Tips Memilih Kue Pengantin

Sebuah pesta pernikahan akan terasa kurang lengkap tanpa adanya kue pengantin. Dan memilih kue pengantin gampang-gampang sulit.

Bahkan rasanya sekarang adanya kue pengantin sudah sebagai sebuah keharusan. Namun, adanya kue pengantin ini bukan hanya untuk hiasan atau pemeriah dekorasi saja. Ada makna mendalam di balik semua itu. Budaya pemotongan kue ini sudah ada sejak zaman Romawi dan berkembang sampai sekarang, dimana kue pengantin tersebut menjadi saksi awal akan perjalanan kisah kedua mempelai.

Sedangkan prosesi suap-menyuapnya merupakan simbolis perjanjian bagi pasangan itu untuk saling berbagi dalam berbagai situasi. Kue pengantin juga melambangkan rejeki dan kesuburan. Konon, dapat pula membawa keberuntungan bagi siapa pun yang memakannya. Jadi, jika calon pengantin datang ke pesta pernikahan, jangan lupa untuk mencoba sedikit kuenya.

8 Tips memilih Kue Pengantin

Kali ini kami telah merangkum beberapa tips dalam memilih kue pengantin supaya kalian tidak memilih simbol sakral itu secara asal-asalan.

  1. Pesan dari Jauh Hari

Perlu waktu yang cukup lama dalam menemukan vendor kue yang tepat. Apabila calon pengantin telah menemukannya, segeralah lakukan pemesanan. Kue dengan desain rumit tidak akan jadi dalam sehari semalam jika mereka tidak punya keahlian. Pihak toko pasti memerlukan waktu untuk mengerjakan pesanan dengan sedetail mungkin agar hasil dari kue pengantin terlihat indah dan menawan.

  1. Pilih Toko Kue yang Berpengalaman

Toko kue yang berpengalaman dalam pemesanan kue pengantin merupakan nilai plus. Mereka biasanya akan menyempatkan waktu untuk berkonsultasi tentang desain kue impian, memberi saran ini-itu, dan segala macamnya. Kadang-kadang saran semacam ini justru akan mewujudkan keinginan calon pengantin lebih dari eskpektasi sendiri. Percayalah pada tangan-tangan terampil mereka.

  1. Mencari Inspirasi Desain

Calon pengantin bisa mendapatkan inspirasi desain kue pengantin melalui internet. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengunjungi wedding expo. Di sana terdapat banyak desain kue pengantin yang mungkin saja bisa dipilih.

Baca juga:  Pahami Hal-hal Berikut Sebelum Mengoleksi Perhiasan Emas

Akan tetapi, akan lebih mudah jika calon pengantin berkonsultasi tentang desain kue pengantin dengan pihak toko kue. Sekali lagi, mereka yang punya jam terbang tinggi pasti lebih memudahkan calon pengantin.

  1. Sesuaikan Konsep

Calon pengantin harus menyesuaikan desain kue pengantin sesuai dengan konsep pernikahan. Hal tersebut akan membuat kesan yang senada dan hasil fotonya juga pasti terlihat lebih indah. Jangan sampai pesta pernikahan diadakan dengan konsep serba tradisional, tapi kue pernikahan ala-ala disney princess. Apa kata dunia?

  1. Memilih Bahan Kue

Calon pengantin dapat memilih kue dengan bahan fondant atau buttercream. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Proses pembuatan kue dengan buttercream memiliki rasa yang lebih enak dan memakan waktu yang cukup singkat, tapi punya resiko kerusakan yang tinggi. Sedangkan, kue dengan fondant memiliki proses yang terbilang cukup rumit dengan hasil yang bagus, tapi calon pengantin harus merogoh kocek yang lebih banyak.

  1. Mencoba Tester

Dalam memilih kue pengantin, bukan hanya desain yang harus diperhatikan. Rasa dari kue juga perlu untuk dipertimbangkan. Umumnya pihak toko kue akan mengajak calon pengantin untuk mencicipi berbagai varian rasa. Apabila calon pengantin telah menemukan rasa yang pas dengan selera pengantin, segeralah untuk memesannya.

  1. Pilih Toko Kue yang Dekat dengan Venue

Tips memilih toko kue pengantin yang satu ini wajib diikuti. Kenapa begitu? Ya, saat prosesi pemotongan kue, semua mata akan tertuju pada kue pengantin. Jadi, calon pengantin pasti tidak ingin kalau kue pengantin rusak karena jarak pengiriman yang terlalu jauh, bukan? Oleh sebab itu, memilih toko kue yang dekat dengan venue akan meminimalisir kerusakan  yang mungkin saja terjadi pada kue pengantin.

  1. Sesuai Budget

Besarnya budget dalam pemesanan kue pengantin tergantung dari seberapa rumitnya desain yang diinginkan. Semakin rumit desain yang kamu pesan, akan semakin tinggi pula budget yang harus dikeluarkan. Semakin besar kue yang dipesan, semakin besar juga usaha calon pengantin dalam membanting tulang untuk mendapatkannya. Tanyakan kepada pihak toko kue kira-kira desain apa yang sesuai dengan konsep, tapi calon pengantin juga harus ingat budget yang dipunya. Jangan memaksakan diri dan pasangan.

Baca juga:  Perbedaan Emas Antam dan UBS

Itu dia beberapa tips memilih kue pengantin yang bisa kami berikan. Sebelum calon pengantin memilih saksi dan simbolis cinta kalian, jangan lupa untuk mengikuti tips-tips di atas. Good luck!

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin