Harga cincin nikah pria di pasar perhiasan Indonesia begitu beragam, tergantung dari model, bentuk, merek, tingkat kemulusan dan berapa kadar logam mulia yang terkandung di dalamnya.

Sebagai contoh : untuk cincin berbahan emas sebesar 18 karat dengan model begitu polos tanpa ukiran apapun, umumnya dijual di angka 3 juta rupiah ( pasar online ), dan 5 juta rupiah ( pasar offline ). Sementara itu cincin berbahan lain sebut saja berlian, harganya sendiri jauh lebih mahal ketimbang emas, yakni di kisaran 10 juta rupiah sampai 100 juta rupiah!

Cara Peroleh Cincin Nikah Pria Impian Berharga Murah

Menggelar pernikahan memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tidak jarang banyak pasangan yang mem-press budget dengan mencari alternatif yang murah. Salah satunya adalah cincin nikah khususnya untuk pengantin pria. Karena bagi sebagian pria, cincin bukan sesuatu yang istimewa sebagai perhiasan, tidak seperti wanita yang sangat terpesona memakai aneka perhiasan di tubuhnya.

Untuk mendapatkan cincin nikah pria dengan harga yang terjangkau oleh budget-mu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Berikut ini diantaranya:

1. Mencari cincin berbahan lain

Jika kamu punya keinginan untuk membeli sebuah cincin bermodel tertentu. Anggap saja vintage. Maka kamu harus mencari perhiasan yang terbuat dari logam mulia berharga murah.

Adapun logam berharga murah yang sering dijadikan alternatif dalam membeli sepasang cincin pernikahan ialah perak. Selain itu logam berjenis lain seperti tembaga, kuningan, palladium hingga platinum pun ternyata punya harga yang tidak kalah murahnya dari perak.

Dari semua contoh alternatif bahan logam mulia di atas, kami menyarankan kamu untuk memilih cincin berbahan titanium. Karena selain menawarkan harga murah, bahan tersebut begitu kuat dan tidak mudah hancur meski dibanting dari ketinggian. 

2. Desain cincin sendiri

Berdasarkan informasi dari berbagai situs, salah satu hal yang menyebabkan melambungnya harga dari sepasang cincin ialah desainnya. Oleh karena itu, kalau kamu misalnya ingin menghemat biaya pernikahan supaya tidak terlalu banyak uang yang keluar. Kamu dan pasangan bisa kok membuat rancangan cincin sendiri.

Sementara itu, untuk merancang cincin pernikahan sendiri, kamu bisa memakai aplikasi edit foto semisal Corel Draw atau Adobe Photoshop. Ada juga beberapa situs yang dapat kamu jadikan sebagai referensi model cincin pernikahan yang diinginkan.

3. Melakukan Tawar Menawar

Kamu pastinya ingin dapatkan harga cincin pernikahan impian yang jauh dari seharusnya, dan salah satu kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut ialah tawar menawar dengan pihak penjual.

Kegiatan tawar menawar ini dalam teori ilmu ekonomi sangat wajar dan bisa terjadi dimanapun juga, termasuk toko perhiasan. Sehingga jangan malu tatkala melakukan kegiatan tersebut.  

Supaya proses tawar menawar berhasil, ada satu kiat wajib yang kamu harus ketahui, Kiat tersebut ialah kamu harus mempertahankan harga yang ditawarkan ke penjual kemudian pura-pura pergi. Dengan tips tersebut, penjual nantinya akan memanggil kamu kembali, lalu rela menjual dagangannya dari harga yang dipatok sebelumnya.

4. Tukar Tambah

Jika di rumah kamu masih memiliki perhiasan bekas, mungkin peninggalan orang tua, sanak saudara bahkan buyut. Kamu bisa menukarnya dengan yang baru, kemudian membayar sedikit uang ke pihak penjual.

Sebelumnya kamu wajib bisa memperkirakan berapa nilai dari perhiasan yang hendak ditukar tambah. Jangan lupa mengindentifikasi apakah perhiasan ini asli atau palsu, karena berdasarkan fakta, hampir sebagian besar perhiasan tidak punya kandungan emas yang asli.

Jenis Cincin Nikah Terbaik untuk Kaum Adam

Cara Peroleh Cincin Nikah Pria Impian Berharga Murah

Zaman sekarang, cincin berbahan dasar emas kuning sangat laris di pasaran. Selain karena dapat meningkatkan aura dan memberikan kesan glamor kepada para penggunanya. Cincin emas juga ternyata jauh lebih kuat ketimbang perak dalam hal oksidasi. Sayangnya pria muslim dilarang menggunakan segala macam perhiasan yang terbuat dari emas.

Tapi, kamu jangan khawatir terhadap pelarangan tersebut. Faktanya masih banyak kok bahan atau jenis cincin yang cocok dipakai pria. Apa sajakah itu?

  • Cincin palladium

Dari segi penampakan fisik, palladium dan emas putih memang sama. Sehingga tidak sedikit masyarakat pada akhirnya menganggap keduanya sebagai bahan yang sama.

Padahal kalau kita telusuri lebih lanjut, terutama dari bahan asal, keduanya sangat berbeda. Mengutip dari jurnal, asal mula emas putih yaitu dari pencampuran antara emas dan perak dalam kadar tertentu. Sementara palladium sendiri ialah logam mulia yang dihasilkan dari perpaduan antara alloy, palladium dan perak.

Kemudian sifat kedua bahan ini juga beda. Kalau misalnya emas putih, pada pengguna tertentu bisa menimbulkan alergi. Palladium justru sebaliknya. Juga soal ketahanan, cincin nikah palladium jauh lebih kuat ketimbang emas putih.

  • Cincin titanium

Memiliki harga begitu murah, ditambah sifatnya yang tidak mengakibatkan alergi bagi pemakainya. Tidak jarang pasangan menjadikan jenis ini sebagai alternatif untuk  dijadikan sebagai cincin nikah pria.

Sayangnya saat kamu hendak beli model cincin nikah satu ini, kamu harus mengetahui secara akurat tentang ukuran lingkar jari tangan. Sebab jika salah, maka ukuran tidak dapat kamu ubah sama sekali.

Begitupun mengenai ukirannya. Karena titanium ini terkenal sebagai satu di antara logam terkuat di muka bumi, kamu tidak bisa seenaknya ‘edit’ bentuk cincin sesuai keinginan Kamu juga tidak boleh menambahkan batu mulia jenis apapun sebab akan menimbulkan reaksi panas terhadap badan cincin.

  • Cincin Platina

Kamu ingin memiliki cincin yang ekslusif? Cincin platina merupakan pilihan terbaik. Platina merupakan cincin dengan material paling kuat dan cocok untuk pria yang memiliki kegiatan berat.

Cincin platina juga tidak menimbulkan alergi terhadap kulit pemakainya, jadi sangat aman untuk digunakan serta warnanya tidak mudah pudar walaupun sudah bertahun-tahun kamu miliki.

  • Cincin Zikronium

Sama seperti titanium, zikronium ini logam mulia yang kuat, dan tahan gores walau telah digosok berulang kali. Yang jadi perbedaan antara kedua bahan tersebut ialah kalau titanium kamu tidak bisa mengubah ukuran dan desain cincin, mengingat logam tersebut punya tingkat kekerasan setara dengan baja. Cincin zikronium bisa kok diubah bentuknya sesuai keinginan masing-masing orang.

Segi harganya sendiri, biasanya zikronium itu sedikit lebih mahal ketimbang titanium. Hal ini penyebabnya ialah ketersediaan bahan tersebut di alam bebas cenderung sedikt ketimbang titanium.

Kaum pria memang tidak terlalu memusingkan seputar cincin nikah. Namun, ada baiknya kamu sebagai kaum pria yang membaca tulisan ini mulai memikirkan untuk mendapat cincin nikah yang tepat karena cincin nikah inilah yang akan kamu pakai seumur hidup. Bagi wanita, pastikan pasanganmu memiliki cincin yang terbaik, ya!

V&Co Jewellery menyediakan berbagai cincin nikah pria dengan ribuan desain dan pilihan material logam terbaik dan berkualitas, yuk intip koleksinya di sini: Cincin Kawin V&Co Jewellery

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin