Tips Membeli Anting Berlian

Anting berlian adalah anting yang terbuat dari perpaduan berlian dengan logam lain, seperti emas, perak, atau palladium. Sementara berlian adalah intan yang sudah diasah, dipotong, dibentuk sedemikian indahnya agar dapat dijual atau dibuat menjadi berbagai macam perhiasan, seperti cincin, anting, gelang, dan liontin.

Adapun intan merupakan batuan mineral yang mengkristal lewat proses kimiawi dari karbon. Intan, terkenal karena memiliki sifat-sifat fisika yang istimewa, salah satunya anti pecah. Batu intan anti pecah karena terbentuk sangat lama mulai dari puluhan sampai ratusan tahun di perut bumi, tertekan panasnya magma dan tersembur keluar bersama lava.

Penambangan intan terutama dimulai di Afrika. Sampai saat ini, penambangan intan di Afrika masih berlanjut karena jumlahnya yang begitu banyak, sekira 130 juta “carat” (26.000 kg) intan per tahun.

Tentunya berlian-berlian itu akan dijual dengan berbagai tujuan. Mulai dari sebagai koleksi batu berlian mewah, sampai berbagai perhiasan mewah, seperti cincin berlian berpadu logam emas, anting berlian dengan logam palladium, dan lain-lain.

Membeli Anting Berlian Berdasarkan Karakter

Melihat kegilaan-kegilaan harga berlian tersebut, sudah cukup menggambarkan betapa mewahnya perhiasan berlian ini. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda sangat berhati-hati sebelum membeli anting berlian nan mewah pilihan Anda. Namun, bukan berarti mahalnya berlian dinilai dari kelangkaannya. Nilai sejarah, filosofi, dan proses pembuatan juga menjadi penilaian yang cukup krusial dalam penentuan harga berlian.

Selain itu, Anda pun harus lebih kritis dalam membeli berlian. Jangan hanya karena harganya mahal, Anda langsung beranggapan berlian ini pasti bagus dan cocok dengan Anda dan pasangan. Padahal, faktor selera juga perlu dipertimbangkan sebelum membeli berlian. Oleh karena itu, berikut beberapa tips memilih berlian berdasarkan karakter Anda:

A diamond is forever. Istilah ini tepat untuk menggambarkan perasaan seseorang saat mengenakan berlian. Dari istilah ini saja, Anda dapat menilai bahwa berlian juga mempengaruhi perasaan. Adapun perasaan, tidak akan lepas dari sifat dan karakter seseorang.

Oleh karena itu, Anda perlu melihat ke belakang, karakter seperti apa Anda dalam membeli barang atau perhiasan. Apakah klasik, imperial, atau bohemian? Ketiga karakter ini cukup mewakili sifat-sifat manusia dalam membeli perhiasan.

  • Model Anting untuk Karakter Klasik

Bagi Anda yang suka dengan hal-hal berbau lawas, punya nilai sejarah, atau pun filosofi, maka Anda memiliki karakter klasik. Model anting  yang cocok untuk Anda adalah yang sederhana namun tetap gemerlap.

Kira-kira ada potongan berlian-berlian kecil yang dirangkai emas putih berbentuk bulat sederhana. Anting  simpel ini biasa disebut suweng oleh orang Jawa. Adapun dalam bahasa Indonesia biasa disebut giwang, atau subang.

  • Model Anting untuk Karakter Imperial

Adapun Anda yang berkarakter imperial biasanya suka hal-hal yang fashionable. Karakter ini biasanya sangat memperhatikan penampilan, jangan sampai tidak nyambung dengan gaun bahkan gelang.

Model anting untuk karakter imperial bisa yang menggantung panjang seperti anggur siap petik. Model ini akan semakin elegan jika dipadukan gaun panjang sehingga terlihat bak seorang ratu.

Namun, tidak hanya dipadukan gaun panjang, Anda juga perlu memadukannya dengan kalung berlian.Desain kalung berliannya tidak perlu rumit, pilihlah yang simpel agar mengimbangi anting Anda.

Adapun berlian pada anting berkarakter imperial tidak perlu banyak-banyak.Hanya potongan-potongan kecil berlian, sehingga lebih misterius. Selain misterius, harganya pun jauh lebih murah dibanding banyak berlian namun tidak cocok dengan karakter Anda.

  • Anting Berlian untuk Karakter Bohemian

Anda suka kebebasan? Berbagai hal yang Anda lakukan inginnya tanpa aturan mengekang, apalagi soal gaya berpakaian. Kalau Anda memiliki karakter seperti itu, maka Anda adalah seorang bohemian.

Anda bisa memilih anting yang desainnya bulat menggantung di telinga, sehingga penampilan Anda menjadi lebih unik nan atraktif. Tidak hanya itu, Anda bisa memadukan berbagai macam warna, salah satunya yellow diamond sebagai pemanisnya.

Selain yellow diamond, ada beberapa pilihan warna lain yang bisa dipadukan dengan anting bulat Anda. Yaitu blue sapphire, dengan rangkaian logam emas putih sebagai penahannya. Jangan lupa, gaun gemerlap berwarna hitam sebagai penetral sekaligus penyempurna perhiasan Anda.

Tips-Tips Membeli Anting dengan Berlian

Selain anting-anting berlian sesuai karakter Anda, ada baiknya Anda melihat juga anting lain yang mungkin juga menarik. Seperti anting berlian stud. Anting ini merupakan salah satu anting populer dan banyak disukai wanita.Bentuk berliannya bulat simple, dengan emas putih sebagai penahannya.

Anting berlian dengan model yang sangat sederhana biasanya selalu cocok untuk digunakan pada setiap acara formal maupun non-formal.Anting yang hanya menggunakan satu mata berlian yang besar dan berkilau ini sungguh tampak cantik. Terlebih, bagi pribadi Anda yang menyukai kesederhanaan yang tetap mengesankan elegan, bisa jadi ini adalah salah satu anting berlian yang Anda cari.

Ada pula anting berlian unik yang memiliki desain menarik dengan taburan berlian-berlian yang memenuhi sehingga kilaunya semakin menarik perhatian. Puluhan berlian yang tersusun di kedua anting berlian ini pun juga menandakan bahwa tak heran untuk harga yang cukup mahal karena kualitas yang dipertahankan. Jangan khawatir untuk memiliki sepasang anting berlian yang unik dan penuh ini, karena Anda dapat memadukannya dengan gaya glamour seperti gaun merah menjuntai yang indah untuk ke pesta yang meriah.

Kalau Anda tipe orang yang menyukai perpaduan warna atau bermain warna, mungkin dengan paduan emas putih dan rose gold ini bisa jadi pilihan Anda. Tampilan anting ini sangat memukau karena kilau berlian yang berpadu dengan kilau rose gold yang indah. Untuk tampil ke berbagai acara?tentu saja bisa. Berlian yang tersusun seperti kelopak bunga ini tampak begitu manis dengan kerangka yang tampak sebagai pelindung berlian tersebut.

Setelah mengetahui anting berlian mana yang cocok dengan karakter Anda, maka sekarang Anda juga perlu tahu tips memilih anting berlian yang terbaik. Jangan sampai Anda tertipu karena minim pengetahuan soal perhiasan yang berasal dari batu abadi ini. Berikut tips-tips sebelum membeli anting berlian:

  1. Tetapkan Anggaran

Menetapkan anggaran sebelum membeli perhiasan tampaknya perlu Anda lakukan.Pasalnya harga sepasang anting berlian tentu menjadi hal yang patut diperhitungkan.Terlebih kualitas dari berlian serta jumlah caratnya juga menjadi persoalan harga yang harus dipikirkan secara matang.

Mengingat, berlian yang asli (bukan imitasi) harganya sangat mahal, bahkan untuk yang ukurannya kecil sekalipun.Maka, tulislah anggaran yang cukup untuk anting berlian Anda sebelum membelinya.

  1. Tentukan Ukuran Anting Berlian

Tidak semua anting akan pas di daun telinga Anda. Ukuran yang pas, akan menambah keanggunan dan kecantikan perhiasan Anda. Maka, pilihlah anting yang ukurannya pas dengan daun telinga Anda.Cara menentukan ukuran itu sendiri Anda bisa datang ke toko perhiasan dan mencoba beberapa anting yang dirasa ukurannya pas ketika Anda kenakan.Membeli secara online memang memudahkan, namun untuk hal ukuran agar tidak merepotkan Anda di kemudian hari, maka mencobanya langsung dengan pergi ke toko perhiasan adalah pilihan terbaik.

Selain keanggunan, alasan lain mengapa Anda perlu mengukur anting berlian adalah keseimbangan. Jangan sampai anting berlian Anda besar sebelah, karena akan menghilangkan kesan elegan.

Di sisi lain, Anda juga perlu memilih ukuran berdasarkan karakter dan aktivitas juga. Jika Anda wanita aktif, maka pilihlah berlian kecil. Jika Anda memang sengaja membeli berlian untuk pesta, maka anting berlian besar atau anting berlian fashion yang memiliki banyak batu berlian tersusun dalam kerangkanya bisa jadi pilihan.

  1. Pilih Toko Perhiasan Terpercaya

Setelah anggaran dan ukuran sudah diketahui, Anda juga perlu mengetahui jejak reputasi perhiasan yang akan Anda kunjungi. Jangan sampai toko tersebut memiliki reputasi buruk soal kualitas harga atau bahkan pelayanannya.Untuk itu, Anda bisa melihat beberapa testimoninya di berbagai media sosial atau mesin pencari. Cari tahu baik-baik apakah toko yang akan Anda pilih merupakan yang terbaik.

  1. Tentukan Potongan atau Cut Berlian

Anda perlu paham apa itu 4C. Yaitu Clear (kejernihan), Clarity (tingkat kecemerlangan), Carat (bobot), dan Cut (potongan). Clear adalah kejernihan berlian, clarity adalah kecerahan, carat adalah bobotnya, sementara cutting adalah potongannya.Dari keempat itu, satu hal yang cukup penting adalah potongan berliannya.

Proses pemotongan merupakan tahap penting untuk menentukan harga akhir berlian. Untuk cutting yang berlian tergantung pilihan Anda, namun perbedaan dari setiap cutting berlian ada pada pantulan cahaya yang dihasilkan.Pantulan cahaya yang paling sempurna adalah cutting round atau berlian yang berbentuk bulat yang seringkali ditemui di berbagai toko perhiasan.Ketahui juga beberapa jenis potongan seperti bentuk round, pear, marquise, cushion, heart, dan sebagainya.

  1. Pastikan Anting Berliannya Asli

Mungkin Anda awam dalam hal pengecekan berlian ini atau itu asli. Tapi, ada beberapa ciri yang bisa Anda ketahui dengan mudah dalam menentukan apakah berlian yang akan Anda beli asli atau palsu. Salah satu diantaranya, berlian asli tidak akan tergores. Ingat sifat berlian adalah kokoh.Batunya sangat kuat sampai dijuluki batu abadi. Sehingga, apapun tidak akan bisa menggores batu berlian kecuali adanya karat yang memang alami dari pembentukan alam.

Selain itu, berlian juga tidak akan panas jika dipanaskan, tidak bisa berkabut jika didinginkan. Hal ini karena berlian berasal dari perut bumi yang begitu panas, sehingga kekuatannya akan suhu sudah tidak lagi berpengaruh besar. Berlian asli juga tidak akan mengapung. Unsur berlian adalah padat, jadi tidak akan ada rongga di dalamnya. Sangat berbeda dengan imitasi, berlian imitasi cenderung mengapung karena mungkin terbuat dari plastik atau sedikit kaca. Sehingga, beratnya tidak akan mampu melawan air.

Terakhir, berlian asli memiliki sertifikat internasional, salah satunya dari GIA. Perhiasan mahal perlu data yang valid, sehingga sertifikat menjadi satu hal penting sebagai bukti bahwa berlian tersebut asli.

Itu dia beberapa tips sebelum membeli anting berlian. Sebagai saran sebaiknya pilihlah toko-toko perhiasan yang memang sudah terbukti reputasi dan backgroundnya. Jangan sampai Anda tertipu usai membeli berlian yang harganya sangat mahal.

vncoartikeladmin

Recent Posts

Paket Pernikahan All-in-One: Solusi Anti Ribet untuk Hari Bahagiamu!

Hayo, ngaku deh, siapa di sini yang udah ngayal-ngayal tentang hari pernikahan yang sempurna? Pasti…

6 jam ago

Inspirasi Foto Prewedding untuk Penggemar Harry Potter!

Hey kamu, ya kamu yang lagi baca ini, kamu Potterhead, kan? Pernah nggak sih kamu…

5 hari ago

Nikah Modal 20 Juta? Bisa!

Biaya nikah 20 juta, memang bisa? Menggelar pernikahan seringkali dipandang sebagai tantangan finansial yang cukup…

5 hari ago

Kapan Sih Waktu Paling Pas Buat Foto Prewedding?

Memasuki fase perencanaan pernikahan, pasti kamu dan pasangan nggak mau melewatkan satu momen penting yang…

7 hari ago

Memilih Lab Grown Diamond sebagai Cincin Pernikahan, Bukan Berlian Biasa!

Hey kamu yang sedang mengulik cincin pernikahan yang istimewa! Memberikan perhiasan menjadi salah satu cara…

7 hari ago

Ingin Menikah? Ini lah 8 Kriteria Pasangan Menurut Islam yang Perlu kamu Tahu

Menurut ajaran Islam, memilih pasangan hidup adalah keputusan yang sangat penting dan harus dilakukan dengan…

1 minggu ago