Pahami Hal-hal Berikut Sebelum Mengoleksi Perhiasan Emas

Mengoleksi perhiasan emas kini memang tengah menjadi trend, terutama di kalangan wanita. Selain sebagai investasi yang tepat, perhiasan emas juga merupakan aksesoris menarik dan indah yang bisa digunakan dalam berbagai situasi.

Mengoleksi perhiasan emas bisa berupa banyak hal, seperti cincin emas, anting emas, kalung emas, liontin emas, dan berbagai tipe perhiasan lainnya. Perhiasan memang bisa diciptakan dari berbagai jenis logam seperti perak, tembaga, platina dan lainnya, tapi perhiasan emas adalah yang paling banyak diminati

Ingin Mengoleksi Perhiasan Emas? Ketahui Beberapa Hal Berikut ini Dahulu Yuk!

Investasi Perhiasan Emas

Seperti yang dikatakan di atas, perhiasan emas bisa menjadi alat investasi dan juga merupakan aksesoris idaman kaum wanita. Walau begitu, masih banyak orang menilai bahwa investasi adalah menabung dengan gaya yang berbeda, padahal investasi dan menabung merupakan dua hal yang berbeda.

Menabung adalah kegiatan menyisihkan uang untuk disimpang hingga nanti bisa digunakan saat dalam keadaan mendesak. Sementara investasi, terutama investasi perhiasan emas adalah kegiatan menanam uang dengan maksud menambah jumlah uang di kemudian hari. Beragam cara untuk bisa berinvestasi, tapi investasi perhiasan emas bisa Anda lakukan dengan membeli perhiasan emas disaat harga emas sedang turun, kemudian menjualnya kembali saat harga emas mengalami kenaikan.

Kadar Perhiasan Emas

Untuk Anda yang memiliki minat untuk menjadi kolektor perhiasan emas atau nantinya ingin berinvestasi dengan perhiasan emas, ada hal-hal wajib yang perlu Anda ketahui sebelum memilih perhiasan yang akan dibeli.

Seperti kadar emas dalam perhiasan, biasanya dalam pembuatan perhiasan tidak 100% menggunakan emas secara keseluruhan, atau ditambah dengan logam jenis lainnya layaknya perak dan juga tembaga. Tingkatan perhiasan emas sebagai berikut :

  • Emas murni adalah emas yang memiliki kandungan emas 24 karat. Untuk kadar emas dalam perhiasan emas biasanya 8-18 karat. Biasanya, dalam sebuah perhiasan, kadar emas murni berada dalam ukuran 1/3 dari keseluruhan unsur logam perhiasannya.
  • Emas bi-metal adalah pelapisan emas pada sebuah perhiasan agar tampak lebih mahal dan menarik.
  • Perak lapis emas bisa dibilang mirip dengan emas bi-metal. Yang membedakan adalah menambahkan perak setelah melakukan pelapisan dengan emas. Dari segi harga, biasanya harga perak lapis emas lebih tinggi dari emas bi-metal.

Warna Perhiasan Emas

Perihal ragam warna perhiasan emas, tahukan Anda bahwa tidak hanya tersedia dengan warna kuning saja? Sejatinya warna emas cukup beragam seperti emas putih, emas merah muda atau yang kerap disebut rose gold, emas hitam, dan beberapa warna perhiasan emas lainnya. Warna emas asli memang kuning, tapi ketika dibuat menjadi perhiasan dan dicampur dengan jenis logam lain, bisa membentuk sebuah warna baru.

Seperti perhiasan emas putih yang juga memiliki banyak penggemar. Perhiasan emas putih adalah perpaduan antara emas dengan logam palladium atau nikel yang kemudian diberi lapisan rhodium untuk mendapatkan warna putih berkilau yang sempurna. Sama halnya dengan jenis warna emas lainnya yang berasal dari logam yang sama yaitu emas, tapi memiliki campuran logam jenis lain hingga menyebabkan warna yang berbeda.

Cara Memilih Perhiasan Emas Yang Tepat

Perhiasan emas sering kali dijadikan hadiah maupun dijadikan simbol dalam sebuah hubungan. Seperti cincin emas yang banyak dipilih pasangan untuk dijadikan cincin kawin maupun cincin tunangan. Atau kalau emas yang dipilih sebagai hadiah anniversary atau ketika ulangtahun orang terkasih. Perhiasan emas dianggap mewah, bukan hanya karena tampilannya yang berkilau saja, tapi karena memang memiliki harga yang cukup mahal bila disejajarkan dengan perhiasan dari logam seperti perak, maupun palladium.

Jika Anda ingin memiliki perbedaan antara cincin kawin dengan cincin tunangan, Anda bisa membedakannya dengan memilih warna emas yang berbeda. Anda bisa menjadikan cincin emas putih sebagai cincin tunangan Anda karena memiliki harga yang lebih rendah dari cincin kawin emas kuning. Selain itu, emas putih juga lebih tahan goresan.

Untuk cincin kawin, memilih cincin emas kuning akan jadi hal yang tepat karena cincin kawin emas kuning selain memiliki harga yang cukup istimewa, cincin emas kuning juga cocok digunakan dalam segala keadaan.

Cara Membedakan Perhiasan Emas Asli Dengan Perhiasan Emas Palsu

Agar tidak tertipu ketika akan membeli perhiasan emas, tentu Anda patut mengetahui cara membedakan perhiasan emas asli dab palsu. Sebetulnya tidak sulit untuk membedakan mana yang asli dan palsu, Anda bisa menggunakan beragam cara seperti :

  • Lihat pada bagian dalam perhiasan. Biasanya, perhiasan emas memiliki tanda yang berupa cap atau ukiran seperti 375 atau 750 yang merupakan jumlah kadar pada perhiasan emas. Namun, Anda mungkin memerlukan kaca pembesar untuk melihat tanda ini pada perhiasan emas kecil seperti cincin.
  • Gunakan magnet untuk test apakah perhiasan emas yang akan Anda beli ini asli atau tidak. Caranya yaitu cukup dekatkan magnet dengan perhiasan emas tadi, jika kemudian itu menempel, bisa ditarik kesimpulan bahwa itu adalah perhiasan emas palsu.
  • Anda bisa menggunakan gelas besar yang diisi air untuk mengetahui apakah perhiasan emas Anda asli atau palsu. Emas adalah jenis logam padat, sehingga jika Anda menjatuhkan perhiasan emas Anda ke dalam air, tentunya perhiasan tersebut akan tenggelam. Lain hal jika perhiasan Anda kemudian mengambang, bisa jadi itu adalah palsu. Apalagi jika kemudian perhiasan Anda berubah warna atau menjadi berkarat, adalah tanda bahwa emas hanya dijadikan lapisan luar dari perhiasannya.

Pastikan Anda memilih toko perhiasan yang tepat, jika kemudian Anda asal memilih toko dan mendapatkan perhiasan emas palsu, bukannya untung Anda bisa jadi rugi dan menyesal di kemudian hari.

Merawat Perhiasan Emas Dengan Tepat

Sebagai barang berharga, tentu merawat perhiasan emas akan menjadi sesuatu yang wajib Anda lakukan. Agar perhiasan emas Anda tetap berkilau indah, rajin membersihkannya adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.

Bila Anda memiliki perhiasan emas kuning, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan deterjen yang sudah dilarutkan dengan air, kemudian gunakan larutan tadi dan sikat gigit yang sudah tidak terpakai untuk menyikat pelan perhiasan emas Anda. Setelah menyikat dengan lembut hingga ke sela-sela perhiasan, bilas menggunakan air dan keringkan dengan handuk atau kain lembut.

Sementara bagi Anda yang memiliki perhiasan emas putih, yang bisa dilakukan untuk membersihkan adalah dengan merendam perhiasan tersebut ke dalam larutan air dengan sabun cuci piring antara 15 – 20 menit dan kemudian bilas menggunakan air hangat kuku. Anda bisa mengeringkan perhiasan emas putih di udara terbuka atau dengan mengelap menggunakan handuk secara halus dan pelan.

Seperti yang Anda ketahui bahwa perhiasan emas cukup lunak dan mudah tergores. Jadi, hindari penggunakan perhiasan emas saat Anda akan melakukan kegiatan kasar seperti mencuci atau ketika Anda harus bekerja di luar ruangan. Anda juga perlu sering-sering memoles perhiasan emas baik di rumah maupun menggunakan jasa profesional.

Tips Membeli Perhiasan Emas

Tidaklah sulit menemukan toko perhiasan yang menyediakan beragam perhiasan emas yang menarik secara harga maupun desain yang dimiliki. Terlebih lagi kini Anda bisa membeli perhiasan emas melalui daring yang akan lebih memudahkan Anda. Walau begitu, jangan lengah dalam memilih toko perhiasan baik secara langsung maupun melalui online store karena akan selalu ada oknum tidak bertanggung jawab yang bisa menipu Anda.

Untuk mendapatkan informasi mengenai toko perhiasan terpercaya, Anda bisa bertanya atau mencari informasi melalui rekan dan kerabat Anda yang sekiranya berpengalaman dalam membeli perhiasan emas. Anda juga bisa mencari informasi melalui internet untuk menemukan toko perhiasan yang terpercaya dengan melihat testimoni dari pembeli sebelum Anda.

Nah, jangan takut untuk mengoleksi perhiasan emas atau kemudian berinvestasi dengan perhiasan emas. Asal hati-hati dan teliti, tentu Anda akan menjadi untung kelak. Selamat mencoba!

vncoartikeladmin

Recent Posts

Kupas Tuntas Taklik Talak! Pengertian, Fungsi dan Praktiknya dalam Pernikahan

Hey there! Pernah denger istilah "taklik talak" nggak? Atau mungkin kamu pernah ngerasa bingung kenapa…

1 hari ago

Ini Dia Cara Menghitung Weton Jawa dengan Mudah!

Welcome to the World of Javanese Culture! Ada sesuatu yang begitu unik dan menarik tentang…

2 hari ago

Solusi Atasi Stress Menjelang Pernikahan? Ya, Wedding Organizer!

Memilih menggunakan jasa wedding organizer artinya kamu mau bebas stress menjelang hari pernikahan! Memang, iya? …

2 hari ago

Ide Pesta Pernikahan Buat Penggemar Harry Potter!

Hey, Sobat Hogwartians! Kamu Potterhead sejati yang udah lama bermimpi mengadakan pesta pernikahan yang nggak…

4 hari ago

Perjalanan Gelang Rantai Emas dalam Dunia Fashion

Hai, fashionista! Udah siap untuk menyelami dunia yang penuh kilau dan gaya? Kali ini, kita…

5 hari ago

Paket Pernikahan All-in-One: Solusi Anti Ribet untuk Hari Bahagiamu!

Hayo, ngaku deh, siapa di sini yang udah ngayal-ngayal tentang hari pernikahan yang sempurna? Pasti…

6 hari ago