anting wanita

Ngeri! Inilah Bahaya Menggunakan Anting Berlian Palsu

Anting berlian merupakan salah satu perhiasan yang sangat diminati oleh sebagian orang terutama perempuan. Salah satu alasannya adalah karena keindahan yang tidak dimiliki oleh perhiasan jenis lainnya. Selain itu, anting tersebut cukup berbeda dari barang sejenisnya, itulah mengapa anting berlian sangat laku di pasaran. Walaupun, faktanya harga anting berlian cukup mahal dibanding anting emas pada umumnya.

Seiring perkembangan zaman, ternyata dalam dunia perhiasan pun mengalami berbagai kemajuan. Hal ini dapat terlihat dari lahirnya teknologi pembuatan perhiasan, hingga munculnya berbagai model atau desain berlian baru yang dapat menunjang penampilan lebih cantik lagi. Namun, dari semua itu kemajuan tersebut terkadang tidak diimbangi dengan kesadaran setiap individunya, bahkan hingga saat ini ada beberapa pihak yang menyalahgunakan kemajuan yang ada untuk kejahatan, terutama dalam tindakan pemalsuan berlian.

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak berlian palsu beredar di pasaran oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk mencari keuntungan sendiri. Jika kamu sering membeli perhiasan dan ingin mengetahui keasliannya bisa melakukan beberapa langkah salah satunya datang ke toko perhiasan langgananmu. 

model anting berlian terbaru
Foto: pexels/The Glorious Studio

Menggunakan anting-anting berlian palsu memang tidak secara langsung membahayakan kesehatan fisik kamu, tetapi ada beberapa risiko dan konsekuensi yang dapat muncul terkait dengan keaslian barang tersebut. Untuk mengantisipasi terjadi hal yang sama, Berikut ini beberapa bahaya menggunakan anting berlian palsu yang wajib kamu ketahui:

  • Dapat menimbulkan alergi dan iritasi pada kulit

Pada dasarnya, perhiasan palsu baik berlian atau pun emas palsu terbuat dari berbagai campuran bahan yang tidak kita tahu kandungannya. Sehingga menjadi penyebab utama gatal bahkan iritasi. Kandungan-kandungan logam berbahaya di dalamnya tidak sesuai prosedur yang telah ditentukan oleh beberapa lembaga terkait. Wajar jika perhiasan palsu sangat dilarang untuk digunakan karena membuat diri kita rugi dalam materi maupun kesehatan.

Saat menggunakan barang palsu, terutama berlian atau perhiasan lainnya, tidak jarang akan mengakibatkan berbagai kemungkinan alergi kulit. Sebab, barang imitasi seperti anting berlian palsu memiliki kandungan zat berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan penyakit serius, mulai dari iritasi kulit, bahkan hal buruk lainnya. Maka dari itu, sebaiknya hindari membeli perhiasan palsu atau barang-barang imitasi untuk digunakan langsung pada kulit, ya.

Alergi kulit
Foto: via verywellhealth
  • Kurang Percaya diri

Seseorang yang menggunakan perhiasan palsu cenderung tidak akan percaya diri. Terutama anting berlian yang secara langsung digunakan di telinga, maka tingkat percaya diri sangat diuji. Akan muncul perasaan khawatir pada suasana tertentu, seperti takut ditanya tentang barang yang ia gunakan atau takut ada orang yang mengetahui barang yang ia gunakan merupakan barang palsu. 

Berbeda dengan orang yang menggunakan perhiasan berlian asli, ia akan jauh lebih percaya diri tanpa harus berpikir dan khawatir atas apa yang ia gunakan. Seseorang yang menggunakan perhiasan asli seperti anting berlian, ia akan jauh lebih fokus dan menikmati suasana yang ada. Hal ini sering kamu lihat di berbagai acara resmi pejabat, pengusaha dan orang-orang penting yang secara penampilan sangat percaya diri.

  • Merugikan orang lain dan diri sendiri

Salah satu bahaya yang ditimbulkan dari menggunakan anting berlian palsu adalah dapat merugikan orang lain dan diri sendiri. Saat kamu terbukti menjual anting berlian palsu ke orang lain, maka secara langsung kamu merugikan orang tersebut dengan menipunya, menganggap bahwa berlian yang kamu miliki asli padahal faktanya perhiasan itu palsu. Dalam hal ini kamu merugikan orang lain dari segi materi. 

Kita tau bahwa berlian atau anting berlian selama ini merupakan perhiasan mahal. Jadi, jangan sembarangan membeli perhiasan tersebut dan usahakan lebih teliti dalam membelinya, terutama untuk persiapan pernikahan atau tunangan. Kamu bisa membeli perhiasan asli dengan mudah di vncojewellery.com.

  • Kerugian Materi

Tidak hanya yang telah dijelaskan di atas, bahaya orang yang menggunakan perhiasan palsu akan merasakan kerugian yang cukup besar terutama dalam hal kerugian materi. Saat kita membeli perhiasan palsu maka ada uang yang dikeluarkan, yang seharusnya uang itu dapat digunakan untuk kepentingan lain seperti ditabung, atau kepentingan lain. Saran yang bisa diberikan adalah jangan memaksakan diri untuk membeli perhiasan seperti anting berlian palsu.

  • Muncul tindakan kriminal

Selain itu, orang yang sering menggunakan perhiasan palsu baik gelang, cincin, kalung dan perhiasan lainnya, maka secara tidak langsung ia akan membuka perilaku kriminal. Saat terbiasa menggunakan barang-barang palsu yang ia beli dengan harga di bawah rata-rata, maka berpeluang untuk membuka tindak kriminal penipuan. Ia akan merasa bahwa yang dilakukannya memiliki peluang memperkaya diri dengan cara menipu banyak orang dengan kemampuannya menjual perhiasan palsu. Maka dari itu, pentingnya berhati-hati jika membeli perhiasan.

  • Reputasi dan Kredibilitas

Menggunakan berlian palsu juga dapat merusak reputasi dan kredibilitas kamu jika orang lain mengetahui bahwa perhiasan yang kamu pakai ternyata palsu. Sehingga, reputasi kamu di depan orang akan menurun bahkan dampak buruknya kamu tidak akan dipercaya lagi. Jangan biarkan hal ini terjadi padamu.

anting-anting berlian
Foto: pixabay
  • Investasi yang Buruk

Kemudian, jika kamu membeli berlian palsu dengan tujuan investasi, ini merupakan keputusan yang tidak baik untuk dilakukan karena berlian palsu tidak memiliki nilai investasi yang tinggi seperti berlian asli. Bahaya jika kamu tetap memaksakan diri untuk menggunakan berlian palsu terutama untuk kado pernikahan.

  • Ketidakpuasan dan Kekecewaan

Menggunakan barang palsu seperti anting berlian imitasi juga bisa menyebabkan perasaan ketidakpuasan dan kekecewaan ketika kamu menyadari bahwa barang yang kamu miliki bukanlah asli. Tidak jarang apabila banyak orang jatuh sakit seperti stres hingga depresi karena melihat perhiasan yang mereka beli ternyata barang palsu.

Oleh karena itu, penting untuk selalu membeli perhiasan dari penjual terpercaya dan memeriksa keaslian berlian dengan sertifikat atau meminta bantuan dari ahli gemologi jika kamu merasa ragu. Menggunakan anting berlian palsu juga bisa merugikan bisnis yang sah dan adil karena mengurangi kepercayaan konsumen terhadap pasar perhiasan.

Alangkah lebih baik kamu tetap menggunakan perhiasan asli walaupun bukan berlian. Dengan begitu, kamu dapat terhindar dari bahaya-bahaya seperti di atas. 

Tidak perlu khawatir, kamu bisa membeli aksesoris apa saja dengan mudah tanpa harus takut tertipu perhiasan palsu. Di vncojewellery.com kamu bisa menemukan semuanya mulai dari berlian, emas, kalung, cincin dan perhiasan lainnya yang bisa kamu jadikan hadiah ulang tahun, kado pernikahan, seserahan pernikahan atau sebagai mas kawin

Terdapat banyak diskon menarik yang bisa kamu dapatkan tanpa syarat tertentu, dijamin garansi uang kembali serta gratis ongkos kirim. Selain itu buat kamu yang belanja perhiasan di vncojewellery.com menggunakan kartu kredit, terdapat cicilan bunga 0 persen.  Cek sekarang juga, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *