Dalam pembuatan cincin, tidak hanya melihat desain dan bahan saja. Kamu harus bisa menentukan kadar emas yang tepat. Hal ini juga akan mempengaruhi ke harga dan kualitas dari cincin yang kamu pilih. Kami memberikan rekomendasi cincin emas 22 karat dengan kualitas terbaik dari V&Co Jewellery. Apakah kamu berminat?

Umumnya, kadar emas cincin disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Semakin tinggi kadar emas yang di pilih maka akan semakin mahal harganya. Kamu harus mengetahui beberapa elemen mengenai kadar emas yang terbaik dan berkualitas untuk cincin pilihanmu agar sesuai dengan budget dan keinginan.

Sebelum mengetahui jenis-jenis emas yang dijual di pasaran, ada faktor penting dalam menentukan nilai emas, yaitu kadar dan karat. Karat artinya pengukuran yang dilakukan untuk menentukan tingkat kemurnian emas. Mengapa kamu harus tahu ? Paling nyata adalah penipuan kandungan kadar emas di dalam perhiasan yang dilakukan oleh pihak toko emas.

Beberapa Angka Karat yang Tepat Untuk Cincin?

Pertanyaan ini sangat mendasar untuk kamu yang sedang mencari cincin emas. Seberapa berapa kadar emas yang tepat untuk cincin pilihanmu? Biasanya kadar emas yang dipakai dimulai dari 18 karat, 22 karat, 23 karat sampai 24 karat. Pemilihan karat pastinya dilihat dari budget. Semakin banyak kandungan emasnya pasti semakin mahal harganya. 

Tetapi, jika kamu memiliki pertimbangan lain dengan memilih cincin emas 24 karat, yang pada dasarnya bukan pilihan yang tepat untuk cincin yang kamu pakai sehari-hari. Kenapa? cincin emas dengan kadar 24 karat adalah emas murni dan mayoritas menjadi pilihan orang-orang yang ingin berinvestasi saja dalam bentuk emas batang.

Dan emas murni juga memiliki fisik yang lunak, jadi tidak akan bertahan lama jika dijadikan perhiasan. Apalagi cincin emas yang akan kamu gunakan setiap harinya, cincin tersebut tidak akan tahan lama, mudah rusak, dan mudah tergores. Pemakaian sehari-hari lebih baik jangan memakai emas yang terlalu murni.

Perhiasan emas yang berkualitas bagus ada di kadar 75% sampai 90% alias 18 sampai 22 karat. Meskipun emas murni bernilai tinggi tetapi bukan berarti cocok dijadikan perhiasan. Emas dengan 22 karat dan berat 15 gram maka kandungan emas murninya adalah 22/24 x 15 = 13.75 gram.

Harga 22 karat di pasaran :

Harga Cincin Emas asli model lempeng kotak Kadar 700 Emas 22 karatRp999.000
Harga cincin emas 22 karat mutiara laut asli lombok originalRp1.850.000
Harga Cincin Emas asli model cristal Kadar 700 Emas 22 karat Berat 1.25 gramRp1.328.200
Harga cincin emas 22 karatRp880.000

Kelebihan Emas 22 Karat

Harga emas 22 karat sangat dinamis dan murah. Namun, bisa berubah dalam waktu yang relatif cepat. Langkah terbaik jika kamu ingin membeli emas 22 karat adalah dengan mendatangi toko emasnya langsung.

Umumnya, emas 22 karat juga bisa dijadikan sebuah alat untuk investasi. Pasalnya, emas dengan kandungan nilai sebesar 90,60% hingga 94,79%, dan sisa kandungan biasanya dicampur logam lain, seperti perak.

Jika bicara soal investasi emas maka pilihan terbaik adalah emas batangan dengan kadar murni 24 karat. Harga emas ini memang paling tinggi namun penjualan emas ini juga akan memberikan keuntungan lebih kepada pemiliknya.

Namun banyak pula yang menyukai berinvestasi dengan perhiasan emas. Pasalnya, fungsinya lebih dari sekedar instrumen investasi. Perhiasan dengan material logam mulia ini salah satunya disukai karena bisa digunakan mempercantik diri.

Harga emas karat 22 juga jelas lebih rendah dibandingkan emas murni. Apalagi harga emas 22 karat per gram lebih murah dibandingkan kadar murni.

Namun jika prioritas utamamu adalah investasi maka sebaiknya dahulukan membeli emas batangan. Nantinya jika kondisi keuangan sudah memungkinkan barulah membeli perhiasan emas untuk menjaga penampilanmu.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin