10 Tips Aman Memilih Toko Perhiasan

Tips Memilih Toko Perhiasan

Kekhawatiran utama pembeli dalam memilih toko perhiasan adalah soal keaslian dan harga. Tak jarang banyak oknum dan tangan jahil yang menghalalkan berbagai cara demi meraup rupiah. Salah satunya adalah menjual perhiasan palsu dengan harga yang cukup miring.

Siapa yang tidak akan tertarik dengan tawaran tersebut? Kita sebagai pembeli harus pintar dalam memilih toko perhiasan. Jangan sampai kita ditipu oleh tawaran-tawaran fiktif dari oknum tidak bertanggung jawab itu. Artikel ini akan memberikan tips memilih toko perhiasan untuk yang ingin berbelanja perhiasan.

10 Tips Aman Memilih Toko Perhiasan

  1. Perhatikan Lokasi

Lokasi sebuah toko menjadi sebuah hal yang harus dipertimbangkan dalam membeli sesuatu, termasuk dalam membeli perhiasan. Perhatikan lokasi toko yang hendak didatangi, ya. Apabila lokasinya mencurigakan, lebih baik carilah toko perhiasan lainnya.

Lokasi mencurigakan yang dimaksud seperti tempat yang terpencil atau sulit dijangkau. Memang tak selamanya lokasi terpencil menandakan toko perhiasan tidak terpercaya, tapi tidak ada salahnya berjaga-jaga. Baiknya, pergi ke lokasi yang memang sudah jadi pusatnya toko perhiasan, sang pembeli pun juga jadi bisa pilih-pilih dari satu toko ke toko lainnya dengan mudah, bukan?

  1. Harga Terjangkau

Murahnya harga beli dan mahalnya harga jual perhiasan memang terkadang menimbulkan rasa curiga dari pembeli. Sebelum membeli perhiasan, ada baiknya sang pembeli membandingkan harga dari berbagai toko. Jangan sampai tawaran miring itu membuat sang pembeli mudah ditipu dan diberikan perhiasan palsu oleh oknum nakal. Sang pembeli juga bisa check-recheck di toko-toko perhiasan online.

  1. Sesuaikan dengan Budget

Budget adalah hal krusial dalam segala sesuatu yang berhubungan dengan jual beli. Sesuaikan budget yang dipunya dengan toko perhiasan yang hendak didatangi. Jangan sampai pembeli kalap dan perhiasan yang akan dibeli melebihi budget maksimal, padahal uang tersebut bisa dimanfaatkan untuk hal lain.

  1. Pertimbangkan Words of Mouth

Bisa dibilang words of mouth adalah sebuah strategi marketing yang paling berpengaruh. Melalui words of mouth, pembeli bisa mendapat tips memilih toko perhiasan yang terpercaya. Banyak juga orang-orang yang saling bercakap tentang toko perhiasan yang oke. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk pembeli.

  1. Referensi

Apabila pembeli ragu dengan words of mouth, mintalah referensi dari kerabat. Percayalah, tips memilih toko perhiasan yang satu ini akan membantu dalam memilih toko yang terpercaya. Referensi dari kerabat tidak mungkin menjerumuskan ke dalam pilihan toko yang buruk. Kerabat pun pasti paham toko perhiasan mana yang cocok dan pas dengan budget.

  1. Cari Info

Setelah mendapatkan informasi mengenai sebuah toko, jangan berhenti di situ. Galilah informasi yang mendalam lagi tentang toko tersebut. Zaman sudah modern, manfaatkan internet untuk mencari review, testimoni, atau cerita pengalaman seseorang yang pernah beli emas atau perhiasan lainnya di toko tersebut. Tips memilih toko perhiasan yang satu ini tidak boleh diremehkan.

  1. Reputasi Toko

Reputasi sebuah toko perhiasan merupakan hal yang sangat penting. Apabila sebuah toko memiliki reputasi yang buruk, maka dapat dikatakan toko tersebut kurang terpercaya. Makanya, pembeli harus mencari toko perhiasan yang mempunyai reputasi baik. Jika reputasinya buruk, bisa-bisa beberapa bulan ke depan sudah bangkrut. Nanti pembeli tidak bisa menjual kembali perhiasannya atau ingin tukar tambah.

  1. Perhatikan Staff-nya

Staff yang baik biasanya mencerminkan toko perhiasan yang baik pula. Baik yang dimaksud adalah staff yang mampu melayani dengan benar. Jangan ragu untuk bertanya kepada staff-staff yang ada di toko apabila mengalami kesulitan dalam memilih perhiasan. Mereka pasti akan membantu pembeli. Akan tetapi, bila pembeli menemukan toko dengan staff yang tidak paham mengenai perhiasan, lebih baik mencari toko lain saja.

  1. Sertifikat Perhiasan

Tak hanya tentang tips memilih toko perhiasan yang terpercaya, poin yang satu ini juga mengajak pembeli untuk memperhatikan perhiasannya. Sebelum pembeli membeli perhiasan di sebuah toko, tanyalah kepada penjual tentang sertifikatnya. Tanyakan sertifikat apa saja yang ada pada perhiasan tersebut.

Jangan ragu untuk menanyakan hal ini. Apabila perhiasan yang dibeli tak mempunyai sertifikat, maka dapat dikatakan perhiasan tersebut ilegal. Dapat dikatakan pula bahwa toko perhiasan yang didatangi adalah toko yang tidak benar.

  1. Toko yang Terkenal

Tips memilih toko perhiasan yang satu ini dapat dikatakan sebagai tips shortcut. Tak dapat dipungkiri, sebuah toko perhiasan bisa menjadi terkenal karena kualitas dan pelayanannya yang baik pula. Toko-toko perhiasan yang terkenal, sudah pasti punya online website yang bisa di akses kapan saja.

Pembeli hanya tinggal ketik saja di mesin pencarian google dan akan muncul toko-toko yang bisa dicek. Toko perhiasan yang mempunyai website juga, biasanya, lebih mudah di cari review-nya. Daripada pembeli bingung-bingung dalam menentukan toko yang dituju, lebih baik datangi saja toko perhiasan yang terkenal, terkenal di online dan offline.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.