Menentukan Undangan Pernikahan

Menentukan Undangan Pernikahan

Sebagai pintu utama komunikasi yang mengabarkan berita bahagia mengenai hari pernikahan, menentukan undangan merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam proses persiapan pernikahan.

Semua informasi penting mengenai pernikahan seperti tanggal, lokasi, dan waktu mengenai hari bahagia akan tercantum di undangan tersebut. Di masa sekarang ini, bentuk undangan pun sudah tidak lagi harus dalam bentuk cetak. Bentuk undangan pernikahan sudah turut bergeser sesuai dengan perkembangan zaman yaitu dalam bentuk digital, atau undangan online.

Undangan online bentuk dan medianya pun kini semakin beragam, ada yang hanya dalam bentuk pesan tertulis tanpa gambar, dan ada juga yang dalam bentuk visual, atau undangan bergambar seperti undangan cetak tetapi dalam bentuk digital.

Sementara untuk media pengiriman undangan online pun bermacam-macam variasinya, ada yang melalui social media seperti pesan Facebook, event invitation Facebook, atau newsfeed Instagram, serta ada juga yang mengirimkannya melalui online messenger, seperti WhatsApp, LINE,dan sebagainya.

Namun, walau kemajuan teknologi telah membawa undangan ke ranah yang lebih modern, tetapi konsep dalam menentukan undangan pernikahan online seperti ini masih tetap dianggap kurang sopan jika digunakan untuk mengundang pihak-pihak tertentu.

Calon pengantin tetap harus mencetak beberapa buah undangan konvensional untuk orang-orang yang dianggap sangat penting atau dihormati. Contohnya untuk mengundang keluarga yang lebih tua atau yang dituakan, atau mengundang para petinggi di perusahaan tempat bekerja

Agar tidak bingung bagaimana menentukan undangan nikah, ada baiknya simak beberapa tips berikut ini

  1. Tentukan Tema Pernikahan

Ini adalah hal pertama dan terpenting yang harus dilakukan sebelum bergerak ke pemilihan konsep undangan. Kenapa begitu? Hal ini agar nuansa tema yang dibaca atau dilihat secara visual oleh para calon undangan saat menerima undangan akan senada dengan nuansa dan tema saat acara pernikahan.

Misalnya, calon pengantin ingin membuat acara pernikahan yang bertema garden rustic wedding, tema undangannya bisa dengan warna natural. Atau, misalnya acara pernikahan nantinya adalah modern minimalis dengan tema internasional, maka undangan juga bisa dengan desain minimalis tanpa terlalu banyak gambar.

  1. Memakai Satu Konsep

Sesungguhnya ini adalah salah satu cara untuk efisiensi alokasi dana. Karena ada beberapa tempat desain undangan yang menerapkan dua harga untuk dua kebutuhan berbeda yaitu undangan cetak dan undangan online, karena itu mintalah untuk dibuatkan satu desain saja yang bisa digunakan untuk keduanya.

Yang seperti apakah desain yang dimaksud? Pastikan content yang ada di dalam undangan tidak terlalu dipenuhi oleh hal-hal yang tidak begitu penting. Dua hal ini memang cantik untuk dilihat atau dibaca, tapi bukan ini informasi penting yang harus ada di dalam undangan, sehingga untuk kebutuhan efisiensi desain, bagian ini bisa diabaikan.

Kemudian, pastikan bagian informasi penting seperti tanggal, lokasi, dan waktu agar dibuat dengan ukuran cukup besar. Alasannya agar saat desain yang sama dilihat di media online berukuran layar ponsel, informasi penting ini bisa langsung terbaca.

Mintalah kepada desainer undangan untuk mengirimkan preview undangan tersebut melalui media digital seperti email atau WhatsApp. Setelah itu, jika desain sudah final dan tidak ada revisi lagi, maka preview desain yang terakhir tadi sudah bisa mulai disebarkan ke teman-teman yang akan menerima undangan secara online.

  1. Tidak Perlu Mahal

Bagian ini juga penting, menyebarkan undangan yang tampak elegan, dan berkelas memang sesuatu yang sangat menggoda iman, tetapi jangan terkecoh. Konsep undangan pernikahan yang seperti itu tidak perlu mahal.

Harus diingat bahwa yang dibutuhkan oleh penerima undangan adalah isi informasinya, bukan kertasnya. Jadi tidak penting apakah jenis kertasnya yang diimpor dari luar negeri, tidak penting juga apakah undangan itu harus keras menggunakan hard cover. Pada akhirnya lembaran undangan cetak itu juga tidak akan disimpan oleh mereka setelah acara pernikahan berlalu, bukan?

  1. Penerima Undangan Cetak

Ini adalah bagian terakhir dari konsep menentukan undangan pernikahan yang sedang kita bahas. Untuk menentukan berapa undangan yang akan dicetak, calon pengantin harus memastikan jumlah tamu undangan penting yang akan di undang.

Pastikan tidak menyia-nyiakan undangan yang sudah tercetak lalu tersebar tanpa jumlah undangan yang pasti. Sayang jika sudah cetak banyak ternyata sebagian dari mereka justru meminta undangan online saja karena mereka ingin dengan mudah menyimpan informasinya di dalam ponsel mereka. Jadi, jangan sampai jumlahnya tidak akurat dan undangan cetaknya jadi terbuang-buang percuma, ya.

Jika masih bingung juga ingin konsep undangan pernikahan yang seperti apa, coba bicarakan kembali dengan pasangan. Mungkin saja dengan membahas ini berdua, kalian bisa menghasilkan ide konsep menentukan undangan pernikahan yang unik dan tentunya semakin berkesan untuk acara kalian nanti. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *