persiapan pernikahan

8 Hal yang Harus Diperhatikan Menjelang Pernikahan

foto cover oleh chinaentertainmentnews.com

Kamu pasti tahu jika persiapan pernikahan tidak semudah yang kamu bayangkan. Kamu pasti sudah mendengarnya melalui teman-temanmu yang sudah melangsungkan pernikahan sebelumnya. Selain itu juga kamu pasti membayangkan bagaimana rasa pusing serta lelahnya mempersiapkan itu semua. Apalagi jika kamu ingin acara pernikahanmu ini istimewa dan bisa menjadi kenangan untuk kamu dan orang-orang terdekatmu.

Menyiapkannya secara mendadak akan membuatmu kesusahan jika hari pernikahanmu sudah dekat. Tidak ada salahnya jika kamu mempersiapkannya dari jauh-jauh hari bahkan sebelum hari pernikahannya sendiri ditetapkan. Kira-kira apa saja yang harus diperhatikan saat pernikahan pernikahan demi mewujudkan pernikahan matang yang tidak membuat kamu repot dan memusingkan. Simak artikel di bawah, yuk!

1. Menyiapkan gaun serta setelan jas untuk di pelaminan dan seragam untuk kerabat.

Bahkan sebelum punya pasangan ataupun wacana nikah hadir, kebanyakan perempuan sudah impian sendiri pakaian pengantin seperti apa yang kelak akan dipakai. Ada yang inginnya menggunakan gaun sederhana sedikit klasik, ada juga yang ingin memakai kebaya tradisional atau pakaian adat sesuai daerah asal. Apapun model pakaian pengantin yang akan kamu kenakan, menyiapkan sedari sekarang sah-sah saja.

Tinggal kamu pilih mau menyewa atau membuat. Kalau menyewa, kamu bisa mencari dari sekarang penyewaan kebaya yang memang bagus kualitasnya. Sedangkan kamu yang ingin membuatnya sendiri, menyicil bahannya dari sekarang pastinya lebih baik. Jangan lupa juga menyicil bahan-bahan untuk seragam para kerabat. Toh bahan atau kain-kain itu bisa disimpan sampai kapanpun dan tak perlu khawatir rusak jika disimpan dengan baik.

2. Memikirkan matang-matang tempat untuk mengadakan pernikahan.

Menyewa gedung atau memanfaatkan halaman rumah sendiri, kamu bisa memilihnya sedari sekarang. Kalau ingin menyewa gedung, mencari gedung di mana yang sekiranya cocok dan sesuai budget. Tapi kalau ingin mengadakan acara di rumah sendiri, persiapkan apa saja yang dibutuhkan mulai dari tenda sampai dekorasi yang sesuai dan catat di bukumu agar tidak lupa. Jadi nanti, ketika tanggal sudah ditentukan, kamu sudah tahu akan menyewa gedung atau tenda dan segala perlengkapannya di mana.

3. Mempersiapkan souvenir untuk acara pernikahanmu.

Ini dia yang sering kali disiapkan secara dadakan oleh para calon pengantin. Souvenir atau cinderamata untuk tamu memang kelihatannya sepele, sebab benda-benda itu memang tak terlalu sulit untuk didapatkan. Padahal yang sepele ini bisa buat kamu pusing kalau saja kamu baru ingat saat mendekati hari H. Nah, supaya kamu tak memikirkannya lagi kelak, menyiapkan souvenir apa yang akan diberikan ke tamu bisa dicicil dari sekarang.

Misalnya kamu yang ingin souvenirnya nanti unik dan tak mainstream, seperti tanaman katus hias yang mungil-mungil, kantong berukuran sedang berisi biji kopi, atau bibit tanaman. Apapun itu kalau sudah dipilih dan dicicil dari sekarang, pastinya tak akan merepotkanmu.

4. Melakukan test food ke vendor katering.

Selain gedung dan busana pengantinnya, pelayanan katering jadi salah satu hal utama yang perlu diperhatikan baik-baik. Sebab ini menyangkut jamuan untuk para tamu undangan kelak. Kamu tak bisa sembarangan, bukankah keinginanmu para tamu ini bisa merasakan kebahagian yang kamu dan pasangan rasakan.

Jadi, kalau sekarang kamu mulai datang ke acara-acara yang diadakan vendor katering untuk icip-icip jasa makanan mereka itu lebih baik. Kamu jadi bisa mengira-ngira jasa katering mana yang akan dipakai serta perkiraan biayanya. Demi memuaskan tamu dengan baik tapi tidak bikin kamu pusing tujuh keliling.

5. Memperkirakan siapa yang akan diundang.

Siapa saja yang akan diundang, itu lebih penting lagi sebenarnya. Dari banyaknya tamu yang diundanglah kamu bisa menentukan seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyewa gedung, seberapa banyak jasa katering yang dipesan, sampai souvenir-souvenir yang dibutuhkan. Karena itu, menghitung sedari sekarang orang yang akan diundang penting kamu lakukan, karena tamu undangan juga termasuk persiapan pernikahan yang penting.

6. Menyiapkan administrasi untuk ke KUA.

Jangan dipikir mengurus adminstrasi di KUA itu mudah. Di sini juga kamu akan merasa pusing dengan dokumen-dokumen yang perlu dilengkapi. Mulai dari fotokopi ktp, kk, ijazah, pas foto, sampai materai. Mekanisme administrasi pertama yang harus dilakukan adalah mengurus surat pengantar dari RT/RW. Lalu kamu bisa mengurus surat lainnya seperti NI, N2, N4, sampai surat keterangan belum menikah di kelurahan tempat tinggalmu. Setelah selesai mengurus dokumen-dokumen itu, baru bisa menuju ke KUA kecamatan tempatmu tinggal.

7. Menentukan cincin kawin.

Persiapan pernikahan selanjutnya adalah menentukan cincin kawin. Sama dengan 6 hal di atas, yang satu ini juga tidak kalah penting. Cincin kawin merupakan salah satu susunan acara yang tidak boleh ditinggalkan. Sebisa mungkin kamu harus menyiapkannya dari jauh-jauh hari. Kamu bisa membelinya di toko online V&Co Jewellery jika kamu merasa tidak memiliki cukup waktu untuk mencari cincin kawin. Tapi jika kamu memiliki cukup waktu, kamu bisa mengunjungi toko offline nya.

8. Menabung untuk hari pernikahan dan kehidupan setelah pernikahan.

Menggelar pesta pernikahan memang membutuhkan modal yang cukup banyak. Tapi, modal pesta nikah sebenarnya masih belum sebanding dengan modal membangun rumah tanggnya sendiri. Kamu sudah harus memikirkan tempat tinggal setelah menikah, biaya sehari-hari, sampai persiapan untuk anak-anakmu kelak. Kamu perlu mulai benar-benar menabung dari sekarang. Supaya setelah menikah nanti, kamu sudah memilliki tabungan untuk ke depannya.

Mengurus pernikahan memang memusingkan, tapi ingat, agar acara berjalan lancar memang membutuhkan effort yang tinggi. Untuk kamu yang sedang pusing dengan persiapan pernikahan, kamu sudah sampai tahap mana?  Semoga berjalan lancar, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *