Tips Menentukan Menu Catering Pernikahan

Tips Menentukan Menu Catering Pernikahan

Pernikahan merupakan salah satu moment istimewa yang paling dinanti oleh setiap orang. Yang mana setiap orang, akan merencanakannya dengan segala persiapan yang baik dan maksimal. Mulai dari persiapan pemilihan tempat, dekorasi, makeup pengantin, cincin kawin, fotografi, sampai menu catering pernikahan.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan juga yaitu jumlah undangan yang akan menghadiri acara pernikahanmu. Dan ini erat kaitannya dengan paket catering yang akan kamu pilih nantinya. Tapi tenang saja! Kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini agar tidak salah pilih menu makanan di acara pernikahanmu nanti.

Sesuaikan Dengan Budget Pernikahan

Hal yang utama kamu perhatikan untuk memilih menu catering pernikahan = yaitu menentukan budget pernikahanmu terlebih dahulu. Kamu juga harus pintar memilih menu makanan untuk acara pernikahanmu nantinya. Serta mengatur jumlahnya untuk tamu undangan.

Tapi perlu diketahui, makanan yang lezat, tidak selalu dihargai mahal loh! Jadi kamu tidak harus memiliki budget tinggi untuk menu makanan lezat. Dan kamu tidak perlu lagi khawatir acara pernikahanmu tidak terlaksana dengan maksimal.

Tentukan Makanan Sesuai dengan Daerah Tempat resepsi

Ada baiknya kamu menyajikan menu makanan sesuati dengan cita rasa masakan asli Indonesia yang berasal dari daerahmu ataupun daerah pasanganmu. Misalnya, daerah Surabaya yang terkenal dengan rujak cingur, Madura dengan makanan khasnya sate, soto yang menjadi ikonik Lamongan, rendang dari Padang, pempek dari tekwan, Solo yang terkenal dengan rasa khas bakso, dan masih banyak lagi masakan Nusantara yang bisa kamu hidangkan di acara istimewamu.

Dengan mengetahui di kota apa pesta pernikahanmu diselenggarakan dan tamu yang berasal dominan dari adat mana, tentunya kamu akan mudah untuk menentukan menu makanan catering pernikahanmu.

Tetapi sebelum makanan disajikan, sebaiknya kamu meminta bagian dapur untuk mencicipi makanan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila ternyata ada beberapa makanan yang memiliki rasa kurang sesuai.

Menu Makanan Bisa Disesuaikan Dengan Tema Pernikahan

Kamu juga bisa menyesuaikan menu makanan dengan tema pernikahanmu. Misalkan tema pernikahanmu bertema Timur Tengah, kamu bisa memilih menu makanan beserta peralatan makanan ala Timur Tengah.

Siapkan Berbagai Variasi Menu Makanan

Pesta pernikahan tentu didatangi oleh berbagai orang dengan beragam usia. Mulai dari anak kecil smapai lansia. Jadi, kamu harus mempersiapkan berbagai jenis variasi makanan yang cocok untuk semua kalangan atau usia. Mulai dari makanan pembuka sampai makanan penutup.

Sajikan Dengan Porsi Secukupnya Saja

Kamu juga harus pintar menentukan porsi hidangan yang akan disajikan dnegan jumlah tamu undangan pernikahan serta jumlah hidangan. Apabila kamu menyajikan beragam hidangan dengan tamu undangan yang tidak banyak, maka permenu haruslah beri porsi yang sedikit atau secukupnya saja. Hal ini agar tamu bisa mencicipi bergam hidangan lainnya

Lakukan Survey Ke Berbagai Jasa Catering Pernikahan

Apabila kamu menggunakan jasa catering pernikahan, kamu juga harus memastikan bahwa jasa catering yang kamu pilih itu tepat, serta menggunakan bahan makanan yang baik dan terjaga kebersihannya.

Contoh Menu Catering Pernikahan Paling Populer

Tips Menentukan Menu Catering Pernikahan
Foto: Khalifa Catering

Setelah beberapa tips yang diberikan diatas, selanjutnya kamu bisa memilih berbagai rekomendasi menu berikut ini sesuai dnegan kriteria atau keinginanmu. Tentunya rekomendasi ini tidak wajib kamu pilih, namun bisa jadi bahan pertimbangan kamu!

Kambing Guling

Kambing guling merupakan menu makanan yang menjadi favorit banyak oprang. Makanan asal Timur Tengah ini bisa menjadikan menjadi menu makanan pilihan di ara pernikahanmu. Tekstur daging yang empuk, cita rasa yang lezat, proses memasak yang membutuhkan waktu lama dan menghasilkan daging kambing yang tidak memiliki aroma kambing menyengat.

Rendang

Menu makanan khas Padang ini memiliki rasa dan tekstur yang pas untuk menjadi menu pilihan di acara pernikahanmu. Proses memasaknya yang lama membuat daging rendang bisa tahan sampai berhari-hari.

Salad Buah

Salad buah merupakan makanan favorit seluruh masyarakat Indonesia. Bahan utamanya yang menggunakan buah-buahan segar diberi tambahan susu, keju, mayonais dan beberapa topping, menjadikan salad buah termasuk hidnagan paling diminati. Bahkan rata-rata, setiap penyedia jasa paket catering pernikahan Surabaya, salad buah menjadi menu promosi andalan.

Ayam Teriyaki

Siapa yang tidak suka dengan daging ayam? Meski daging ayam menjadi pantangan dari beberapa orang, tetapi ayam masih menjadi makanan favorit hingga kini. Nah, apalgi jika daging ayam dipadukan dengan saus teriyaki yang berasal drai Jepang ini, tentu sangat pas menjadi hidangan pernikahanmu.

Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan makanan tradisional yang paling banyak diminati orang Indonesia. bahkan orang luar negeri pun juga menyukai masakan khas Indonesia ini.jadi tidak heran apabila nasi goreng menjadi menu andalan yang bisa anda pilih di paket catering Pernikahan Surabaya.

Es Dawet

Siapa yang tidak mengenal salah satu minuman paling legendaris ini? Saat ini es dawet, sudah mulai dikenal di berbagai daerah Jawa bahkan sampai keluar pulau Jawa. Minuman ini menjadi minuman pilihan untuk hidangan istimewa di acara pernikahanmu.

Gado-gado

Bagi kamu yang tinggal di daerah Surabaya tentu tidak asing dengan makanan tradisional ini. banyak ditemui penjual gado-gado di berbagai tempat di Surabaya. Makanan yang berisi lontong dan sayuran rebus ini menjadi hidangan tradisional paling populer dna banyak dipilih. Selian cara pembuatannya yang simpel, gado-gado juga sangat digemari banyak orang di seluruh wilayah Indonesia.

Softdrink

Softdrink atau disebut dengan air soda merupakan salah satu minuman soda yang menjadi favorit anak muda hingga kini.

Es Buah

Minuman penutup yang sangat simple ini bisa kamu masukkan dalam daftar menu pilihanmu loh! siapa yang tidak suka dengan es buah? Minuman khas Indonesia yang beriis buah-buahan dengan isian bergam buah segar layak menjadi minuman favorit di acar pernikahanmu nanti.

Setelah menyimak uraian diatas, sudahkah kamu menentukan menu pilihannmu untuk catering pernikahan? Jika belum, tentukan sekarang juga dengan matang ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *