Inilah Faktor Penentu Harga Cincin Nikah

Kamu pernah datang ke toko perhiasan terdekat untuk memenuhi berbagai kebutuhan , satu di antaranya ialah membeli cincin nikah ?. Bagaimana tentang harga cincin nikah yang dijual di sana, apakah mengalami perubahan atau tidak?

Memang harga perhiasan itu secara sekilas sama saja setiap harinya. Namun jika kita ingin telusuri dengan serius, ternyata harga perhiasan itu berubah, yang mana paling banyak ialah 20 ribu rupiah. Lantas apa sajakah faktor yang dapat memengaruhi naik turunnya nilai suatu produk perhiasan ?, langsung saja berikut ini adalah daftarnya:

Faktor yang Memengaruhi Harga Cincin Nikah di Toko

  1. Bahan cincin

    Nilai dari sepasang cincin pada umumnya dipengaruhi oleh faktor pertama, yaitu bahan dasarnya. Sebagaimana kita ketahui harga emas yang selalu fluktuatif namun dapat kita ambil kisarannya yaitu 800.000-1.000.000/gram, berbeda dengan perak yang harganya kisaran 100.000-300.000/gram.

    Dari perbedaan dua bahan ini saja bisa kita simpulkan bahwa harga cincin nikah bisa berbeda cukup jauh sesuai dengan bahan dipakai dalam cincin tersebut.

  2. Model cincin

    Pada umumnya model cincin nikah sederhana tanpa hiasan apapun di sekelilingnya punya harga relatif murah, yaitu 200 sampai 500 ribu rupiah untuk jasa pembuatannya saja. Sementara itu kalau cincin yang modelnya cukup ribet serta membutuhkan tenaga maupun waktu begitu lama untuk membuatnya. Anggap saja modelnya seperti bunga melati, mawar dan lain sebagainya. Pengarjin cincin biasanya memasang harga hingga lebih dari 1-6 juta rupiah.

    Dari berbagai model yang disediakan pihak penjual. Biasanya pengantin muda memilih bentuk begitu sederhana, tanpa ada ukiran sama sekali, tanpa dipasang oleh batu mulia apapun. Selain murah, kesan yang didapatkan tatkala memakainya ialah elegan, glamor dan mewah.

  3. Kadar karat logam yang dipakai

    Poin ini lebih tertuju apabila kamu memilih cincin nikah emas. Apakah kamu sudah tahu seputar karat dalam emas? Karat adalah presentasi kemurnian sebuah emas dalam perhiasan khususnya cincin. Ada beberapa angka seperti emas 24 Karat, 22 Karat, hingga 9 Karat.

    Emas 24 Karat berarti memiliki kandungan 99% emas murni, sementara 22 Karat hanya sekitar 85% kandungan emas sisanya logam campuran. Semakin tinggi angka karat maka harganya akan semakin lebih malah. Pastikan kamu menanyakan seputar karat ini agar mendapatkan harga cincin nikah yang tepat ya!

  4. Merek

    Kalau kamu pergi ke toko perhiasan terdekat, misalnya dalam rangka membeli gelang, cincin atau apa pun itu. Biasanya kamu mendapati barang yang memiliki label dari merek terkenal, sebut saja Tiffany, punya harga begitu tinggi. Sebaliknya perhiasan dari perusahaan lain justru dihargai sangat murah.

    Meski hakikatnya, secara kualitas, kuantitas serta keaslian produk tidak jauh berbeda dengan produk keluaran merek terkenal. Hal ini disebabkan bahwa merek terkenal tersebut biasanya sudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Sehingga walaupun harga yang mereka tawarkan begitu tinggi, bahkan tembus ke angka ratusan juta rupiah, dengan segala upaya, mereka akan tetap membelinya.

  5. Gramasi cincin

    Faktor selanjutnya yang memengaruhi harga ialah beratnya. Semakin berat massa cincin membuat nilainya meninggi pula. Berat cincin atau disebut juga dengan Gramasi ini sendiri dapat berubah, dan perubahannya tersebut disebabkan oleh 2 hal. Hal pertama adalah jenis batu permata yang disematkan pada bagian kepala cincin. Di mana diantara semua jenis batu mulia, ruby dan berlian lah yang paling berat ukurannya.

    Kemudian ukuran jari masing-masing pasangan pun menjadi sebab lain berubahnya berat cincin nikah, yang mana menurut informasi dari berbagai sumber. Untuk orang yang punya lingkar jari begitu kecil, berat cincin pun ringan. Sebaliknya pun begitu.

Baca juga:  Isi Seserahan Pernikahan yang Wajib, Apa Saja, ya?

Itulah 5 faktor yang wajib kamu ketahui dalam menentukan harga cincin nikah. Sebelum kamu membeli di toko perhiasan, pastikan kamu sudah tahu kelima hal di atas sebagai tolak ukur apakah harga cincin nikah yang kamu beli ‘worth it‘ atau tidak. Selamat mencari cincin nikah!

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin