Memilih Wedding Organizer di Jakarta

Memilih Wedding Organizer di Jakarta

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, dengan berbagai kesibukan yang dijalankan, baik oleh calon mempelai pria maupun wanita, kini peran wedding organizer jadi semakin signifikan.

Wedding Organizer Jakarta kini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para calon mempelai yang ingin mengadakan perhelatan acara pernikahan mereka. Coba saja bayangkan, jika calon pengantin harus mengurus persiapan pernikahan sendiri, tetapi juga tidak bisa meninggalkan berbagai tanggung jawab di kantor yang cukup membebani. Padahal persiapan pernikahan itu banyak sekali detailnya mulai dari persiapan akad nikah sampai resepsi. Bisa pusing tujuh keliling kalau semuanya dipersiapkan sendirian.

Berbeda dengan persiapan pernikahan di daerah, banyak calon mempelai di Jakarta yang tidak memiliki keluarga besar untuk membantu persiapan acara mereka. Karena itu, jasa WO di Jakarta semakin lama semakin dirasa dibutuhkan untuk hasil acara pernikahan yang sempurna.

5 Cara Memilih Wedding Organizer

Jika calon pengantin memiliki budget lebih, tak ada salahnya untuk menggunakan jasa wedding organizer Jakarta untuk membantu mempersiapkan segalanya untuk hari istimewa. Sebelum memilih memakai WO yang mana, ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Referensi

Tentunya sebelum menentukan pilihan, yang pertama dapat dilakukan adalah mencari referensi. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak bertanya pada keluarga atau teman-teman yang belum lama menikah. Ingat, sebaiknya bertanya ke mereka yang menikah dalam waktu kurang dari 5 tahun. Kenapa? Karena kondisi bisnis dalam lima tahun itu bisa berubah banyak.

Bisa jadi kondisi profesionalisme team sebuah wedding organizer lima tahun lalu dan tahun ini sangat berbeda. Semakin baru pernikahan itu dijalankan, semakin segar referensinya.

Nah, selain bertanya pada teman dan saudara, mencari referensi kini juga bisa dilakukan melalui internet. Yang termudah adalah melalui social media seperti Instagram, karena kini hampir semua wedding organizer Jakarta memiliki akun Instagram resmi yang bisa dipercaya. Dari sini, calon pengantin bisa melihat ke halaman berisi tag dari para mantan klien mereka.

Di halaman ini biasanya berisi foto dan cerita pengalaman klien terdahulu yang lebih jujur dan dapat dipercaya. Jika mau melakukan pencarian fakta lebih dalam lagi, juga bisa menghubungi langsung para pemilik foto untuk menanyakan pengalaman mereka selama dibantu oleh wedding organizer tersebut.

  1. Wawancara

Sudah banyak mendapatkan referensi? Mulailah membuat daftar pendek yang berisi beberapa wedding organizer yang bisa jadi kandidat utama. Setelah itu, satu per satu hubungi mereka dan mintalah untuk bertemu.

Jika terlalu sulit untuk bertemu, calon pengantin bisa juga berkomunikasi melalui telepon, tapi ini biasanya kurang maksimal. Temui mereka dan lakukanlah wawancara seperti melakukan wawancara kerja. Calon pengantin bisa tanyakan apa saja layanan yang diberikan oleh wedding organizer Jakarta tersebut.

Tanyakan juga apa kelebihan mereka dibandingkan wedding organizer lainnya. Serta bisa juga langsung tanyakan promo apa yang sedang berjalan, terkadang ini tidak dicantumkan di info tertulis mereka, apalagi jika wedding organizer tersebut tidak terlalu besar dan berdasar kekeluargaan, biasanya mereka suka memberikan promo dadakan saat melakukan pertemuan pertama dengan calon kliennya.

Dari wawancara awal ini juga calon pengantin bisa mulai mendapatkan gambaran vendor pernikahan yang disukai seperti apa, karena biasanya di wawancara awal ini juga pihak wedding organizer akan memberikan beberapa daftar vendor rekanan mereka.

  1. Pengolahan Konsep

Yang berikutnya harus diperhatikan adalah kemampuan mereka mengolah konsep impian yang sudah disampaikan ke mereka. Sampaikan konsep acara yang calon pengantin inginkan dalam bentuk yang sederhana dan jelas, lalu biarkan mereka mengembangkan konsep yang sesuai dengan ciri khas mereka.

Akan lebih mudah jika mereka juga bisa memberikan referensi desain atau konsep turunan yang bisa disampaikan pada calon pengantin agar memiliki bayangan yang jelas nanti pengaplikasian konsepnya akan seperti apa.

  1. Fleksibel dengan Budget

Walau saat calon pengantin memutuskan akan menggunakan wedding organizer Jakarta itu berarti memang sudah mempersiapkan dana lebih untuk jasa mereka, bukan berarti budget yang dibahas harus kaku dan tidak dapat disesuaikan, kan? Pastikan saat melakukan wawancara pertama dengan mereka, dan sudah mendapatkan info mengenai hal ini.

Bahwa harga yang pertama diajukan oleh mereka adalah harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan acara nantinya. Misalnya pilihan harga paket yang diberikan adalah sebagai berikut: 1. Paket 400 pax, 2. Paket 600 pax, 3. Paket 800 pax. Sementara, setelah dihitung, calon pengantin hanya akan mengundang 650 pax.

Nah, jika seperti ini berarti harganya ada yang perlu disesuaikan agar tidak wajib mengikuti harga paket. Pastikan ini sudah terkomunikasikan dengan jelas, agar nantinya biaya yang keluar tidak meleset banyak dari perencanaan awal.

  1. Kru Komunikatif dan Kooperatif

Ini hal terakhir yang paling penting. Komunikasi adalah kunci keberhasilan dari setiap kerja sama. Mungkin tidak terpikirkan sebelumnya, karena biasanya lebih fokus pada biaya dan konsep saat awal memilih wedding organizer Jakarta.

Namun hal ini sesungguhnya sangat penting. Karena para kru inilah yang nantinya akan berada bersama calon pengantin, keluarga serta sahabat-sahabat di hari istimewa tersebut.

Mereka yang akan ada di lapangan dan menjadi kaki-tangan utama calon pengantin dalam membentuk acara yang sempurna. Semakin komunikatif mereka mulai dari periode persiapan acara sampai ke hari-H, maka akan semakin mudah dan terasa lancar dalam menjalankan prosesnya.

Sekarang sudah terbayang apa saja yang perlu disiapkan sebelum menentukan wedding organizer Jakarta mana yang akan dipilih? Ternyata mudah, semua bisa dimulai dari yang paling sederhana seperti membuka social media di ponsel. Selamat mencari!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *