Inspirasi Mas Kawin Pernikahan

Inspirasi Mas Kawin Pernikahan

Pada umumnya setiap pasangan mendambakan tatanan mas kawin pernikahan mereka dapat dihias sedemikian rupa agar lebih berkesan.

Menikah adalah momen sekali seumur hidup yang penting. Bukan hanya karena kamu sudah bertemu orang yang tepat untuk berbagi beban hidup dan menjadi teman hingga rambut memutih dan punggung membungkuk, tapi juga menjadi ajang pamer kebahagiaan. Salah satunya bisa dengan mas kawin yang unik.

Mas kawin pernikahan biasanya disebutkan dan diserahkan pada saat prosesi akad nikah, sehingga tentunya elemen pernikahan ini akan mendapat perhatian khusus dari para tamu undangan yang menyaksikan momentum sakral tersebut.

Tentang Mas Kawin Pernikahan Unik

Seperti yang sudah diketahui, mas kawin pernikahan adalah syarat yang ditentukan oleh pihak perempuan kepada laki-laki untuk menjadikannya seorang isteri. Hukumnya adalah wajib dan wujudnya tidak bertentangan dengan kepercayaan masing-masing. Ini juga bukan simbol pertukaran, melainkan perlambangan kemuliaan pihak perempuan yang telah terpilih untuk dinikahi atau memulai hidup baru bersama pihak laki-laki nantinya.

Pernah dengar atau baca mas kawin unik seperti pemberian kain kafan, atau juga mas kawin berupa iphone terbaru? Isi memang penting, tapi bukan berarti hantaran atau tatanannya juga tidak diperhatikan.

Inspirasi Tatanan Mas Kawin Pernikahan yang Unik

  1. Mas Kawin Uang Kertas dengan Bentuk Buket Bunga

Pernah mellihat tatanan mas kawin unik berwujud uang yang ditata menyerupai buket bunga besar? Tidak sekedar ditata dalam frame kaca saja, tetapi lembaran-lembaran uang bisa digulung satu-satu dan direkatkan satu sama lain seperti bertangkai-tangkai bunga hingga berukuran buket besar. Bisa dijadikan bentuk buket bunga, tapi jika calon pengantin ingin bisa dipajang atau disimpan tanpa ancaman rusak, bisa saja dibuat model pop up-nya.

  1. Mas Kawin Uang Koin dengan Bentuk Ayat Al-Qur’an

Jarang sekali mas kawin dibentuk sesuai ayat kitab suci. Ini bisa menjadi salah satu solusi mas kawin yang unik. Biasanya mas kawin berupa uang logam atau koin hanya dibentuk menjadi siluet pengantin perempuan dan laki-laki saja. Padahal, ada bentuk lain yang bisa diusahakan untuk membedakannya lain dari pada yang lain.

Bisa saja calon pengantin memastikan pecahan uang logam yang digunakan terdiri dari unit paling kecil, sedang dan paling besar, misalkan 50 rupiah, 100 rupiah, 500 rupiah, dan 1000 rupiah. Ada pecahan lebih kecil lagi dari tahun-tahun yang lebih lama, tapi sulit ditemukan dan biasanya berada di tangan kolektor, sehingga harganya akan sangat mahal dan biasanya memang digunakan untuk mas kawin mengikuti tanggal lahir atau angka-angka penting.

  1. Mas Kawin Cincin dalam Kotak Kayu dan Kotak Kaca

Kotak perhiasan adalah tatanan paling aman untuk mas kawin berupa cincin. Yang menjadikannya mas kawin unik adalah ukiran apa yang bisa dibuat di atasnya. Bisa jadi ukiran-ukirannya bertabur debu berlian bukan hanya sekedar inisial polos saja.

Untuk tatanan mas kawin unik dalam kotak kayu, kebanyakan jenis kayu yang dipergunakan adalah kayu jati. Kenapa? Kayu jati memiliki daya tahan yang hebat terhadap air. Tidak seperti jenis kayu lain yang mudah lapuk, kayu jati justru akan makin keras seiring jalannya waktu. Rayap tidak mudah menggerogoti jenis kayu ini.

Kotak kaca untuk cincin bisa disulap menjadi apa saja. Banyak yang menyukai ide kotak kaca ini yang memiliki kesan lebih manis daripada kotak kayu yang sebenarnya lebih kokoh.

Besar atau kecil ukuran dan nilai mas kawin tentunya tidak menjadi perbandingan masa depan kehidupan rumah tangga kelak. Namun, tidak ada salahnya memilih mas kawin unik dengan tatanan meriah yang lain karena itu akan menjadi sebuah kenangan manis nantinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.