Bahan cincin nikah unik

Material Logam untuk Membuat Cincin Nikah yang Unik

Semua orang pastinya sudah tahu, kalau cincin nikah merupakan salah satu hal terpenting dalam pernikahan, namun biasanya apa bahan cincin nikah unik tersebut? Cincin nikah sendiri memiliki makna sebagai ikatan, simbol saling melengkapi, dan simbol cinta. Karena sifatnya yang spesial dan tiada duanya itulah, banyak orang menginginkan cincin nikah unik yang tidak ada duanya.

Ada berbagai cara untuk membuat cincin nikah unik milikmu sendiri, mulai dari memilih batu mulia yang berbeda dari biasanya, memesan cincin dengan motif rumit atau desain yang tidak biasa, dan sebagainya. Akan tetapi, bila kamu butuh yang lebih sederhana dan bermain-main dengan bahan saja, kamu bisa mencoba beberapa bahan ini supaya cincin nikah yang akan kamu kenakan jadi lebih unik lagi:

  1. Perak (silver)

Jika kamu sedang mencari bahan cincin nikah unik yang mudah ditemukan dan harganya terjangkau, mungkin cincin berbahan perak (silver) ini bisa menjadi pilihanmu! Perak memiliki sifat yang lembut, dalam artian logam mulia yang satu ini mudah dibentuk dan berbahan ringan. Jika kamu memiliki desain sendiri untuk cincin nikah unik pilihanmu, cincin perak bisa jadi salah satu solusi yang tepat, karena bahan yang mudah dibentuk, ringan, dan praktis. Hal ini akan lebih membantu kamu dalam hal mendesain cincin nikah unik yang belum pernah dibuat sebelumnya.

Meskipun memiliki sifat yang mudah dibentuk, cincin berbahan perak sayangnya mudah tergores dan warnanya mudah luntur. Namun, kamu tidak perlu khawatir, ketika kamu membuat cincin nikah unik kamu sendiri sebaiknya kamu menambahkan bahan lain seperti rhodium agar warna yang dimiliki si cincinmu itu bisa tahan lebih lama dan tidak mudah pudar. Hal ini seringkali diantisipasi oleh toko-toko yang menjual cincin perak dengan menerima jasa repolish (poles ulang) untuk mengembalikan cincin unik pernikahanmu agar kembali berkilau dan menawan. Jadi, tunggu apa lagi?

  • Emas murni 10, 14, 18, dan 22 Karat

Mungkin cincin nikah berbahan emas bisa jadi pilihan untuk mendapatkan cincin nikah unik yang kamu inginkan. Emas memiliki harga jual kembali yang tinggi ketimbang cincin dari logam mulia lainnya dan sangat mudah ditemukan. Memiliki sifat yang tahan akan perubahan kimia, cincin nikah unik dari emas pun akan menjadi perhiasan yang tahan lama dan akan setia menemani setiap perjalanan hidup kamu.

Tentu saja, perawatan berkala akan diperlukan kendati bahannya sendiri sudah tahan lama, karena semua kilau logam mulia akan hilang setelah pemakaian bertahun-tahun. Namun, bila kamu membeli cincin nikah berbahan emas, kamu tidak perlu sering-sering memoles ulang cincin, karena rata-rata cincin emas memiliki kilau yang tahan, minimal 4 tahun!

Baca: Cincin Dengan Bahan Material Terkuat dan Tahan Lama

  • Platinum, Lambang Cinta Murni dan Abadi

Jika kamu mencari cincin nikah unik yang terlihat menawan dan mewah mungkin cincin berbahan platinum bisa menjadi pilihanmu.

Logam putih ini memiliki kelebihan yang unik, seperti tidak mudah korosi, tidak mudah keausan, tampilan yang elegan dan tidak menyebabkan alergi pada kulit saat kamu memakainya. Apakah kamu ingin membuat cincin nikah unik yang mewah? Emas putih bisa jadi pilihanmu!

  • Tungsten Karbida, yang berat dan tahan gores!

Cincin nikah unik berbahan tungsten karbida bisa saja yang kamu cari selama ini. Tungsten karbida memiliki sifat yang unik, yaitu mempunyai titik lebur logamĀ  yang tinggi, sehingga tungsten karbida ini mudah dibentuk, tahan lama dan tidak mudah tergores. Proses pembuatan cincin dari tungsten karbida sendiri berbeda dengan yang lainnya, yaitu dengan menggunakan teknologi laser.

Tungsten karbida bisa jadi pilihan alternatif cincin nikah unik pilihanmu karena memiliki sifat yang tahan lama, tidak mudah berkarat atau pun bernoda, dan hal yang terpenting adalah harga dari tungsten karbida yang cukup terjangkau. Sehingga, kamu pun bisa memiliki cincin nikah unik tanpa menguras dompetmu terlalu dalam!

Bagaimana penjelasan di atas? Apakah kamu masih bingung untuk menentukan pilihan untuk cincin nikah unik pilihanmu? Semua bahan tentunya memiliki penggemarnya sendiri dan kekhususan yang berbeda-beda. Karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, sebaiknya kamu lebih jeli, ya, untuk memilih memilih dan memutuskan untuk cincin nikah unik pilihan kamu!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.