Pilihan Desain Cincin Emas Unik

Pilihan Desain Cincin Emas Unik

Desain cincin emas kerap kali menjadi simbol dalam ikatan cinta 2 insan, baik dalam acara pertunangan maupun acara pernikahan. Biasanya, orang yang sudah menikah identik dengan penyematan cincin di jari manis tangan kirinya.

Banyak pula tradisi dan kepercayaan yang diyakini oleh masyarakat tentang makna dari cincin itu sendiri. Karena alasan tersebut, memilih cincin sebagai mas kawin pernikahan atau tanda ikatan cinta pasangan memerlukan banyak pertimbangan bagi kedua calon mempelai.

Pemilihan cincin pun harus sesuai dengan preferensi, harga, dan bahan. Jangan sampai pembeli memakai perhiasan, khususnya cincin, yang membuat tangan alergi. Pemilihan cincin ini pun menjadi hal yang sangat seru bagi pasangan yang akan menikah, terlebih untuk pria yang perlu menebak-nebak ukuran jari gadis impiannya apabila ia ingin memberi kejutan.

Bahan cincin pun bermacam-macam, mulai dari platinum, emas, perak, ataupun berlian. Salah satu bahan yang sangat populer untuk cincin pernikahan adalah bahan emas. Apabila pembeli bingung untuk memilih desain cincin, pada artikel ini akan dibahas mengenai macam-macam desain cincin emas.

Dalam pemilihan cincin emas, pembeli perlu berhati-hati dalam prosesnya. Perlu dipastikan apakah cincin yang dibeli adalah asli atau tidak dan dicek surat-surat cincin tersebut. Selain itu, pembeli dapat mengetes keaslian cincin dengan uji magnet, uji densitas, dan uji gores. Perlu diingat bahwa terdapat 2 jenis cincin yaitu cincin emas putih dan cincin emas kuning.

Cincin emas putih didapatkan dari proses pencampuran emas murni dan nikel yang menghasilkan warna putih. Pada saat ini, cincin emas putih sangat banyak diminati dan tidak kalah peminat oleh cincin emas kuning. Terdapat macam-macam desain cincin emas, baik cincin emas kuning maupun cincin emas putih.

Ragam Pilihan Desain Cincin Emas

  • Cincin Emas Polos

Desain cincin polos umum digunakan untuk pasangan yang menikah atau sering dijadikan sebagai mas kawin. Cincin emas polos menandakan cinta kasih yang murni dan tidak luput oleh zaman. Umumnya, cincin emas polos yang digunakan sebagai mas kawin adalah cincin emas kuning, tapi cincin emas putih pun tidak kalah cantik dan elegannya.

Cincin emas putih polos banyak diminati karena desainnya yang sederhana dan cocok untuk pria maupun untuk wanita. Biasanya, cincin emas putih polos untuk pria lebih besar dan lebih berat ketimbang cincin emas putih polos untuk wanita. Walaupun begitu, kandungan emas di dalamnya pasti sama, untuk cincin emas putih polos biasa, umumnya digunakan kandungan emas 18 karat.

  • Braided Gold Ring

Plain WRP0089

Cincin emas braided atau kepang mulai banyak digemari. Walaupun termasuk desain cincin emas polos karena tidak dihias oleh batu atau berlian, tetapi desain ini dibuat sedemikian rupa agar membentuk kepangan tertentu. Desain cincin ini terlihat elegan dan unik tapi tetap cantik. Untuk pembeli yang menyukai anti-mainstream, desain cincin ini sangat cocok.

Cincin emas kepangan relatif lebih mahal dibandingkan cincin emas polos walaupun dengan kandungan dan berat yang sama. Hal ini dapat terjadi karena pembuatan desain dan pelunakan cincin yang lebih sulit dibandingkan cincin emas polos biasa.

  • Cincin Emas Polos 2 Warna

Plain WRP0012

Desain cincin polos 2 warna sangat cocok untuk pembeli yang tidak bisa menentukan ingin memilih cincin emas putih atau cincin emas kuning dengan desain polos. Model desain ini membagi 1 cincin dengan 2 lapisan emas yaitu emas kuning dan emas putih. Model desain cincin ini biasanya membagi cincin menjadi 3 bagian.

Cincin ini terlihat sangat netral tapi elegan, sehingga dapat dipakai sehari-hari dalam berbagai occasion. Hal ini menjadikan cincin ini sangat kasual dan cocok untuk pria maupun wanita.

  • Model Desain Cincin 1 Mata

Model desain cincin 1 mata identik dengan desain sederhana tapi cantik dan luar biasa elegan. Model desain cincin 1 mata umumnya digunakan untuk acara pertunangan atau lamaran. Namun tidak menutup kemungkinan cincin ini digunakan sebagai mas kawin atau pengikat rumah tangga. Model cincin ini tidak luput dilekang waktu, seperti kita lihat cerita-cerita atau film lamaran, biasanya yang ditawarkan adalah model desain cincin satu mata, bukan?

Terdapat model cincin emas 1 mata berbahan emas kuning, cincin emas putih, maupun emas dengan warna campuran. Pilih sesuai preferensi kamu ya, ladies!

  • Model Cincin Banyak Permata

Exclusive WR0064

Model desain cincin emas dengan banyak permata ditandai dengan cincin yang disematkan banyak permata mengikuti lingkaran cincin. Untuk yang menginginkan model cincin sederhana tapi tidak biasa-biasa saja, cincin ini mungkin merupakan pilihan yang tepat. Penyematan banyak permata di cincin ini pun menjadikan cincin ini terlihat sangat manis di jari manis.

Desain cincin emas dengan banyak permata relatif lebih murah dibandingkan cincin emas dengan 1 mata. Desain dengan permata yang mengelilingi cincin memang membutuhkan lebih banyak berlian, tapi ukuran berlian yang digunakan biasanya yang berukuran kecil, sedangkan cincin emas dengan 1 mata berlian, biasanya menggunakan berlian yang ukurannya lebih besar. Semakin besar ukuran berlian, semakin tinggi juga harganya. Hal ini yang membuat harga cincin emas model banyak berlian ini punya harga yang relatif lebih murah daripada cincin emas dengan 1 batu berlian besar.

  • Model Cincin Kombinasi Permata

Model desain cincin emas ini mengkombinasikan antar model desain cincin satu permata dan banyak permata. Biasanya, permata yang besar diletakkan ditengah dan dikelilingi oleh permata-permata kecil yang mengelilingi cincin dan permata yang besar. Desain ini menjadikan cincin yang dihasilkan sangat cantik dan menawan sehingga model ini yang sangat umum digunakan orang-orang di dunia. Bahkan pada keluarga kerajaan pun seperti pada saat Royal Wedding, model cincin ini sering digunakan.

Umumnya model cincin emas ini dipakai oleh wanitanya saja, sedangkan untuk pria memakai model desain cincin emas mata 1 atau tanpa mata samansekali. Namun, tidak menutup kemungkinan jika pihak pria mau menggunakan cincin dengan model desain kombinasi seperti ini.

  • Model Desain Cincin Stack

Model cincin emas stack adalah model desain cincin tumpuk, yang berarti dalam 1 cincin terdapat tumpukan-tumpukan lapisan cincin yang menggunakan bahan yang berbeda atau warna yang berbeda. Model desain tumpukan cincin ini dapat terpisah ataupun menyatu. Untuk pembeli yang lebih menyukai hal-hal yang eksentrik, model desain cincin ini sangat cocok.

Model cincin ini relatif berharga mahal karena jumlah permata yang digunakan lebih besar dan banyak, juga cincinnya yang tebal membuat banyak juga emas yang digunakan, serta ditambah lagi dengan kesulitan pembuatan cincinnya.

Itu dia 7 macam desain cincin emas. Semoga bisa membantu untuk menentukan referensi sebelum membeli. Semoga lancar dalam pencarian model cincin emas pilihan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *