7 Tips Memilih Model Cincin Nikah Emas yang Tepat

7 Tips Memilih Model Cincin Nikah Emas yang Tepat

Cincin nikah adalah pengikat janji suci antara pria dan wanita yang nantinya akan selalu dikenakan. Cincin ini akan menjadi simbol diri kamu dan pasangan. Jadi, tidak boleh gegabah dalam memilih model cincin nikah emas yang akan kamu kenakan nantinya. Perlu berbagai pertimbangan yang matang sebelum kamu memilihnya. Agar kamu tidak salah pilih, berikut ini tips memilih model cincin nikah emas yang tepat.

Tips Memilih Model Cincin Nikah Emas

  1. Mulai mencari dari jauh hari

    Ini adalah langkah awal yang perlu diperhatikan sebelum kamu memilih model cincin nikah emas yang akan kamu pakai. Pastikan kamu memilih modelnya minimal 2 bulan sebelum hari pernikahan kamu. Hal ini dikarenakan rata-rata toko cincin nikah menjual cincin ini dalam sistem Pre-order yang waktunya kurang lebih 1 bulan. Untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan ukuran jari atau revisi-revisi lainnya, kamu perlu waktu lebih lagi. Oleh karena itu, pastikan dari jauh-jauh hari kamu sudah mengunjungi toko cincin nikah pilihanmu.

  2. Menyesuaikan budget

    Satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan sebelum menemui vendor cincin nikahmu adalah menentukan terlebih dahulu berapa budget yang tepat. Memangnya, berapa sih budget untuk cincin nikah? Untuk cincin nikah sederhana, kamu bisa mendapatkannya dari kisaran harga 4-8jt dengan model yang sederhana. Namun, bila kamu ingin memiliki cincin nikah mewah yang eksklusif, kamu perlu memiliki budget hingga 40jt lebih. Tentunya, semua tergantung dengan konsep dan keinginan kamu dan pasangan.

  3. Memilih bahan logam cincin

    Umumnya cincin nikah terbuat dari logam emas kuning. Seiring berjalannya tren, cincin emas tidak hanya berwarna kuning namun ada juga yang berwarna rose gold dan putih. Selain emas, material lain juga tak jarang dijadikan sebagai bahan cincin nikah seperti perak, platina, palladium hingga titanium. Berbeda logam yang dipakai tentunya akan mempengaruhi terhadap harga cincin nikah yang akan kamu miliki.

  4. Memilih cincin sesuai karakter

    Memilih model cincin selain dari budget dan logam juga perlu mempertimbangkan desainnya. Pastikan kamu memilih desain yang sesuai dengan karakter dan kepribadian kamu. Misalnya, kamu adalah seorang wanita yang simpel, tidak ada salahnya memilih cincin nikah polos yang elegan atau bila kamu seorang yang anggun dan glamor, cincin nikah mewah dengan taburan berlian bisa jadi pilihanmu.

  5. Sesuaikan dengan kebutuhan

    Tentu kamu harus bijak dalam segala hal, salah satunya dalam menentukan model cincin nikah yang akan selau melingkari jarimu kelak. Cincin nikah ini nantinya akan selalu kamu kenakan dimanapun aktifitas kamu. Bila kamu nantinya akan menjadi seorang ibu rumah tangga yang memiliki pekerjaan santai, tidak masalah kamu memilih cincin nikah emas yang elegan dengan berlian yang ber-carat besar. Namun, bila nantinya kamu tetap akan memiliki aktifitas yang berat, disarankan kamu memilih logam cincin nikah yang lebih kuat seperti Platina.

  6. Pastikan memilih desain yang timeless

    Apa itu desain yang timeless? Maksudnya adalah desain cincin nikah yang dalam waktu 10 atau 20 tahun lagi akan tetap terlihat trendy dan tidak terkesan kuno. Banyak toko cincin nikah yang menyediakan model-model perhiasan hanya sesuai dengan tren yang ada pada saat itu dan dalam beberapa tahun ke depan, desain tersebut sudah tidak lagi menjadi tren. Karenanya, kamu harus lebih cermat dalam memilih desain ya, dear!

  7. Bisa mengkombinasikan warna dan logam

    Satu hal yang mungkin belum kamu ketahui adalah bahwa cincin nikah bisa dikombinasikan pilihan warnanya. Bila kamu tertarik dengan cincin emas putih namun juga menyukai warna emas kuning, kamu bisa mengkombinasikannya dalam satu cincin. Jadi, cincin kamu memilih dua warna sekaligus, harganya tidak jauh berbeda dibandingkan kamu membeli cincin dengan satu warna lho!

    Selain warna, kamu juga bisa mengatur pilihan logam mulia khususnya untuk cincin nikah pria. Bagi pria muslim, tidak diperbolehkan memakai cincin dari emas, sebagai alternatifnya kamu bisa membeli cincin nikah emas untuk kamu dan cincin nikah palladium atau perak untuk pasanganmu. Apakah kamu bisa membelinya langsung di toko yang sama? Tentu saja bisa.

Ketujuh langkah tadi perlu kamu ingat baik-baik sebelum kamu memutuskan untuk membeli cincin nikah. Memang benda kecil ini sepintas terlihat sepele dan kurang perlu diperhatikan karena dalam mempersiapkan pernikahan kamu akan lebih fokus pada pemilihan gedung pernikahan, catering, gaun, dekorasi dan lainnya. Namun, sejatinya itu semua hanya berlangsung di hari pernikahan kamu saja. Setelah hari resepsi pernikahan selesai, yang akan kamu bawa pulang dan mengikuti kamu seterusnya adalah cincin nikah.

Pastikan memilih desain cincin nikah yang terbaik! V&Co Jewellery menyediakan ribuan desain cincin nikah up to date yang timeless dengan kualitas logam yang istimewa. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan para Jewellery Cosultant kami dalam memilih model cincin nikah yang tepat bagi kamu dan pasangan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.