Startegi Menjual Emas

Startegi Menjual Emas

Dalam membeli emas, kita perlu merogoh kocek agak dalam, namun hal ini tidak akan mengecewakan karena dalam menjual emas pun kita akan mendapatkan harga yang juga tidak jauh berbeda.

Emas adalah bahan perhiasan yang digemari oleh banyak orang karena kilaunya yang dapat memberikan kesan elegan dan berkelas. Emas dapat dibuat menjadi bermacam-macam model perhiasan yang cantik. Dimulai dari liontin, perpaduan emas dengan batu, dan tentu saja emas yang memiliki mata-mata perak yang bersinar dengan cemerlang. Selain jenis model dan karat yang dipertanyakan saat proses pembelian emas oleh kebanyakan orang, tentu saja masalah harganya. Harga emas bermacam-macam tergantung dari nilai gram dan karat yang ada.

Emas  merupakan perhiasan yang hampir disukai oleh setiap umat manusia dikarenakan tampilannya yang cantik. Banyak wanita yang membeli emas untuk dijadikan investasi, koleksi, dan juga tabungan. Bahkan, sebagian orang juga membeli emas dengan tujuan agar dapat digadaikan suatu hari untuk memenuhi biaya keperluan penting yang mendadak.

Terkadang orang menjual emas dikarenakan harga per-gramnya yang sedang naik kemudian menukarkan emas tersebut dengan sejumlah uang dan membeli emas yang ukuran gramnya lebih besar lagi. Meski terkadang kenaikannya tidak terlalu tinggi namun tetap  memberikan keuntungan kepada orang yang menukarkannya.

Namun, akankah harga emas naik? Harga emas tentu saja akan naik sewaktu-waktu, naiknya harga emas disebabkan oleh beberapa faktor seperti tingginya angka permintaan emas di kalangan masyarakat. Biasanya jumlah masyarakat yang  membeli emas akan naik saat di hari-hari besar contohnya adalah hari raya tahun baru Imlek. Di hari besar seperti hari raya Imlek angka pembelian emas akan melonjak. Ketika permintaan suatu barang menjadi tinggi hal ini akan mempengaruhi penawaran harga suatu barang.

Startegi Jitu Menjual Emas dengan Harga Tinggi

Investasi Emas Antam

Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan dari perhiasan cantik yang disebut emas ini, kamu harus pintar-pintar memilih waktu yang tepat untuk membeli ataupun menjualnya. Ikuti strategi-strategi berikut agar kamu tidak salah langkah dalam membeli atau menjual emas.

Ketahui Harga Emas Terkini

Cari informasi melalui beberapa sumber untuk mengetahui harga emas, pastikan kamu sudah benar-benar membuat list untuk mengumpulkan data harga-harga emas terkini dari beberapa sumber. Kemudian bandingkan harga emas tersebut. Kira-kira mana yang kamu rasa memiliki data paling akurat.

Berkeliling Toko Emas

Untuk lebih meyakinkan lagi lebih baik kamu berkeliling ke setiap toko emas -kami menyarankan di Toko Emas Cikini yang kamu jumpai sebelum memutuskan untuk membeli ataupun menjual emas. Jangan terlalu tergesa-gesa dalam membeli atau menjual emas daripada kamu menyesal ketika menemukan toko emas yang mau membeli emas yang kamu miliki dengan harga tinggi, ataupun ketika kamu ingin membeli emas dengan harga yang lebih terjangkau.

Waspada Dengan Trik Toko Emas

Ada beberapa trik pegawai toko emas agar emas yang akan kamu jual memiliki nilai jual yang rendah

yakni:

  1. Saat kamu ingin menguji emas yang kamu miliki biasanya pemilik toko emas ataupun pegadaian akan mengecek emas yang kamu bawa dengan alat penguji keaslian emas yang disebut avometer atau X-ray Fluorescence. Toko emas atau pegadaian yang tidak jujur biasanya akan meminta kamu untuk menggosok emas dengan alasan agar emas yang kamu miliki lebih mudah diuji. Padahal dengan menggosok emas justru hal ini akan menjatuhkan nilai karat emas mu. Karena itu berhati-hatilah untuk tidak menuruti kemauan orang yang akan menguji emas dengan cara digosok.
  2. Jika saat pergi ke toko emas dan kamu menunjukan emas yang ingin kamu jual kepada toko emas biasanya untuk meraup keuntungan dari emas milikmu salah satu pegawai toko emas akan mengatakan bahwa emas yang kamu jual sudah menyusut karena terlalu lama disimpan. Padahal pada dasarnya emas tidak akan bisa menyusut hanya karena disimpan terlalu lama. Jika sudah seperti ini lebih baik kamu meminta agar emas langsung ditimbang saja.
  3. Ketika kamu memiliki emas yang baru saja di produksi, biasanya penjual akan mengatakan emas yang kamu miliki masih terlalu muda dan cahayanya masih redup, karena sesungguhnya warna emas tidak ditentukan berdasarkan kapan produksi emas tersebut.
Sertakan Surat Pembelian Emas

Dalam hal menjual emas nota pembelian emas ini harus kamu jaga baik-baik, jangan sampai tercecer kemudian hilang begitu saja. Karena bukti surat saat pembelian emas ini dapat membuktikan keaslian emas yang kamu miliki dan selain itu juga dapat membuat harga emas yang kamu jual semakin tinggi. Jadi surat pembelian emas harus disimpan baik-baik jangan sampai hilang kalau tidak bisa-bisa emas yang ingin kamu jual dianggap palsu.

Kadar Emas dan Harga Jualnya

Sebagai penggemar perhiasan berbahan dasar emas tentu kamu harus memahami secara menyeluruh mengenai takaran emas dan harga jualnya agar tidak dikelabui oleh pegawai toko emas. Kadar emas adalah karat, jika nilai karat tinggi maka semakin tinggi juga harga jualnya.

Kamu harus bisa memastikan bahwa nilai karat emas yang kamu miliki sesuai jumlahnya dengan uang yang kamu terima. Harga emas juga dapat dilihat dari beratnya. Maka dari itu sejak awal sebaiknya kamu membeli emas yang nilai karatnya diatas 18 karat.

Perhatikan Response Dari Penjual Emas

Saat kamu berkunjung ke toko emas dengan membawa emas yang akan kamu jual dengan mengajukan harga penawaran kepada pemilik atau pegawai toko emas, perhatikan baik-baik bagaimana reaksi pegawai toko tersebut.

Jika reaksi pegawai toko emas tersebut menunjukkan semangat dan nafsu yang menggebu – gebu ketika mendengar tawaran yang kamu minta. Itu adalah pertanda bahwa emas yang akan kamu jual memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan harga jualnya. Kalau sudah begini kamu jangan sungkan untuk menaikan penawaran harga emas yang akan kamu jual.

Jual Emas Pada Kolektor

Jika kamu bermaksud untuk menjual perhiasan emas yang bersejarah, misalnya usia emas yang kamu miliki sudah cukup tua dan memiliki unsur seni tersendiri di dalam emas tersebut. Kamu bisa segera mencari kolektor untuk dan menawarkan emas yang akan kamu jual.

Kenapa? Karena dengan kamu menjual emas mu kepada kolektor bukan hanya nilai karatnya saja yang dihitung akan tetapi unsur seninya. Semakin antik emas yang kamu miliki kolektor tidak akan tanggung-tanggung untuk memberikan penawaran dengan harga yang fantastis.

Jual Emas Kepada Sahabat Dekat

Tidak ada salahnya untuk mengundang teman-teman lama sesama penggemar emas untuk berkumpul bersama. Di saat itulah kamu memiliki kesempatan untuk menawarkan emas-emas yang ingin kamu jual bisa di bilang buatlah acara semacam pelelangan yang nantinya kamu akan menemukan siapa yang bersedia untuk menebus emas yang kamu jual. Tentu saja sebelumnya kamu sudah harus menetapkan kisaran harga emas tersebut.

Bagaimana apakah kamu sudah cukup paham tentang bagaimana cara mengetahui kapan harga emas akan naik dan tips juga trik untuk menjual atau membeli emas? Sekarang kamu tidak perlu khawatir dalam menjual emas maupun membelinya. Dengan berhati-hati dan mencari tahu banyak informasi dari berbagai sumber pasti semuanya akan menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi kamu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.