Ingin Beli Emas Antam? Perhatikan Hal Berikut

Ingin Beli Emas Antam? Perhatikan Hal Berikut

Beli emas antam merupakan sebuah hobi yang kerap digeluti oleh sebagian orang. Konsumennya pun beragam, mulai dari masyarakat Indonesia hingga Mancanegara. Hal ini dikarenakan antam memiliki bisnis jangka panjang dengan berbagai perusahaan terkenal di antero Asia hingga Eropa

Lalu, apa yang membedakan emas antam dengan emas biasa? Mengapa ada orang yang lebih memilih untuk beli emas antam dibandingkan emas toko? Jawaban utamanya adalah jaminan kualitas yang ditawarkan. Memang harga beli emas antam lebih tinggi dibanding emas toko biasa. Namun, sertifikat yang diberikan kepada pembeli adalah bertaraf internasional yang lebih dipercaya.

Itulah yang menyebabkan masyarakat kerap bimbang harus membeli emas antam atau emas toko biasa. Sehingga dapat dipastikan harga jual emas antam pun lebih tinggi daripada di toko emas. Keunggulan lain apabila beli emas antam adalah persoalan bentuknya. Bentuk emas yang acap kali kita jumpai di toko emas memiliki bentuk yang ala kadarnya dan terkadang kurang bagus. Namun, jika beli emas antam, dijamin bentuknya bagus dan rapi.

Tips Beli Emas Antam

Setelah mengetahui review sedikit tentang antam serta keunggulannya, artikel ini akan memberikan tips yang perlu diperhatikan oleh calon pembeli. Tentu saja hal ini patut diperhatikan sebelum beli emas antam agar tidak sia-sia ataupun salah beli. Apa saja tips yang ada? Mari simak poin-poin di bawah ini:

  1. Tentukan Tujuan

Sebelum membeli emas antam, pembeli harus menetapkan tujuan utamanya. Apakah tujuannya untuk investasi atau hanya untuk koleksi. Memang terdengar sepele, tetapi hal ini perlu diperhatikan agar menjadi bahan pertimbangan dalam membeli emas antam.

  1. Mencari Tahu Harga

Harga adalah poin yang sangat penting untuk diperhatikan apabila ingin membeli emas antam. Perlu diketahui bila harga beli emas antam ikut dipengaruhi oleh naik turunnya harga emas di dunia. Fluktuasi nilai tukar uang dolar Amerika pun kerap memengaruhi harga emas. Ketika nilai tukar dolar Amerika rendah, maka harga emas akan naik dan begitu pula sebaliknya.

  1. Jenis Emas

Salah satu jenis emas antam yang paling populer adalah logam mulia. Namun, tahukah bahwa emas antam juga bisa dijadikan sebagai perhiasan. Cincin menjadi salah satu jenis emas antam yang dapat dimanfaatkan untuk perhiasan jari.

  1. Sertifikat

Sebagaimana yang telah diulas di atas, emas antam memiliki sertifikat resmi. Pembeli tidak perlu takut atau ragu mengenai keasliannya. Mintalah sertifikat asli ketika membeli emas antam.

  1. Berat

Poin yang satu ini berlaku bila hendak beli emas antam dalam bentuk logam mulia. Berat yang ditawarkan pun beragam, seperti 1 gr, 5 gr, 25 gr, 50 gr, hingga 100 gr. Kadar dari emas antam adalah 99,99%.

Mengingat biaya beli emas antam cukup tinggi, tentu saja hal tersebut dipengaruhi oleh biaya produksi yang besar. Semakin kecil ukuran batu mulia, maka biaya produksi yang dikeluarkan lebih besar pula. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan proses produksi logam mulia yang memiliki ukuran kecil lebih sulit dibanding ukuran besar. Setiap detil perlu diperhatikan agar pembeli merasa puas dan tidak kecewa.

  1. Penyimpanan

Poin yang terakhir memang bukan tips dalam beli emas antam. Namun, poin yang satu ini juga perlu diperhatikan setelah membelinya. Penyimpanan menjadi sebuah hal yang tidak bisa dilupakan. Apabila kita telah membeli sesuatu, maka kita perlu menyimpan dan merawatnya dengan baik pula. Berlaku pula untuk emas antam, penyimpanan dan perawatannya sangat harus diperhatikan.

Cara Menyimpan dan Merawat Emas Antam

Pada umumnya, tujuan utama seseorang saat beli emas antam adalah investasi. Dengan melakukan investasi emas antam, kita bisa mendapat keuntungan di masa mendatang. Mengapa demikian? Karena kita dapat sewaktu-waktu menjualnya ketika butuh dana. Harga emas yang kerap kali naik sangat menguntungkan.

Sebagai calon investor yang baik, kita harus menyimpan dan merawat emas antam dengan cara yang baik dan benar. Sayang sekali bila malas merawat sehingga menyebabkan harga jual emas antam turun karena kualitasnya tidak sebagus ketika membeli. Simpanlah emas di tempat yang aman. Aman yang dimaksud adalah tidak mudah dijangkau oleh debu, rayap, atau pencuri. Bila dirasa perlu, simpan lah emas milikmu di dalam brankas. Meski demikian, letakkan brankas agar selalu dekat denganmu misalnya di kamar.

Selain memperhatikan cara penyimpanan, pembeli juga perlu merawat emas antam salah satunya dengan membersihkannya. Pembeli juga bisa membeli cairan khusus untuk membersihkan noda dari emas antam. Namun, juga bisa membersihkannya dengan cara yang mudah, yaitu dengan menggunakan sifat berbulu halus. Meski demikian, janganlah terlalu sering dalam membersihkan emas antam untuk menghindari goresan yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.