Bagi wanita perhiasan adalah barang idaman untuk dimiliki, menggenggam perhiasan ibarat mempunyai harta karun yang tidak ternilai. Namun, pernah kah kamu mendengar cincin emas muda atau cincin emas tua? Apakah cincin tersebut memiliki perbedaan? Yuk simak artikelnya di bawah ini.

Emas adalah salah satu logam yang paling sering digunakan untuk perhiasan. Emas muda dan emas tua hanyalah mengenai penamaan. Istilah ini pun hanya familiar di kalangan dunia emas Indonesia, sedangkan di luar negeri tidak ada istilah demikian. Emas tua juga tidak mengartikan emas yang usianya sudah tua.

Emas adalah logam yang sangat lunak. Saat akan dibentuk menjadi perhiasan, emas harus dicampur dengan logam lain untuk membuatnya lebih kuat. Emas muda dan emas tua ini adalah istilah yang biasa digunakan untuk menyebut kadar emas dalam suatu perhiasan.

Emas muda adalah perhiasan yang memilki kadar emas di bawah 42%, sedangkan emas tua adalah perhiasan dengan kadar emas di atas 42%. 

Perbedaan Cincin Emas Muda dan Emas Tua

Mana Pilihan Terbaik, Cincin Emas Muda atau Cincin Emas Tua?
etsy.com

Emas muda adalah perhiasan yang memiliki kadar emas di bawah 42%, sementara emas tua merupakan perhiasan dengan kadar emas di atas 42%. Kesimpulannya, emas muda memiliki campuran emas lebih sedikit dibanding campuran logam lain saat dibentuk menjadi perhiasan dan emas tua memiliki kandungan emas lebih banyak daripada logam lainnya.

Kadar emas pada emas tua dan emas muda memiliki perbedaan sehingga berpengaruh terhadap harga jualnya. Emas muda memiliki harga yang lebih terjangkau karena kandungan emasnya lebih sedikit, sedangkan emas tua harganya cukup mahal karena memiliki kandungan emas yang tinggi.

Karena emas muda lebih terjangkau dan sangat menguntungkan, maka apa salahnya jika dimanfaatkan sebagai perhiasan yaitu cincin. Walaupun terjangkau harganya tetapi memiliki kualitas yang baik.

Jika kamu ingin mengetahui perbedaan antara emas muda dan emas tua yaitu dengan melihat kode yang terdapat di perhiasan tersebut. Kamu bisa melihat adanya angka terukir kecil menunjukkan kadar dari cincin emas tersebut. Misalnya, angka 150 atau 300 berarti memiliki kadar emas 15% dan 30% dan angka 750 dan 700 yang menunjukkan kadar emas 75% dan 70%.

Kemurnian Karat Emas

watny1.com

Karat adalah istilah yang digunakan untuk mengukur kadar emas dalam perhiasan. Besarnya karat pada perhiasan yaitu memberikan tanda seberapa besar kandungan emas murni yang terdapat pada sebuah perhiasan tersebut. Jika sebuah emas memiliki 24 karat, yaitu kandungan emas murninya sekitar 99.00% sampai 99.99%.

Di bawah ini merupakan daftar perhitungan sebuah karat dan kandung emas emas murni.

  •       24 Karat = 99,00% – 99,99%
  •       23 Karat = 94,80% – 98,89%
  •       22 Karat = 90,60% – 94,79%
  •       21 Karat = 86,50% – 90,59%
  •       20 Karat = 82,30% – 86,49%
  •       19 Karat = 78,20% – 82,29%
  •       18 Karat = 75,40% – 78,19%
  •       14 Karat = 58,3% – 41,7%
  •       10 Karat = 41,7% – 58,3%

 Emas dengan Karat Tinggi Belum Tentu Baik Dijadikan Perhiasan

Jika ingin membeli emas, kamu pasti ingin memilih perhiasan yang sesuai dan tidak memiliki kadar emas yang rendah. Lalu, apakah lebih baik membeli emas dengan karat yang tinggi? Jawabannya belum tentu baik karat emas yang tinggi dijadikan sebuah perhiasan.

Emas dengan 24 karat memiliki kadar kemurnian yang tinggi, namun emas 24 karat akan mudah berubah bentuk jika dimanfaatkan sebagai perhiasan. Karena emas 24 karat memiliki sifat yang lunak sehingga tidak cocok digunakan untuk perhiasan.

Karena hal tersebut, kebanyakan ahli perhiasan menilai emas 18 karat merupakan standar kadar kemurnian emas yang ideal untuk dijadikan perhiasan, seperti V&Co Jewellery memilih cincin dengan 18 karat untuk kualitas terbaik. Emas 18 karat dinilai sudah cukup kuat dan tidak mudah berubah bentuk, memiliki nilai emas yang tinggi juga.

Kadar emas ini mempengaruhi harga di pasaran. Emas tua karena memiliki kadar emas yang tinggi sehingga memiliki harga yang lebih tinggi, sedangkan emas muda yang kadar emasnya lebih sedikit memiliki harga yang relatif lebih murah daripada emas tua. Namun, apakah semakin murni emas akan semakin bagus kualitasnya?

Kelebihan Cincin Emas Muda

Emas muda sendiri memiliki kelebihan terutama dari sisi harganya yang relatif murah jika dibandingkan dengan emas tua. Emas muda justru tidak kalah bersaing pamornya dengan emas tua. Berikut ini beberapa keunggulan saat kamu memilih cincin emas muda.

1. Investasi

Emas selalu menjadi pilihan terbaik jika kamu ingin berinvestasi jangka panjang. Harga emas relatif stabil bahkan selalu naik. Karena hal tersebut emas selalu menjadi pilihan oleh banyak orang, apalagi di saat pandemi seperti ini. Harga emas di tahun 2021 telah menyentuh sampai Rp 1 juta rupiah per gramnya.

Namun, sebelum kamu berinvestasi, sebaiknya pahami terlebih dahulu agar investasi kamu menguntungkan dan tidak rugi. Jangan takut untuk mencoba emas muda sebagai modal investasi awal kamu. Emas adalah emas, masih akan tetap mungkin dapat menjadi investasi selama demand pasar cukup besar untuk barang ini.

2. Harga

Emas muda memiliki kelebihan karena memiliki harga yang ramah di kantong dibandingkan dengan emas tua. Dalam dunia emas persentase campuran emas masih menjadi patokan harga. Karena hal itu, menyebabkan harga emas muda lebih murah, meskipun aspek lain seperti kualitas emas itu sendiri juga mesti diperhatikan.

Bagi kamu yang pemula, emas muda bisa menjadi alternatif perhiasan emas yang pantas dicoba. Sebab, kamu tidak akan merogoh harga terlalu dalam untuk sekedar mendapatkan sekeping perhiasan emas. Karen harga emas muda bisa berubah mahal, apabila emas yang kamu beli berkualitas tinggi dan memiliki sertifikat.

3. Tidak Mudah Rusak

Kelebihan emas muda saat dicampurkan dengan logam lain yang lebih banyak, akan lebih tahan lama dan awet. Hal ini lebih baik jika dibandingkan dengan emas tua atau emas 24 karat. Sebagai informasi, emas murni justru memiliki tekstur lembek. 

Nah, dears jika kamu ingin membeli cincin nikah, disarankan membeli emas dengan karat lebih rendah. Emas muda akan lebih keras karena kadar karatnya yang rendah dan cocok dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Emas muda ini jika dicampur dengan bahan lain, seperti berlian, tidak akan cepat rusak.

4. Memiliki Variasi Model yang Banyak

Emas muda memiliki kelebihan dari sisi warna. Bagi kamu yang menginginkan perhiasan cincin dengan warna lain seperti rose gold atau emas putih, maka emas muda menjadi pilihan tepat untuk kamu. Campuran yang digunakan mempengaruhi warna yang dihasilkan pada perhiasan emas. Perhiasan emas sendiri biasanya dikombinasikan dengan campuran bahan lain seperti nikel, palladium, dan sebagainya.

Jika kamu lebih memilih membeli cincin emas di toko online kamu dapat melihat keterangan karat yang disediakan di caption gambar. Biasanya penjual akan menyertakan berapa karat dan bahan campuran apa yang digunakan untuk membuat perhiasan tersebut. Di toko online juga kamu dapat melihat berbagai pilihan model dan warna yang unik dari perhiasan berbahan dasar emas muda tersebut.

Seperti di toko V&Co Jewellery yang akan memberikan kamu rekomendasi cincin terbaik dengan memiliki variasi warna dan model yang banyak, tentu saja dengan harga yang ramah di kantong sangat menarik, bukan? tunggu apa lagi, dears.

Semoga penjelasan di atas sedikit demi sedikit membantu kamu untuk memahami emas muda lebih lanjut. Siapa tahu emas muda menjadi pilihan yang cocok untuk kamu.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin