Catat, Ini Tips Membeli Cincin Secara Online

Catat, Ini Tips Membeli Cincin Secara Online

Ada banyak cara untuk membeli cincin. Kamu bisa mendatangi toko perhiasan dan memilih cincin yang diinginkan. Namun di zaman yang serba mudah sekarang, kamu juga bisa membeli cincin online. Ada beberapa tips membeli cincin online yang wajib kamu perhatikan.

Pastinya membeli barang berharga via online lebih berisiko dan membutuhkan kehati-hatian. Jika salah pilih toko perhiasan, pastinya kamu bisa mendapatkan cincin atau perhiasan yang palsu. Atau mungkin ukuran atau desaign tidak sesuai dengan keinginan. Maka, penting bagi kamu memahami berbagai tips saat membeli cincin online berikut ini.

1. Cek Referensi Cincin Secara Online

Langkah pertama yang sebaiknya kamu lakukan adalah mencari referensi secara online terlebih dahulu. Kau bisa menemukan banyak toko online yang menjual cincin. Pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah mengetahui design cincin yang disukai.

Sebelum memilih tokonya, kamu bisa mencari design dan model yang cocok untuk kamu. Misalnya apakah mau dengan model yang simpel atau polos atau malah ingin model cincin yang berkilau dengan design yang menawan. Semua itu tergantung ke selera masing-masing.

Tak hanya modelnya saja, kamu juga sebaiknya memilih bahan dan juga warna yang akan dipilih. Kamu bisa memilih aksen yang akan dipakai. Apakah mau menyematkan berlian di tengahnya atau mau membentuk cincin dengan unik. Semua itu bisa kamu cari tahu terlebih dahulu via online.

2. Memilih Toko Online yang Tepat

Langkah berikutnya dalam tips membeli cincin online adalah menentukan atau mendapatkan toko online yang tepat. Artinya, kamu harus memastikan bahwa toko online tersebut bisa mengakomodir keinginan sesuai dengan referensi yang sudah kamu cari. Tak hanya itu saja, kamu juga harus memastikan bahwa toko online tersebut terjamin.

Ada banyak cara untuk memastikan bahwa toko online yang kamu pilih sudah tepat. Pertama toko tersebut memiliki banyak channel penjualan mulai dari website resmi sampai memiliki toko di berbagai e-commerce. Kamu juga juga bisa melihat toko tersebut dari media sosialnya. Kalau sudah banyak followers maka sudah dipastikan toko tersebut terpercaya.

Kedua kamu juga harus mengecek testimoni dari para customernya. Biasanya toko online akan memajang testimoni untuk meningkatkan kepercayaan customer terhadap tokonya. Kamu juga bisa menanyakan orang terdekat yang pernah membeli di toko online. Pastinya pengalaman dari orang terdekat akan lebih terpercaya.

3. Pilih Model Cincin yang Sesuai dengan Toko

Setelah  menentukan toko yang kamu pilih, saatnya kamu menentukan model cincin yang diinginkan. Kamu bisa berkomunikasi melalui WhatsApp atau media online lainnya untuk menyampaikan referensi model yang kamu inginkan. Pastinya kamu bisa berkonsultasi mengenai model cincin yang sesuai dengan kepribadian kamu.

Biasanya setiap toko akan memiliki model cincin yang menjadi andalan atau yang berbeda daripada yang lain. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk berkomunikasi dengan penjual cincin. Meski secara online, pastinya kemudahan teknologi akan mempermudah kamu untuk melakukan komunikasi.

4. Cek dengan Dana yang Disiapkan

Hal penting yang yang perlu kamu perhatikan adalah soal dana. Pastinya kamu harus menyesuaikan model dengan dana yang dibutuhkan. Harga cincin sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor. Pertama adalah dari bahannya. Tentu saja ada beberapa bahan yang harganya sangat mahal seperti platinum.

Kemudian dari segi modelnya. Jika modelnya sulit tentu harganya akan mengikuti. Terakhir adalah aksen yang diberikan. Jika kamu menyematkan berlian tentu harganya akan jauh lebih mahal. Maka dari itu, kamu juga harus menyesuaikan model yang kamu inginkan dengan perkiraan budget yang kamu siapkan.

5. Tentukan Kadar Emas

Salah satu hal yang menentukan mahal atau tidaknya sebuah cincin adalah kadar emas yang terkandung dalam cincin tersebut. Umumnya cincin terbuat dari emas 18 sampai 22 karat. Bagaimana dengan emas 24 karat? Ternyata emas 24 karat justru tidak baik dijadikan perhiasan.

Emas 24 karat artinya emas yang terkandung dalam cincin hampir 100%. Perlu diingat bahwa bentuk asli fisik emas adalah lunak. Artinya emas tersebut bisa lebih mudah rusak ketika dibentuk menjadi cincin. Selain itu, emas murni juga menyebabkan perhiasan mudah tergores.  

6. Lakukan Fitting Cincin

Ini menjadi salah satu yang dikhawatirkan banyak orang saat membeli cincin secara online. Pastinya ada ketakutan ketika memakai cincin yang dibeli secara online. Apalagi cincin yang terbaik adalah cincin yang sesuai dengan jari. Tidak terlalu longgar maupun tidak terlalu sempit.

Ada banyak cara untuk mengukur cincin. Pertama, kamu bisa mencari template ukuran cincin di internet dan mencetaknya pada selembar kertas. Gunting sesuai dengan pola dan coba langsung ke jari. Dari situ kamu bisa melihat perkiraan ukurannya. Jika cocok di antara dua ukuran, kamu bisa mengambil ukuran yang lebih besar.

Selain itu, kamu juga bisa mengambil meteran untuk baju maupun dengan memakai kertas. Kamu bisa mengukur pada bagian jari kamu dan mencatat diameternya. Setelah itu, kamu bisa meminta bagan ukuran yang dimiliki toko tersebut. Bisa jadi ukuran cincin antar toko bisa berbeda.

Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan saat melakukan pengukuran jari khususnya diameter cincin. Lakukan pengukuran pada siang hari dan dalam suhu tubuh keadaan normal. Ternyata pada pagi hari, ukuran jari tangan kita lebih besar. Bisa jadi ukurannya malah tidak pas.

7. Pilih Cincin Sesuai dengan Bentuk Jari

Kamu juga perlu mempertimbangkan bentuk cincin dengan ukuran jari. Ini juga termasuk tips membeli cincin online yang tepat. Saat membeli secara langsung, maka kamu bisa langsung mencoba cincin tersebut. Hanya saja kalau belanja online, kamu hanya akan mengira-ngira modelnya.

Jadi, kamu bisa mempertimbangkan dan mengira-ngira bentuk cincin dengan ukuran jari. Misalnya jari tangan kamu memiliki ukuran yang kecil. Pastinya jangan pilih cincin kawin yang berbentuk lebar. Pastinya hal ini akan membuat cincin kurang menarik utnuk dilihat. Ingat bahwa kamu bisa berkonsultasi mengenai hal ini kepada sang pemilik toko online.

8. Pilih Cincin yang Mudah Dibersihkan

Hal berikutnya yang kamu perhatikan sebagai tips membeli cincin online adalah dari segi perawatan. Kamu sebaiknya menanyakan kepada toko mengenai model cincinnya. Pastinya kamu ingin cincin yang dibeli tetap berkilau. Maka dari itu, kamu jangan membeli bahan cincin yang perawatannya bisa dibilang sulit.

Pilih model cincin yang memang mudah dibersihkan. Ada beberapa jenis bahan yang bisa kamu cuci sendiri. Bahkan, kamu tak perlu untuk melapisi cincinnya kembali. Pastinya sangat cocok bagi kamu yang malas repot dalam merawat cincin.

Ternyata ada beberapa tips membeli cincin online yang perlu kamu ketahui. Pastinya yang utama adalah menentukan toko online yang terpercaya. Cek testimoni dan tampilannya yang meyakinkan pastinya akan menjamin kualitas dari cincin yang dijual. Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa persiapan supaya mendapatkan cincin yang terbaik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *