Ketahui Ciri Perhiasan Berlian Asli

Ketahui Ciri Perhiasan Berlian Asli, Yuk!

Perhiasan berlian asli adalah suatu barang berharga yang selalu di incar setiap orang untuk dijadikan investasi, hobi, koleksi, aksesoris, hingga simpanan tabungan.

Bahkan berlian disebut sebagai perhiasan yang abadi karena ketahanannya yang luar biasa, tapi bukan berarti berlian tidak dapat pecah karena berlian juga memiliki beberapa titik lemah, sehingga para pemiliknya pun harus menjaga dengan baik agar tidak terjatuh ke lantai.

Berlian termasuk jenis bahan perhiasan yang memiliki keindahan sangat tahan lama dan kilaunya dapat membuat setiap orang yang melihatnya akan merasa terpukau. Hal ini terjadi karena setiap cahaya yang jatuh pada berlian akan menimbulkan sinar yang cemerlang dan selain itu berlian dapat menghasilkan cahaya warna warni yang terpantul melalui berlian.

Tidak hanya cantik tampilannya, ternyata berlian juga memiliki daya tahan yang sangat tinggi hal ini dikarenakan berlian terbuat dari bahan yang terbentuk dari mineral alami dan kristal karbon. Hal-hal penting lainnya yang harus diketahui tentang berlian yakni berlian merupakan perhiasan termewah satu satunya dengan batu permata yang terbuat dari 1 unsur yang disebut carbo. Kurang lebih 99,95 persen unsur yang terkandung dalam berlian adalah carbo.

Sejarah Perhiasan Berlian Asli

Berlian biasanya ditemukan di kedalaman 150 kilometer di bawah permukaan karena itulah penyebab berlian memiliki daya tahan yang sangat kuat dibanding perhiasan lainnya tapi, bukan berarti berlian tidak dapat pecah. Karena sesungguhnya berlian akan mudah pecah dan bukan batu abadi yang seperti dikatakan oleh kebanyakan orang.

Karena ketika berlian dibenturkan dengan batu sejenis berlian tersebut bisa rusak, retak, dan tergores, bahkan hancur. Maka dari itu, kamu sebaiknya menjaga berlian yang dimiliki karena berlian tetap bisa pecah jika sang pemakai sering tidak hati-hati dalam menggunakannya. Namun, bagaimana jika pemakai tak sengaja dan mengakibatkan retak pada berlian?

Memperbaiki Berlian yang Rusak

  • Membawa Ke Toko Berlian

Cara pertama adalah dengan membawa ke toko perhiasan berlian berkualitas yang sudah terpercaya dan meminta sang ahli untung melakukan pemotongan ulang agar bagian berlian yang retak dapat terlihat cantik kembali dan dapat digunakan kembali.

Untuk memperbaiki berlian dengan cara melakukan pemotongan ulang memang cara yang terbaik sejauh ini. Akan tetapi, dengan melakukan pemotongan ulang berlian hal ini justru akan mengurangi nilai carat pada berlian. Tentu saja terasa sangat sayang, bukan? Untuk itu daripada berliannya menjadi memiliki nilai carat yang rendah lebih baik dibiasakan untuk menjaganya dengan baik dan dengan sangat hati-hati sedari awal membeli berlian.

  • Jangan Menggunakan Berlian Setiap Hari

Cara Kedua jangan terlalu sering menggunakan berlian setiap hari. Jika sang pemakai secara terus-menerus menggunakan berlian setiap hari hal ini juga akan semakin meningkatkan kerusakan pada berlian kesayangan. Semakin lama berlian akan mulai sedikit demi sedikit kehilangan kilaunya dan juga akan mudah retak.

Maka dari itu lebih baik menggunakannya untuk hari-hari spesial saja seperti ke pesta pernikahan keluarga atau sahabat. Untuk penampilan sehari-hari lebih baik tidak usah menggunakan berlian. Selain akan cepat rusak hal tersebut juga akan mengundang orang-orang jahat yang ingin  mengincar.

  • Membersihkan Berlian

Terkadang bagian potongan berlian yang retak lebih sulit terlihat karena tertutup oleh debu. Dikhawatirkan saat melakukan pemotongan ulang pada berlian yang retak malah memotong titik yang salah dan semakin memperparah retakan yang ada pada batu berlian. Karena itulah sebaiknya sang pemakai rajin-rajin membersihkan berlian agar bagian yang retak lebih mudah terlihat.

Cara membersihkannya sederhana, bisa mengambil mangkuk kecil yang berisikan air hangat lalu tuangkan sedikit sabun untuk mencuci piring. Untuk menjamin keamanan sabun pada berlian lebih baik gunakan sabun cuci piring yang berbahan dasar alami. Setelah itu rendam berlian di mangkuk berisi air hangat dan sabun selama 5 menit dengan begini kotoran dan debu yang menempel dengan sendiriny hilang.

Jika masih ada kotoran bandel yang menempel pada berlian, sang pemilik dapat membersihkannya dengan sikat gigi yang berbulu lembut setelah berlian bersih masukan kedalam air dingin kemudian letakan berlian di atas tisu dan biarkan mengering.

Cara Membedakan Berlian Asli

Jika sudah mengetahui betul bagaimana cara mengatasi kerusakan berlian dan menyimpan perhiasan berlian asli dengan baik dan benar, ini sudah saatnya untuk mulai menyisihkan sebagian tabungan untuk membeli berlian. Untuk membeli berlian, harus ditemani orang yang sudah benar-benar ahli dalam membedakan mana berlian asli dan palsu, dapat membaca tips – tips di bawah ini siapa tau bisa membantu saat membeli berlian.

Untuk membeli berlian ada beberapa hal yang harus dicermati, karena membeli berlian di butuhkan penelitian tinggi agar tidak tertipu. Berikut tips- tips saat membeli berlian:

  • Menerawang Berlian

Banyak sekali diluar sana orang yang menjual berlian palsu, untuk membuktikan bahwa berlian itu bukan berlian palsu, sang pembeli harus bisa menerawang dengan cara melihat jenis kilaunya, kekuatan berliannya keras atau tidak, bahkan ada yang mengatakan jika berlian asli tidak bisa digores padahal berlian yang asli pun masih bisa tergores.

  • Teliti Saat Melihat Sertifikat Berlian

Selain menerawang berlian, sang pembeli juga harus bisa mencermati sertifikat berlian. Meskipun berlian asli memiliki sertifikat bisa jadi sertifikatnya yang dipalsukan karena inilah membutuhkan orang yang berpengalaman dalam pembelian berlian. Karena untuk membedakan mana berlian yang asli dan yang palsu memang cukup sulit, tidak bisa dilakukan oleh orang awam.

  • Cermati Tekstur Berlian

Berlian asli memiliki tekstur yang kokoh dan dan tidak mudah  pecah terkecuali jika berlian terkena benturan yang sangat keras. Jika membeli berlian kemudian berlian tersebut retak karena terkena benturan yang ringan saja maka sudah bisa dipastikan bahwa berlian yang dibeli adalah berlian palsu.

  • Gunakan Tes Embun

Berlian yang asli ketika diberikan uap pada berlian tersebut maka uap akan mengering dengan cepat. Jika proses mengeringnya uap cukup lama patut mengecek lebih dalam lagi tentang berlian yang dibeli. Karena hal ini merupakan suatu pertanda bahwa berlian yang dibeli adalah palsu.

  • Masukan Berlian ke Dalam Air

Cara paling praktis menguji keaslian berlian adalah mengambil segelas air lalu masukan berlian dan perhatikan apa yang terjadi pada berlian. Jika berlian yang dimasukan tenggelam maka berlian sudah pasti asli, namun jika mengapung sudah dipastikan berlian itu palsu.

Jadi, sudah jelas bukan apakah berlian bisa pecah atau tidak? Jawabannya ya. Walaupun berlian termasuk dalam jenis batu mulia yang kuat, tapi ia tetap bisa pecah. Maka, jagalah berlian milikmu agar tetap oke kualitasnya dan agar tidak mudah retak ataupun pecah.

Jika penggemar berat berlian pasti bisa untuk menjaga berlian dengan baik dan benar. Dalam membeli perhiasan berlian asli juga terdapat beberapa hal yang tidak boleh dilupakan dan dibutuhkan ketelitian yang sangat tinggi agar berlian yang kamu miliki 100% asli dan dapat memberi keuntungan jika suatu saat ingin menjualnya. Semoga artikel ini dapat membantu dalam merawat dan membeli berlian.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *