mas kawin adalah

Tips Memilih Mas Kawin yang Baik, Agar Pernikahanmu Berkesan dan Penuh Kenangan

Memilih mas kawin adalah keputusan yang penting dalam proses pernikahan di banyak budaya. Mas kawin, juga dikenal sebagai mahar pernikahan adalah pemberian yang diberikan oleh pihak laki-laki kepada pihak perempuan sebagai tanda tanggung jawab dan komitmen dalam pernikahan.

Mas kawin adalah jenis seserahan berupa simbol atau nilai materi yang diberikan oleh pihak laki-laki kepada pihak perempuan sebagai bagian dari proses pernikahan. Yang mana juga memiliki makna simbolis dan seringkali menjadi bagian dari tradisi atau adat tertentu dalam suatu masyarakat.

Pemberian mas kawin bukan hanya sebagai bentuk tanggung jawab finansial dari calon pengantin laki-laki terhadap pihak perempuan, tetapi juga memiliki nilai-nilai simbolis dan sosial. Jumlah dan jenisnya dapat bervariasi tergantung pada budaya, agama, dan tradisi yang berlaku di suatu wilayah.

Jenis mas kawin dapat berupa uang tunai, perhiasan, properti, atau barang-barang lainnya. Tujuannya adalah untuk menunjukkan keseriusan dan komitmen pihak laki-laki terhadap pernikahan, serta sebagai bentuk perlindungan bagi pihak perempuan. Dihimpun dari laman resmi atome.id dan semar nusantara, berikut adalah beberapa tips untuk memilih mas kawin yang baik:

  • Komunikasi Terbuka

perbedaan mas kawin dan mahar
Foto via Beblooms Mahar

Diskusikan secara terbuka dengan pasangan kamu tentang mahar yang diinginkan. Pastikan bahwa kalian memiliki pemahaman yang sama mengenai nilai dan makna dari mas kawin tersebut.

Jangan membebani salah satu dari kamu tentang persetujuan dan kesepakatan mahar yang diinginkan. Usahakan buat kesepakatan bersama dalam menentukan nilai yang layak namun tidak memberatkan. Sebab dalam perihal ini pentingnya menjaga keadaan sebaik mungkin.

Hal yang wajib diperhatikan  adalah barang atau sesuatu yang pantas diberikan tanpa harus menjadikan hal tersebut beban atau masalah untuk seorang laki-laki. Maka dari itu pentingnya komunikasi secara terbuka dan transparan.

  • Buatlah Anggaran

Tentukan anggaran yang sesuai. Pastikan bahwa jumlah yang ditentukan dapat dicapai tanpa memberatkan salah satu pihak. Anggaran yang diperlukan untuk mas kawin penting dibicarakan. Merencanakan pembelian mas kawin perlu dipikirkan matang-matang, karena dari perencanaan tersebut akan menghasilkan perhiasan atau barang yang diinginkan untuk diserahkan.

Tentukan anggaran sedemikian rupa. Namun hal terpenting adalah jangan memutuskan secara sepihak, karena dalam hal pernikahan perlu adanya pembicaraan yang lebih serius dan maksimal.

  • Pertimbangkan Kemampuan Finansial

Pertimbangkan kemampuan finansial kedua belah pihak. Mas kawin sebaiknya tidak menyebabkan beban finansial yang berlebihan. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa perlu memperhatikan kemampuan seseorang dan harus dibicarakan dari dua arah yang berbeda.

Jangan memaksakan kehendak untuk membeli barang yang tidak sesuai dengan keuangan kamu, pastikan hari bahagia dijadikan sebagai momentum perayaan yang baik tanpa harus memikirkan hal-hal yang dapat membebanimu selama acara berlangsung.

Di sisi lain mempertimbangkan kemampuan finansial juga dapat membantu kamu dalam mengatasi persoalan yang mungkin saja akan terjadi di kemudian hari, maka dari itu kamu wajib lakukan hal ini dengan baik.

  • Nilai dan Makna

mahar uang
Foto via Riefinka Seserahan

Pertimbangkan nilai dan makna dari mas kawin tersebut. Bukan hanya sekadar nilai materi, tetapi juga mencerminkan nilai-nilai dan simbolisme dalam pernikahan.

Saat kamu telah melewati beberapa hal yang telah dijelaskan di atas, selanjutnya pertimbangkan dengan cara melihat nilai dan makna yang terkandung di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan perasaan yang mendalam serta bisa memaknai sebuah mas kawin yang dimiliki.

Pastikan memilih sesuatu yang kaya akan nilai dan makna, jangan berfokus pada keindahan dan harga saja namun harus lebih dari itu sehingga pernikahanmu punya memori tersendiri yang bisa dikenang selamanya.

  • Pertimbangkan Kebutuhan Pribadi dan Keluarga

Pertimbangkan kebutuhan pribadi dan keluarga. Beberapa keluarga mungkin memiliki tradisi atau kebiasaan tertentu yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan mas kawin. Dalam hal ini kamu perlu berdiskusi dengan keluarga baik pihak laki-laki maupun perempuan, karena setiap pihak yang menikah punya sudut pandang masing-masing yang harus ditemukan titik tengahnya.

Jangan membeli benda yang tidak memiliki nilai guna yang jelas, jangan memaksakan membeli sesuatu karena omongan orang lain yang bukan berasal dari keluarga ini. Pastikan barang yang dibeli akan berdampak baik di kemudian hari. Maka dari itu pertimbangkan baik-baik dalam hal ini.

  • Bicarakan dengan Keluarga 

Bicarakan dengan keluarga atau penasihat pernikahan yang dapat memberikan pandangan dan saran yang berharga. Walaupun hal ini jarang dilakukan di era modern seperti sekarang tapi tips ini masih bisa dilakukan.

Dengan membicarakan terkait mas kawin dengan keluarga atau dengan orang-orang yang berpengalaman, kemungkinan besar kita bisa mendapatkan beberapa opsi yang tepat untuk memilih barang yang sesuai.

  • Bersikap Fleksibel

Bersikaplah fleksibel dan terbuka terhadap negosiasi. Beberapa keluarga mungkin memiliki keinginan atau harapan tertentu, dan penting untuk mencari solusi yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

Dalam hal ini diusahakan bersikap netral atau bersikap untuk mengimbangi semua masukan yang ada tanpa merendahkan orang yang berada di sana. Namun jauh lebih baik jika kamu bisa berbicara baik buruknya tentang keadaan yang kamu rasakan sehingga pihak lain pun dapat memahaminya.

  • Tentukan Jenis Mas Kawin

mas kawin perhiasan
Foto via Riefinka Seserahan

Tentukan jenis mas kawin yang diinginkan, apakah itu berupa uang tunai, perhiasan, atau barang-barang tertentu. Sesuaikan dengan selera dan kebutuhan masing-masing pihak.

Setiap orang dan setiap keluarga terkadang memiliki sudut pandang masing-masing, maka dari itu pentingnya dibicarakan untuk menentukan jenis mahar yang sesuai dengan keadaan kedua belah pihak.

  • Jangan Fokus pada Nilai Materi

Ingatlah bahwa nilai pernikahan tidak hanya terletak pada mas kawin. Penting untuk fokus pada komitmen, saling pengertian, dan membangun kehidupan bersama. Pastikan kamu bisa memberikan penjelasan yang dapat dimengerti. Namun seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa pemberiannya sesuai dengan kemampuan dan keadaan, tanpa merendahkan salah satu pihak sehingga pernikahan bisa berjalan dengan lancar dan tanpa beban.

  • Jangan Terburu-Buru

Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Berikan waktu yang cukup untuk diskusi dan pertimbangan bersama. Hal ini dilakukan untuk memberikan ruang berpikir sebelum bertindak. Biasanya dalam keadaan yang sangat sibuk, memilih mas kawin akan terlihat asal-asalan sehingga rencana awal akan diabaikan begitu saja. Namun, untuk menghindari hal tersebut perlu melakukan beberapa opsi termasuk jangan terburu-buru.

Itulah beberapa tips menentukan mas kawin yang baik. Ingatlah bahwa mas kawin adalah salah satu aspek kecil dari pernikahan yang lebih besar. Lebih penting untuk fokus pada fondasi yang kuat dan saling mendukung dalam membangun kehidupan bersama.

Jika kamu lebih suka dengan mas kawin perhiasan, kamu bisa membelinya di V&Co Jewellery. Kamu bisa mendapatkan berbagai jenis perhiasan yang unik, elegan dan juga terjangkau. Tidak hanya itu saja, di V&Co Jewellery, kalian bisa menemukan banyak perhiasan yang bisa dijadikan kado anniversary pernikahan, kado ulang tahun, hadiah dan lain sebagainya dengan harga yang menarik serta  bisa mendapatkan diskon spesial setiap harinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *