kode perhiasan emas

Panduan Lengkap Memahami Kode Perhiasan Emas untuk Pemula

Pernah nggak sih kamu lagi pilih-pilih perhiasan emas terus bingung dengan kode yang tertera di perhiasan tersebut? Tenang aja, kamu nggak sendirian! Banyak orang yang juga bingung soal kode perhiasan emas ini. 

Emas yang merupakan logam mulia memang menjadi salah satu material favorit untuk perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, hingga anting-anting. Akan tetapi, biasanya saat emas tersebut ditempa untuk menjadi perhiasan, terkadang ada bahan campuran logam lainnya yang ditambahkan, sehingga kadar kemurnian emas perhiasan tersebut pun berkurang. 

Nah, di sinilah kode-kode pada perhiasan emas itu bermain peran. Kode perhiasan emas biasanya terdiri dari beberapa kombinasi huruf dan angka yang sebenarnya mudah dipahami jika kamu sudah mengerti maksudnya. Maka dari itu, kali ini kita bakal bahas secara lengkap dan santai tentang kode perhiasan emas supaya kamu nggak bingung lagi. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Apa Itu Kode Perhiasan Emas?

Perhiasan emas wanita asli
Foto: Freepik

Ada macam-macam kode perhiasan emas, biasanya berupa angka atau huruf yang tertera di perhiasan. Kode ini punya fungsi penting, lho! Kode ini menunjukkan kadar emas dalam perhiasan tersebut dan juga asal-usul emasnya. Misalnya, kamu mungkin pernah lihat kode seperti “750”;  “18K”; atau kombinasi angka seperti “UBS”; “KH”; “MT” dan lain sebagainya. Nah, itu bukan sekedar angka atau huruf biasa, tapi punya arti khusus yang penting banget buat kamu tahu.

Lantas, mengapa mengetahui kode perhiasan emas itu penting banget? Tentu supaya kamu nggak salah beli. Dengan mengetahui kadar emas dalam perhiasan, kamu bisa menentukan nilai dan kualitas perhiasan yang kamu beli. Selain itu, kamu juga bisa menghindari penipuan. Misalnya, kalau kamu beli perhiasan yang dibilang “emas 18 karat” tapi nggak ada kode 750 atau 18K, maka kamu patut untuk curiga.

Mengetahui dan memahami kode pada perhiasan emas sangat penting untuk memastikan kamu mendapatkan apa yang kamu bayar. Kode ini membantu kamu menentukan kemurnian emas, yang secara langsung mempengaruhi nilai dan kualitas perhiasan tersebut. Selain itu, kode ini juga membantu mengidentifikasi apakah perhiasan tersebut asli atau palsu.

1. Arti dari Kode-Kode Angka pada Perhiasan Emas 

Arti dari Kode Angka pada Perhiasan Emas
Foto: Lebrusan Studio

Kadar kemurnian emas diukur dengan satuan karat (carat), mulai dari 1 karat (1K) sampai kadar tertinggi adalah 24 karat (24K). Emas 24K atau kadang kodenya ditulis 999 artinya kadar kemurniannya mencapai 99,9 persen seperti emas batangan. Kode ini berarti perhiasan kamu mengandung 99,9 persen emas murni. 

Contoh lainnya, kode emas 18K atau 750. Angka “18K” sendiri berarti 18 karat, sementara apabila kodenya menggunakan angka 750 itu menunjukkan persentase kandungan emasnya yakni 75,0 persen. Sederhananya, untuk menghitung kadar kemurnian emas, kamu bisa membagi angkanya dengan bilangan 24 yang menunjukkan karat tertinggi.  Misal, untuk emas 14 karat, maka jika dipersentasekan kadar emasnya adalah: 14 dibagi 24 lalu dikali 100 sebagai bilangan konversi, hasilnya menjadi 58,5 persen. Atau, ditulis dalam kode emas 585 atau 14K.  

Kedua cara penulisan  kode ini artinya sama saja, biasanya perhiasan emas asli menuliskan salah satu kode itu pada bagian dalam perhiasan yang datar permukaannya. Seperti pada bagian dalam lingkar cincin, di sisi dalam gelang emas, pada pengait rantai kalung emas, atau  pada permukaan datar di perhiasan tersebut yang dicetak dengan ukuran yang sangat kecil.  Selain emas 24K, ada pula jenis-jenis emas lainnya yang mungkin kamu temui di toko perhiasan emas yang bisa ditulis dengan kode 22K atau 916, 18K atau 750, dan seterusnya. 

macam macam kode emas
Foto: iStock

Kode Kadar Emas

Untuk memudahkanmu dalam menerjemahkah maksud dari angka-angka tersebut, berikut daftar kode-kode yang menunjukkan kadar kemurnian perhiasan emas: 

  • Kode 999 atau 24K

Ini adalah kode tertinggi untuk logam mulia emas, artinya perhiasan tersebut mengandung 99% emas murni. Perhiasan emas 24 karat ini tentu memiliki nilai investasi yang tinggi karena mengandung emas murni. Namun, untuk penggunaan sehari-hari yang melibatkan aktivitas fisik yang berat tidak disarankan karena perhiasan emas 24K relatif lunak dan mudah rusak.  

  • Kode 958 atau 23K : kadar kemurnian emas 23 karat atau mengandung 95,8 persen emas murni.
  • Kode 916 atau 22K: kadar kemurnian emas 22 karat, kandungan emasnya 91,6 persen. 
  • Kode 875 atau 21K: kadar kemurnian emas 21 karat atau mengandung 87,5 persen emas murni.
  • Kode 750 atau 18K: kadar kemurnian emas 18 karat atau mengandung 75 persen emas murni, sisanya campuran logam lain.
  • Kode 585 atau 14K: kadar kemurnian emas 14 karat atau mengandung 58,5 persen emas murni, sisanya campuran logam lain.
  • Kode 416 atau 10K: kadar kemurnian emas 10 karat atau mengandung 41,6 persen emas murni, sisanya campuran logam lain.
  • Kode 375 atau 9K: kadar kemurnian emas 9 karat atau mengandung 37,5 persen emas murni, sisanya campuran logam lain.
  • Kode 333 atau 8K: kadar kemurnian emas 8 karat atau mengandung 33,3 persen emas murni, sisanya campuran logam lain.
  • Kode 250 atau 6K: kadar kemurnian emas 6 karat atau mengandung 25 persen emas murni, sisanya campuran logam lain.
  • Kode 200 atau 5K: kadar kemurnian emas 5 karat atau mengandung 20 persen emas murni, sisanya campuran logam lain.

Pada prinsipnya, kalau kamu lihat kode-kode tersebut, itu artinya semakin kecil angkanya, maka semakin rendah kadar emasnya. Harga perhiasan emas itu pun akan relatif lebih terjangkau daripada yang memiliki kode dengan angka yang lebih besar. 

Selain itu, hal ini biasanya berbanding lurus pula dengan kekuatan perhiasan emas itu. Di mana emas yang karatnya rendah biasanya lebih kuat dan tahan dari kerusakan fisik karena kandungan logam campurannya lebih banyak. Namun dari segi value, tentu kualitasnya lebih rendah daripada perhiasan emas dengan karat yang lebih tinggi. 

2. Arti Kode Huruf pada Perhiasan Emas

kode pada emas
Foto: hobikoe

Ketika hendak membeli emas, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan yang terkait identitas emas tersebut, antara lain: kadar kemurnian emas, pabrik asal, serta metode pembuatannya. Baik emas batangan maupun perhiasan emas asli tentu memiliki informasi tersebut yang dapat ditandai dengan kode-kode. Namun, sedikit berbeda dari kode angka yang bersifat lebih universal, kode huruf pada perhiasan emas bisa memiliki beberapa arti tergantung pada konteks dan negara.

Di pasar emas global, umumnya kode huruf yang tercantum menunjukkan kadar kemurnian emas dan metode pembuatannya. Berikut adalah beberapa arti umum:

  1. K atau kt: Menunjukkan karat dari emas. Misalnya, 18K atau 18kt berarti 18 karat.
  2. P: Menunjukkan tingkat kemurnian emas dengan tepat. Misalnya, 10KP menunjukkan bahwa emas tersebut memiliki kemurnian sebesar 41,7%.
  3. GF (Gold Filled): Menunjukkan bahwa perhiasan tersebut dibuat dengan lapisan emas yang lebih tebal dibandingkan dengan gold plating. Biasanya, ini berarti bahwa lapisan emas membentuk setidaknya 5% dari total berat perhiasan.
  4. GP (Gold Plated): Menunjukkan bahwa perhiasan tersebut hanya dilapisi emas, lapisan ini biasanya sangat tipis.
  5. EP (Electroplated): Sama seperti GP, ini berarti perhiasan tersebut dilapisi dengan emas melalui proses elektrolisis.
  6. HGE (Heavy Gold Electroplate): Menunjukkan bahwa perhiasan tersebut memiliki lapisan emas yang lebih tebal dibandingkan dengan GP atau EP.

Di Indonesia sendiri, kode huruf pada emas menunjukkan identitas perusahaan yang memproduksi emas tersebut. Jadi, jangan heran apabila kamu mendapati perhiasan emas yang memiliki kode berbeda, karena bisa jadi asal emas itu pun berbeda tempat produksinya. Berikut beberapa kode huruf pada perhiasan emas yang banyak beredar di Indonesia:

  • UBS : ini adalah emas yang diproduksi oleh UBS Gold (PT Untung Bersama Sejahtera)
  • MT : diproduksi oleh MT Jewelry
  • KH : diproduksi oleh PT King Halim.
  • Selain itu ada juga Lotus, PR, LGT, HT, DY, RS, HWT, BMW, MG, dan masih banyak lagi.

3. Arti Kode Huruf pada Emas Putih

Gelang berlian
White gold Diamond bangle – V&Co Jewellery

Beda lagi untuk emas putih (white gold). Kode pada perhiasan emas putih menunjukkan logam pembuatannya.   

  • PT : perhiasan emas putih terbuat dari platinum.
  • PD : perhiasan emas putih terbuat dari palladium.
  • WG : perhiasan emas putih terbuat dari emas putih.
  • WP : perhiasan emas putih terbuat dari platinum putih.

Selain memahami arti kode huruf pada perhiasan emas putih, kamu juga perlu mengenali kode angkanya. Misalnya, 14K menunjukkan bahwa kemurnian emas dalam perhiasan tersebut adalah 14 karat, atau 58,3 persen, dengan sisa 41,7 persen  merupakan campuran logam lain. Sementara itu, 18K berarti perhiasan emas putih memiliki kemurnian 18 karat, yang berarti 75 persen dari perhiasan tersebut adalah emas murni, dan 25 persen sisanya adalah campuran logam lainnya.

Tips Memilih Perhiasan Emas

kode emas asli pada gelang dan kalung
Foto: iStock
  • Periksa Kode dengan Telit – Sebelum beli, pastikan kamu cek kode perhiasannya. Kode-kode ini biasanya sangat kecil dan sulit dilihat dengan mata telanjang, jadi kalau perlu, bawa kaca pembesar biar lebih jelas membacanya.
  • Beli di Toko Terpercaya – Selalu beli perhiasan di toko yang punya reputasi baik. Mereka biasanya lebih jujur dan menyediakan perhiasan berkualitas.
  • Tanya Sertifikat Keaslian – Toko perhiasan yang baik biasanya menyediakan sertifikat keaslian yang menjelaskan detail perhiasan termasuk kadar emasnya.
  • Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Budget – Pilih perhiasan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu. Jangan terlalu memaksakan beli yang mahal kalau bisa dapat yang lebih sesuai.

Sekarang, kamu sudah lebih paham tentang kode perhiasan emas, kan? Jadi, nggak perlu bingung lagi kalau lihat angka-angka dan huruf di perhiasan kamu. Dengan pengetahuan ini, kamu bisa lebih percaya diri dan cerdas dalam memilih perhiasan emas yang berkualitas. Ingat, yang paling penting adalah memilih perhiasan yang sesuai dengan gaya dan kepribadian kamu dan belilah emas di toko emas yang kredibel seperti V&Co Jewellery. Happy shopping!