebut yang kemudian ikut menentukan harga berlian. Dengan adanya sertifikat ini, tentunya pembeli tidak akan merasa rugi atau ditipu, bukan?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *