3 Kegunaan Emas Batangan

3 Kegunaan Emas Batangan

Emas batangan terdiri dari berbagai macam ukuran, mulai dari 1 gram hingga 1 kilogram. Harga emas sekarang pun bervariasi.

Bila mendengar kata emas batangan, kita pasti selalu terbayang tumpukan balok-balok berkilauan di dalam sebuah brankas raksasa dengan bentuk seperti batangan cokelat, persis seperti di film-film. Memiliki satu saja, rasanya kita akan menjadi kaya raya.

Kenyataannya, emas seperti di film-film memang nyata adanya.  Untuk saat ini, emas berbentuk batangan yang beredar di pasaran memang dicetak dengan maksimal ukuran 1 kilogram saja.

Makin kecil beratnya, makin kecil pula ukuran dari emas tersebut. Namun, berat dari emas tersebut tidak memengaruhi kadar karat yang dimiliki. Meskipun ukurannya berbeda, kadar karatnya tetap sama saja.

Di Indonesia, instansi yang bertugas mengeluarkan dan mencetak batangan emas adalah PT. ANTAM Tbk. Emas yang dikeluarkan oleh Antam terdiri dari emas berbentuk batangan dan masuk kategori logam mulia dengan berbagai macam ukuran sesuai dengan kebutuhan. Emas yang dikeluarkan juga memiliki kualitas karat 24 yang berarti 99,99%-nya terbuat dari emas murni.

Emas ini tentunya berbeda dengan perhiasan emas pada umumnya. Emas dibuat tanpa campuran bahan logam lainnya, sehingga kadarnya memang murni. Emas batangan juga tidak untuk dipakai sebagai aksesori.

Emas Batangan Bisa Dimanfaatkan untuk Beberapa Hal Berikut

Saat ini, masyarakat sudah banyak yang tertarik memiliki emas batangan. Hal tersebut terjadi karena berbagai macam faktor, salah satunya adalah kemudahan mendapatkannya. Tujuan pembelian emas batangan juga bermacam-macam, seperti:

Investasi Emas

Mereka yang berniat berinvestasi lewat emas biasanya akan membeli emas berbentuk batangan pada saat harganya turun karena lebih murah. Bila selisih harga sudah cukup banyak di masa depan, maka emas tersebut dijual dengan keuntungan yang cukup lumayan. Cara klasik seperti itu biasanya menjadi investasi jangka panjang, yaitu sekitar 5 hingga 10 tahun.

Selain cara klasik di atas, investasi emas saat ini juga ditawarkan dalam bentuk tabungan emas. Dengan membuka tabungan emas, kita diharuskan menabung emas mulai dari 1 gram.

Sebenarnya tidak secara harfiah kita menyerahkan logam mulia untuk ditabung, tetapi dengan melakukan penyetoran uang yang memiliki nilai yang sama dengan harga satu gram emas pada saat itu.

Lewat tabungan emas, kita memang tidak melihat langsung emas yang kita miliki, tetapi nilainya akan terus bertambah. Meskipun demikian, kita juga dapat sewaktu-waktu mengambilnya dalam bentuk emas dengan berat sesuai dengan yang kita tabung.

Mahar Pengantin

Mahar atau mas kawin pengantin biasanya menggunakan seperangkat alat sholat, uang tunai, atau perhiasan emas. Jumlah atau ketentuannya berdasarkan kesepakatan kedua calon pengantin, seringnya menggunakan jumlah yang unik sesuai tanggal hari jadi atau yang lainnya.

Selain ketiga hal di atas, sekarang ini emas batangan juga sering digunakan sebagai mahar pengantin. Meskipun emas ini tidak dapat digunakan selayaknya perhiasan, tetapi seperti yang telah dijelaskan di atas, mahar tersebut dapat disimpan untuk diinvestasikan. Harga emas yang dijadikan mahar pun tidak terlalu menguras kocek.

Hadiah

Emas murni ini juga tepat digunakan sebagai hadiah. Tidak hanya hadiah kuis saja, tetapi juga bisa dipakai sebagai hadiah ulang tahun pernikahan, hadiah ulang tahun, ataupun sebagai bentuk apresiasi. Hadiah emas tentunya tidak berlebihan untuk merayakan hal-hal istimewa di atas.

Apalagi, sekarang PT. ANTAM Tbk telah mengeluarkan emas dengan seri batik Indonesia. Dengan pilihan berat 10 dan 20 gram, emas terbaru dari PT. ANTAM Tbk menghadirkan beragam motif batik, seperti truntum, wahyu tumurun, sekar jagad, purbonegoro, parang barong, kawung, sidomukti, dan mega mendung.

Memiliki emas batangan di zaman sekarang ini ternyata memang banyak manfaatnya. Bentuk dan ukurannya juga sudah sangat beragam.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.