Sudah banyak pasangan yang memilih cincin nikah dengan material titanium. Memiliki sifat yang tidak mudah rusak, tahan lama dan ringan membuat logam mulia ini kian banyak menghiasi jari mempelai laki-laki dan perempuan.

Seiring dengan perkembangan zaman, industri perhiasan atau aksesoris pun semakin menawarkan produk dengan berbagai macam jenis berdasarkan bahan yang ada untuk memenuhi kebutuhan kamu seperti pernikahan. Perhiasan titanium merupakan salah satu aksesori yang cukup digemari untuk dijadikan cincin nikah.

Dengan berbagai macam kelebihan titanium yang terbilang cukup banyak, menjadikan titanium memiliki permintaan yang pesat pada toko-toko perhiasan yang menyediakannya.

Apa Itu Cincin Titanium?

Titanium merupakan jenis perhiasan yang menggunakan Titanium sebagai bahan penyusunnya. Material ini digemari karena bahannya yang merupakan logam bersifat ringan namun memiliki kekuatan yang kurang lebih sama seperti baja. Selain itu material titanium ini juga memiliki sifat tidak mudah berkarat jadi cocok untuk digunakan dalam sehari-hari.

Karena jika sebuah perhiasan sudah berkarat, tentu akan berbahaya juga untuk kulit orang yang memakainya. Tidak mau kan niat menggunakan sebuah perhiasan agar terlihat lebih modis dan menarik menjadi berbanding terbalik dikarenakan kulit yang gatal dan kemerahan karena terkena perhiasan yang berkarat?

Karena hal itu sifat-sifat Titanium yang sangat bagus untuk dijadikan perhiasan khususnya cincin, maka harga untuk cincin berbahan Titanium juga dapat dikatakan lebih tinggi daripada beberapa perhiasan lainnya.

Alasan Titanium Dijadikan Perhiasan

Titanium bisa dimanfaatkan menjadi perhiasan seperti kalung, cincin, anting, dan gelang. Biasanya titanium juga dibuat untuk cincin nikah dengan ukiran nama yang melekat di cincin tersebut. Cincin ini sangat romantis jika digunakan sebagai material cincin nikah kamu dan pasangan

Soal bisnis, prospeknya pun sangat banyak diminati masyarakat. Terlebih lagi keuntungannya bisa berlipat apabila dikenal oleh kolektor perhiasan. Perhiasan tidak harus mahal karena ada bahan yang bisa membuatnya terjangkau, termasuk titanium. Harga yang terjangkau bisa menjadi pertimbangan penting ketika kamu ingin membeli sebuah perhiasan.

Sebut saja satu gram emas yang bisa mencapai harga Rp 1 juta per gram. Ada juga bahan perak yang mencapai ratusan ribu per gram. Bahkan berlian yang bisa mencapai belasan juta untuk setiap karatnya.

Kamu bisa membeli perhiasan dari titanium dengan harga yang lebih terjangkau. Jika dilihat di berbagai toko online harganya mulai dari puluhan sampai ratusan ribu rupiah per gram.

Cincin titanium juga saat ini sedang naik daun karena dianggap lebih modern daripada yang berbahan emas. Bahan titanium ini banyak digunakan untuk cincin nikah dengan desain yang beragam. Namun, ternyata tidak banyak yang tahu mengenai apa itu sebenarnya cincin nikah titanium.

Berikut ini adalah ulasan secara lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan cincin nikah titanium.

Kelebihan Cincin Titanium

Cincin yang terbuat dari bahan utama Titanium memang memiliki cukup banyak kelebihan. Tetapi bagaimana pun juga, sebuah cincin sebagus apapun itu pasti juga memiliki kekurangan yang harus diketahui. Karena jika kita asal membeli sebuah barang tanpa mengetahui apa kekurangannya, kelak jika terlambat tentu tidak ada yang bisa dilakukan.

1. Karakteristik yang Unik

Cincin dengan material Titanium digemari karena sifat bahannya yang ringan. Meski ringan, bahan logam ini ternyata punya kekuatan kurang lebih mirip seperti baja. Tentu saja sangat cocok dipakai sebagai cincin nikah kamu dan pasangan.

Salah satu karakteristik dari cincin nikah adalah harus tahan lama. Perlu diingat bahwa cincin nikah harus dipakai kemana-mana dan untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Kalau bahan yang dipakai tidak kuat, tentunya cincin akan mudah rusak.

Kondisi ini bisa merugikan kamu apalagi pasangan. Begitu pula jika ingin menjadikannya sebagai koleksi. Tentu harus dipastikan kuat dan tahan lama.

2. Tidak Membuat Alergi

Kelebihan cincin nikah dari titanium yang berikutnya adalah tidak menyebabkan alergi pada kulit. Titanium merupakan logam yang tidak menimbulkan alergi, sehingga aman untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan cincin nikah. Bahan titanium mempunyai sifat yang anti karat, sehingga tidak menimbulkan alergi pada kulit sensitif sekaligus.

Cincin nikah titanium dapat dijadikan sebagai pilihan bagi pasangan yang mempunyai alergi terhadap emas. Kualitas dari cincin titanium juga tergolong baik, sehingga tepat untuk menggantikan bahan emas atau perak.

3. Tidak Mudah Berkarat

Titanium merupakan logam yang mempunyai karakteristik anti karat. Cincin nikah dari bahan titanium tidak membutuhkan perawatan yang sulit agar bertahan lama. cincin nikah yang berbahan titanium juga tidak akan berubah warna meskipun dipakai dalam jangka lama.

Banyak orang yang merasa malas untuk melakukan perawatan pada cincin. Apalagi memang ada sebagian bahan perhiasan yang harus betul-betul dirawat. Bila tidak cincin tersebut akan dengan mudah mengalami karat. Kamu bisa memilih material cincin titanium ini sebagai pilihan yang tepat untuk cincin nikah.

Kekurangan Cincin Titanium

Selain memiliki kelebihan, tentunya cincin titanium juga memiliki kekurangan yang perlu kamu ketahui agar bisa menghindari apa yang sekiranya cukup perlu untuk kamu pertimbangkan. Berikut beberapa kekurangannya:

1. Tidak Dapat Digabungkan dengan Permata Lain

Cincin biasanya dibuat sedemikian rupa supaya sesuai dengan desain dan keinginan kamu. Tak hanya bentuknya yang mungkin sedikit ubah, kamu juga mungkin menyematkan beberapa tambahan elemen misalnya berlian atau batu permata.

Namun sebaiknya kamu tidak memakai bahan tersebut karena pada saat pembuatannya, bahan harus dipanaskan dalam temperature tinggi agar bisa menaruh berlian tersebut. Namun kondisi ini bisa merusak logam dalam titanium.

Maka sering kali kamu akan menemukan cincin titanium yang modelnya sederhana. Biasanya modelnya ukiran nama pasangan jika digunakan untuk cincin nikah. Atau mungkin dibentuk dengan aksen tertentu. Sangat jarang bila kamu menemukan cincin bahan titanium yang memiliki batu berlian dan permata.

2. Sulit Diubah Bentuknya

Cincin Titanium adalah merupakan logam yang bersifat ringan namun memiliki kekuatan yang kurang lebih sama seperti baja. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa cincin dengan bahan utama Titanium akan sedikit sulit untuk diubah-ubah bentuknya.

Usahakan jika memang menjadikan perhiasan ini pilihan kalian sudah benar-benar menentukan ukuran cincin. Karena jika sudah terlanjur dan perhiasan sudah jadi tetapi terdapat permasalah seperti cincin terlalu besar atau terlau kecil, bentuk cincin tidak akan lagi bisa diubah sesuai keinginan mengingat bahan dari Titanium sendiri yang memang terlalu kuat.

Apakah kamu tertarik membeli cincin nikah dengan berbahan dasar titanium?

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin