Pekerjaan wedding organizer adalah penawaran suatu jasa yang secara khusus membantu calon pengantin dan keluarga dalam merencanakan rangkaian acara pernikahan sesuai dengan konsep yang telah ditetapkan.

Tugas utama wedding organizer adalah menyusun jalannya acara dimulai dari akad nikah, pelaminan, catering, rias pengantin, hingga dokumentasi. Pekerjaan wedding organizer merupakan sebuah pekerjaan yang cukup menantang, anggota harus memiliki kepribadian yang humble, cepat tanggap dan dapat diandalkan.

Kemampuan cekatan dan sejenisnya sangat dibutuhkan oleh wedding organizer kerjasama serta kekompakan tim merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap anggota wedding organizer. Karena itulah sifat terbuka dan mudah bergaul adalah kepribadian yang tepat untuk menjadi bagian dari tim wedding organizer. Sebagai wedding organizer yang profesional harus bisa menghadapi berbagai masalah di setiap situasi terutama saat menjelang resepsi pernikahan klien.

Jika sudah terjadi masalah seperti kesalahan teknis saat berlangsungnya pesta pernikahan tim wedding organizer harus bisa menyelesaikan segala masalah tersebut secepat mungkin karena itulah lancarnya acara pernikahan berada di tangan wedding organizer. Demi memenuhi kepuasan klien wedding organizer harus bekerja keras dan teliti maka dari itu pekerjaan wedding organizer bukanlah suatu perkara yang mudah.

Sekilas Tentang Pekerjaan Wedding Organizer

Apa saja pekerjaan Wedding Organizer? Pekerjaan wedding organizer dimulai dari mempersiapkan setiap bagian-bagian kecil hingga yang terbesar dari acara resepsi pernikahan. Saat berjalannya acara pun seorang wedding organizer harus pintar-pintar mengatur waktu agar rundown acara dapat berjalan sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan.

Karena pernikahan yang dilakukan secara indoor ataupun outdoor tempat tersebut sudah di sewa sesuai dengan ketentuan waktu yang dibayarkan sehingga, ketepatan waktu dalam menyewa tempat harus sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat. Maka sebagai wedding organizer jangan sampai membuat waktu terhambat sehingga jadwal menjadi kacau dan acara pun tidak berjalan secara semestinya.

Selain itu wedding organizer dituntut untuk terbiasa dalam me-manage waktu dan bergerak cepat. Pekerjaan wedding organizer diwajibkan untuk seprofesional mungkin karena jika tidak hal ini juga akan mempengaruhi masa depan orang yang berkarir sebagai wedding organizer. Jika klien merasa tidak puas maka wedding organizer tidak memiliki citra yang baik dan jumlah klien pun akan menurun.

Ditambah lagi adanya persaingan dari wedding organizer lainnya. Di zaman sekarang ini sudah banyak sekali wedding organizer profesional yang menjamur di seluruh Indonesia. Agar tidak kalah dalam persaingan, setiap wedding organizer diharapkan dapat memberikan pelayanan yang memuaskan di mata klien.

Jika kamu bercita-cita untuk membuka jasa wedding organizer kamu harus mengetahui secara detail apa saja pekerjaan wedding organizer. Melalui artikel ini kamu akan segera mengetahui apa saja pekerjaan wedding organizer.

Apa saja tugas Wedding Organizer?

  1. Perencanaan Pernikahan

    Free Images : notebook, writing, diary, office, paper, brand, art ...
    Saat membicarakan perencanaan pernikahan disinilah saatnya tim wedding organizer menjelaskan paket-paket yang ditawarkan secara rinci dengan harga yang terjangkau dan meyakinkan agar klien pun merasa tertarik dan memutuskan untuk menggunakan jasa wedding organizer.

    Biasanya paket-paket yang ditawarkan mencakup pemilihan baju pengantin, ukuran tenda, dan tema upacara adat. Setelah calon pengantin memilih paket yang telah tersedia wedding organizer akan memberikan estimasi harga. Pasangan calon suami istri yang menggunakan jasa wedding organizer pastinya tidak mengeluarkan biaya yang sedikit untuk itu agar mereka mengerti akan biaya yang mahal ini saatnya sebagai wedding organizer untuk mempromosikan apa saja kelebihan-kelebihan yang terdapat di tiap paket tersebut.

    Saat berdiskusi tentang perencanaan pernikahan wedding organizer akan menjelaskan setiap proses dari sebuah konsep pernikahan yang diminta oleh pasangan calon suami istri dalam hal ini wedding organizer pada umumnya akan memperlihatkan referensi pesta pernikahan yang sudah pernah dijalani sebelumnya untuk mempromosikan hasil kerja wedding organizer. Referensi yang sudah ada biasanya akan ditunjukan melalui bentuk video atau foto-foto.

  2. Mempersiapkan Acara Pernikahan

    Memorial events in Chernobyl • President of Russia
    Setelah terjadi kesepakatan antara wedding organizer dan pihak calon pengantin tentang konsep pernikahan yang sudah dibicarakan dari jauh-jauh hari pekerjaan wedding organizer dimulai dengan mempersiapkan acara pernikahan dimulai dari penyusunan acara calon mempelai.

    Dalam mempersiapkan acara pernikahan wedding organizer akan kembali berdiskusi dengan pihak keluarga atau kerabat calon mempelai untuk membicarakan hal seputar bantuan pelengkap acara pernikahan seperti bridesmaid dan penerima tamu undangan.

    Setelah itu segera dilakukan dekorasi pernikahan jika pernikahan dilaksanakan di dalam gedung atau pemasangan tenda jika pernikahan dilangsungkan secara outdoor. Kemudian wedding organizer juga akan mempersiapkan catering yang akan dilaksanakan minimal H-3.

  3. Merincikan Anggaran

    Royalty-free budget photos free download | Pxfuel
    Wedding organizer wajib menjelaskan secara rinci kepada kedua calon pengantin mengenai anggaran dana untuk biaya pernikahan secara keseluruhan. Memang ada beberapa klien yang mengurus anggaran secara pribadi tapi, dikarenakan jadwal kegiatan yang cukup padat terkadang klien membutuhkan jasa wedding organizer untuk mengatur anggaran dana.

    Ketika wedding organizer mulai mempertimbangkan penyewaan sebuah gedung dan membuat janji dengan vendor wedding organizer harus memastikan bahwa total anggaran biaya pernikahan telah disepakati oleh berbagai pihak dari pihak calon pengantin dan juga para vendor. Wedding organizer juga harus pintar dalam bernego harga dengan vendor untuk memuaskan hati klien.

  4. Lokasi Pernikahan


    Setelah wedding organizer mendapatkan persetujuan tentang anggaran dana dari kedua calon pengantin ini saatnya untuk men-survey lokasi pernikahan. Wedding organizer akan membantu mencarikan gedung yang sesuai dengan konsep pernikahan yang diinginkan oleh kedua calon pengantin. Kemudian mencari perbandingan antara satu gedung dengan gedung yang lainnya serta mengetahui secara detail tentang penyewaan gedung.

    Wedding organizer juga harus mencari tahu tanggal pernikahan yang sudah ditentukan apakah  gedung masih bisa di sewa pada tanggal tersebut. Setelah men-survey gedung, tim dapat melakukan follow up kepada klien dan menentukan jadwal untuk technical meeting antara vendor gedung dan calon pengantin.

    Saatnya bagi wedding organizer untuk memilih vendor setelah sudah berhasil mendapatkan persetujuan dengan pemilihan lokasi pernikahan dan tanggal yang sudah ditetapkan. Vendor-vendor tersebut terdiri dari fotografer, videografer, dan juga toko bunga.

    Ketika sudah menemukan vendor yang sesuai dengan keinginan klien wedding organizer pun segera membuat janji untuk mengatisipasi penuhnya jadwal yang dimiliki.

  5. Acara Pernikahan

    Country Wedding | A country wedding. Location was Saumarez H… | Flickr
    Saat hari pernikahan yang ditunggu-tunggu telah tiba pekerjaan wedding organizer dituntut untuk bekerja lebih keras ketika hari pernikahan tiba. Wedding organizer diharuskan untuk datang lebih awal untuk mengatur segala hal yang menyangkut pesta pernikahan. Peran terbesar wedding organizer adalah ketika berjalannya acara pernikahan. Kelancaran jalannya acara tergantung pada wedding organizer dan jikaterjadi kesalahan tentu saja semua kesalahan akan dilimpahkan wedding organizer.

    Setelah itu yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa seluruh keluarga yang menjadi bridesmaid, panitia telah menerima informasi tentang rundown acara. Setelah itu mereka juga harus mengatur waktu jika diadakan upacara adat untuk selalu memberikan aba-aba kepada para tim upacara adat serta menginformasikan kepada tim dokumentasi agar semuanya berlangsung dengan waktu yang tepat.

    Wedding organizer adalah penghubung antara vendor karena tidak mungkin jika pada hari spesial ini calon pengantin masih berurusan dengan vendor. Justru hari pernikahan adalah saatnya untuk dinikmati bersama keluarga, kerabat dekat, dan sahabat.

  6. Selesai Acara Pernikahan

    Free stock photo of cambodia, CAMBODIA WEDDING, pre-wedding
    Wedding organizer juga bertugas memastikan bahwa setelah acara selesai dapat terorganisir dengan baik dan benar. Seperti memastikan mahar dan hantaran yang diberikan saat acara akad nikah sudah di simpan di tempat yang aman. Juga meminta salah satu dari pihak keluarga untuk menyaksikan penyimpanan tersebut sebagai bukti bahwa tim dari wedding organizer telah membantu untuk menjaga dan menyimpan mahar di tempat yang aman.

    Setelah itu wedding organizer juga harus memastikan bahwa kotak amplop dalam keadaan tersimpan di tempat yang aman. Selain menjamin keamanan barang berharga dalam acara pernikahan wedding organizer juga bertugas untuk mengatur tim yang akan membereskan dekorasi serta pengembalian properti yang telah dipakai untuk acara pernikahan. Setelah semuanya beres barulah pekerjaan wedding organizer dinyatakan selesai.

Seperti itulah beberapa gambaran tentang pekerjaan wedding organizer jika kamu berniat untuk membuka jasa wedding organizer. Kamu harus mengetahui secara detail tentang apa saja pekerjaan wedding organizer yang sangat penting untuk diketahui. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk membuka jasa wedding organizer di kemudian hari.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin