Kiat Merencanakan Pernikahan Saat Pandemi Tanpa Kendala

Kiat Merencanakan Pernikahan Saat Pandemi Tanpa Kendala

Merencanakan pernikahan saat pandemi Covid-19 memang termasuk pada momen yang cukup sulit dihadapi. Akibat dari pandemi corona ini, banyak aktivitas maupun agenda yang menjadi sangat terbatas bahkan terpaksa tidak bisa dilaksanakan.

Namun yang namanya pernikahan tentu saja masih dianggap sebagai momen sakral sehingga perlu diselenggarakan. Dikarenakan ada pembatasan dari pemerintah, maka pernikahan selama pandemi harus mengikuti protokol kesehatan. Dengan ikuti tipsnya, kamu bisa tetap melangsungkan pernikahan bahkan lebih intimate.

Tips merencanakan pernikahan saat pandemi tanpa kendala

  1. Tentukan Kapasitas Hadirin Dalam Acara Pernikahan Sejak Awal

    Dikarenakan adanya pandemi corona, pasti acara pernikahan juga harus dibatasi semaksimal mungkin agar tidak terjadi penularan. Padahal acara pernikahan kamu diharuskan tetap berjalan meskipun tidak bisa mengundang banyak orang. Agar tetap bisa berjalan, kamu perlu menentukan berapa kapasitas hadirin yang akan diundang ke acara pernikahan. Kamu juga harus memperhatikan peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah agar tidak melanggar kebijakan.

    Berdasarkan informasi pemerintah yang ditetapkan dalam peraturan pernikahan saat pandemi, maksimal total peserta acara hanya dibatasi 30 orang. Dalam jumlah tersebut, kamu perlu memanfaatkan segala komponen yang ada secara optimal sesuai protokol kesehatan.

    Bagi kamu yang punya lahan atau ruang di rumah, bisa disulap sebagai tempat acara pernikahan digelar. Menggunakan dekorasi yang sesuai dan rencana matang, pasti persiapan untuk menyelenggarakan acara pernikahan tetap bagus. Jadi meskipun tak mengundang tamu, setidaknya acara bisa ditampilkan apik secara online.

  2. Rencana Prosesi Acara Pernikahan Dengan Protokol Kesehatan

    Pada saat pandemi covid-19 masih berlangsung, tentunya acara pernikahan tidak bisa diselenggarakan secara bebas. Harus ada pembatasan terkait dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah demi keselamatan bersama. Kamu juga berperan untuk menjaga kesehatan masyarakat dengan menetapkan acara pernikahan sesuai protokol kesehatan. Misalnya para hadirin acara pernikahan harus menggunakan masker sejak awal hingga akhir prosesi.

    Kamu sebagai pemilik acara pernikahan tentunya juga harus mempersiapkan tempat cuci tangan beserta sabun di beberapa titik. Tujuannya agar para tamu resepsi saat tetap dalam keadaan bersih dan sehat. Pastikan pula bahwa para hadirin hanya lingkup keluarga saja dan terbukti sehat tanpa corona. Lantas untuk tamu yang lain bisa melihat prosesi acara pernikahan dengan mengakses siaran langsung melalui media tertentu. Sebagai contoh yaitu zoom, live instagram, live facebook, dan media pengunggah siaran langsung lainnya.

    Asalkan semua tetap berjalan sesuai dengan protokol kesehatan, pasti acara pernikahan tidak akan ada kendala. Justru dengan jumlah tamu yang eksklusif, maka acara pernikahan bisa dijalankan secara khidmat selama berlangsung.

  3. Tentukan Dekorasi Rumah Sesuai Konsep Desain Pernikahan

    Dikarenakan acara pernikahan hanya digelar di rumah saja, bukan berarti tidak perlu dekorasi yang menghiasi ruangan. Tetap harus ada dekorasi untuk membuat pandangan acara pernikahan menarik dan membawa kesan elegan di mata para tamu hadirin maupun tamu online. Maka dari itu, perlu dipastikan bahwa segala sudut ruangan acara pernikahan dan sekitarnya mendapat porsi dekorasinya.

    Anda bisa berkonsultasi secara langsung dengan ahli dekor asal Jakarta tersebut seputar desain ruangan yang modern. Permasalahan desain memang perlu disesuaikan dengan selera yang kamu miliki beserta kesepakatan keluarga sejak awal. Semua itu bisa dipikirkan apabila konsep awal pernikahan kamu telah dirancang dengan baik dan terorganisir.

  4. Abadikan Momen Indah Dalam Bentuk Fotografi dan Videografi

    Setiap momen yang terjadi selama acara pernikahan pasti ingin diabadikan untuk dikenang di kemudian hari. Kamu bisa menggunakan jasa fotografi dan videografi untuk mengabadikan momen maupun diunggah ke dalam media sosial.

    Terutama dalam rangka pernikahan saat pandemi, foto dan video bisa dijadikan sebagai penanda bahwa acara telah berlangsung. Dengan mengunggah foto maupun video ke media sosial, kamu tetap bisa berbagi momen bersama kerabat yang tidak diundang karena PSBB.

  5. Pesan Catering Dengan Sistem Antar Tiap Rumah

    Acara pernikahan di saat pandemi corona memang tidak bisa mengundang banyak orang ke dalam suatu kerumunan. Padahal yang namanya pernikahan pasti identik dengan acara bersyukur atas menyatunya dua insan menjadi satu. Acara syukuran ini dilambangkan dengan hidangan makanan yang disuguhkan kepada para tamu atau hadirin pernikahan. Akan tetapi, sistem menyuguhkan hidangan makanan sekarang mulai berubah dan berbeda karena adanya pandemi covid.

    Di tengah pandemi ini, kamu bisa menerapkan sistem antar makanan dalam rangka syukuran pernikahan ke tiap rumah. Alangkah baiknya, kamu membuat daftar atau list terlebih dahulu terkait siapa saja yang akan dikirimi makanan catering ke rumahnya langsung. Kamu bisa memilih catering apa saja yang sesuai dengan selera atau budget sebagai lambang syukuran dari acara pernikahan.

Dengan segala persiapan seperti di atas, merencanakan pernikahan saat pandemi tetap bisa terwujud secara lancar tanpa kendala. Selain persiapan teknis di atas, kamu jg bisa mempersiapkan hal lainnya untuk mewujudkan hari bahagia kamu dan pasangan seperti undangan, souvenir hingga cincin kawin. Ketiga item tersebut bisa kamu beli secara online.

Untuk cincin kawin, tentu saja kamu bisa membelinya di V&Co Jewellery yang menyediakan berbagai kemudahan dalam membelinya mulai dari berbelanja di website resminya www.vncojewellery.com ataupun melalui Tokopedia hingga melalui aplikasi chat WhatsApp! Yuk klik disini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *