5 Jenis Batu Mulia Terpopuler

5 Jenis Batu Mulia Terpopuler

Batu mulia adalah batu yang cocok untuk disematkan pada perhiasan-perhiasan seperti cincin, anting, gelang, ataupun kalung yang apabila semakin murni dan langka jenis batu mulia itu, maka semakin mahal pula harganya.

Batu mulia adalah batu alam yang terbuat secara alami selama bertahun-tahun. Untuk acara sakral seperti pertunangan dan pernikahan, tentunya kebanyakan wanita ingin memakai perhiasan dengan batu mulia yang disematkan pada perhiasan agar tampil sangat cantik bukan?

Batu mulia biasanya dibedakan berdasarkan kemurniannya, kekerasannya, warna, atau potongan dan bentuknya. Terdapat juga batu mulia menurut bulan. Untuk yang ingin mencari referensi batu mulia untuk perhiasan wanita, simak paparan 5 jenis batu mulia ini ya.

Jenis Batu Mulia Terlaris di Pasaran

  1. Batu Berlian

Batu berlian merupakan jenis batu mulia dari batu intan yang telah dipoles. Berlian sangat umum digunakan untuk perhiasan terutama cincin karena sangat cantik dan cocok disematkan ke dalam platinum atau bahan emas. Batuan ini merupakan batuan yang paling keras di dunia dengan kekerasan 10 mohs.

Biasanya, berlian berwarna putih atau transparan dan kekuning-kuningan. Semakin murni berlian maka semakin putih warnanya. Selain itu, terdapat juga batu berlian yang berwarna seperti warna merah muda, biru, ungu, orange, ataupun merah. Batu berlian berwarna yang paling mahal adalah batu berlian yang berwarna merah.

  1. Safir

Apabila batuan paling keras di dunia adalah intan atau berlian, maka batu mulia yang paling keras kedua adalah safir. Batu safir biasanya menunjukkan kesan kekekalan dan daya pikir, dilambangkan dengan warna biru pada batu safir. Batu safir merupakan batu corodum, sehingga semua batu corodum adalah batu safir kecuali corodum yang berwarna merah. Batu mulia safir memiliki harga yang sangat mahal sekelas dengan berlian dan zamrud. Apabila warna biru adalah warna favorit, maka batu Safir adalah batu yang sangat cocok untuk perhiasan yang akan digunakan.

  1. Batu Ruby

Batu Ruby merupakan batu mulia yang berwarna merah. Umumnya berwarna kisaran merah muda sampai merah darah. Batu ruby merupakan batu korundum namun berwarna merah yang disebabkan oleh kromium. Batu ruby merupakan batu mulia yang sangat cantik untuk disematkan pada perhiasan.

Batu Ruby umumnya berbentuk oval atau bulat dan memiliki nilai dan harga jual yang sangat tinggi. Batu Ruby yang berwarna buram umumnya memiliki harga jual yang lebih rendah dibandingkan batu yang berwarna cerah. Selain safir, batu yang memiliki kekerasan nomor dua setelah berlian adalah batu Ruby yaitu dengan kekerasan 9 mohs. Batu ini sangat cocok untuk pencinta warna merah.

  1. Batu Zamrud

Batu Zamrud adalah batu mulia yang berwarna hijau dengan kekerasan 7.5 mohs. Jenis batu mulia ini melambangkan zamrud khatulistiwa yang menggambarkan kesan kemakmuran dan keanggunan. Batu mulia Zamrud mengandung beryllium atau silikat dan terdapat kandungan kelumit kromium yang menyebabkan warna hijau.

Batu Zamrud Kolombia merupakan batu Zamrud yang paling terkenal dan lebih mahal serta memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan produksi dari negara lain karena batu Zamrud Kolombia ditemukan pada batuan sedimen dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium. Harga dari batu mulia Zamrud ini sangat mahal dikarenakan kelangkaan batu. Untuk yang menyukai warna hijau, tidak ada salahnya untuk menghias perhiasan dengan batu Zamrud.

  1. Batu Akik

Beberapa waktu silam, Indonesia dihebohkan dengan maraknya batu akik di berbagai kalangan. Orang Indonesia berlomba-lomba mengoleksi batu akik, baik bebatuannya atau perhiasan yang dihias oleh batu akik. Seiring berjalannya waktu, nilai dari batu akik semakin menurun, namun masih terdapat batu akik tertentu yang nilai dan harganya sangat tinggi.

Batu akik dapat menjadi referensi untuk perhiasan. Walau begitu, batu akik biasanya lebih digemari para pria karena kesan yang ditimbulkan lebih maskulin dan karismatik. Berbeda dengan permata yang lain, batu akik tidak digali dari perut bumi melainkan dari permukaan bumi atau lava yang sudah mendingin. Oleh sebab itu, batu akik relatif lebih murah dibandingkan batu mulia lain.

Itu dia 5 jenis batu mulia yang perlu diketahui sebelum memutuskan membeli perhiasan. Batu mulia yang paling populer, tentu saja berlian. Namun, jika ingin menggunakan batu mulia lainnya, 4 batu di atas bisa jadi referensi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.