Apa Saja Mahar Pernikahan

Apa Saja Mahar Pernikahan di 2019 Ini?

Menikah menjadi momen penting dalam hidup seseorang, karena saat inilah kamu akan mengucap janji setia di hadapan Tuhan. Bukan hanya memantapkan hati sehidup semati, kamu juga harus mempersiapkan materi yang bisa menghidupi kehidupan kalian nanti. Hal ini bisa dibuktikan dengan mampu memberikan mahar kepada mempelai wanita. Apa saja mahar pernikahan yang bisa diberi kepada mempelai wanita?

Mahar atau mas kawin menjadi syarat yang harus ada dalam sebuah pernikahan. Tidak harus barang mahal, karena yang terpenting barang tersebut halal. Apalagi, mahar terbaik sebenarnya adalah mahar yang tak memberatkan. Biasanya para pasangan akan membuat mahar dalam bentuk uang sesuai tanggal pernikahan mereka. Tapi jika kamu ingin memberikan sesuatu yang berbeda, ada baiknya simak contoh-contoh apa saja mahar pernikahan yang bisa kamu tiru versi V&Co Jewellery.

1. Buket bunga spesial ditambah beberapa lembar uang yang disusun unik

Bunga adalah simbol kasih sayang. Jadi, wajar jika banyak cowok berbondong-bondong mengungkapkan perasaannya lewat bunga di hari-hari spesial dengan pasangan mereka. Nah, bukankah hari pernikahan juga salah satu hari spesial?

Sertakan uang di dalam buket bunga sebagai mahar untuk syarat sahnya pernikahan. Kamu cukup pesan buket bunga segar di toko , lalu selipkan gulungan sejumlah uang yang telah kalian sepakati bersama. Ide sederhana ini bisa membuat cinta kalian jadi sah di mata agama dan negara. Menarik, bukan?

2. Mahar berupa emas batangan

Apa saja mahar pernikahan berupa emas? Bentuk mahar dari emas sangatlah beragam. Emas bisa diberikan dalam bentuk perhiasan, emas batangan atau koin emas. Mahar pernikahan dari emas masih populer digunakan sebagai mas kawin di Indonesia. Karena bentuknya yang simpel, dan juga memiliki nilai tukar yang tinggi, sehingga emas masih dipakai orang-orang untuk dijadikan mahar.

3. Mahar berupa perhiasan cantik

Perhiasan adalah pilihan paling umum untuk dijadikan mahar. Tak perlu semua jenis perhiasan kamu berikan, cukuplah benda praktis semacam cincin. Tak harus cincin yang bertabur bertabur berlian, pilihlah cincin dengan bentuk yang elegan. Jika kamu tak mau menggunakan emas, tidak ada salahnya kamu pilih cincin dari bahan seperti perak atau titanium. Dengan begitu kalian bisa sama-sama memakainya setiap hari.

Agar lebih menarik kamu bisa mengukir nama kalian dibalik cincinya. Lalu kemas dalam kotak cincin yang transparan. Dengan begitu, kalian akan sama-sama selalu ingat satu sama lain. Dan cinta kalian bisa bahagia selamanya. Jika kamu berniat untuk menghadiahi pasanganmu perhiasan, kamu bisa mencarinya di V&Co Jewellery. Banyak perhiasan dengan berbagai macam bentuk yang bisa kamu beli, jika kamu suka.

4. Mahar berupa barang hobi pasangan

Jika kamu ingin pernikahanmu lebih seru, tidak ada salahnya kamu menambatkan hati pada mahar yang “anti-mainstream”. Selain seperangkat alat sholat, kamu bisa memberikan seperangkat alat hobi yang sama-sama kalian geluti. Mungkin dia suka fotografi, maka berikan dia kamera yang berkualitas. Mungkin dia suka berenang, maka berikan seperangkat alat renang. Atau mungkin dia suka naik gunung, sertakan seperangkat alat naik gunung. Mahar seperti ini bisa bermanfaat, selain itu dia pasti akan menjadi lebih happy.

5. Mahar berupa kitab suci Al-Quran

Mahar berupa kitab suci Al-Quran merupakan hal yang biasa. Banyak mempelai pria yang memberikan mempelai wanitanya mahar berupa seperangkat alat sholat dan kitab suci Al-Quran. Jadi, tidak perlu takut jika kamu ingin memberikan kitab suci Al-Quran kepada mempelai wanita. Karena kitab suci Al-Quran memiliki isi dan tafsirnya yang luar biasa, bisa dijadikan pedoman hidup di rumah tanggamu kelak.

6. Berikan mahar tambahan berupa surat cinta

Bahagia atau tidaknya pernikahan tidaklah ditentukan dari tingginya nominal mahar. Mahar yang tak berbentuk uang pun tak apa-apa. Jika kamu ingin membuat calon istrimu merasa tersanjung, cukup berikan saja mahar tambahan berbentuk surat cinta. Sembari tetap memberikan uang atau perhiasan, kamu coba tuliskan kata-kata cinta yang berisi ungkapan betapa kamu mencintainya atau harapan-harapan indah di masa depan. Memang surat cinta tak bisa dirupiahkan, tapi ini bisa jadi bukti bahwa cintamu tak ternilai harganya. Dijamin, calon istrimu pasti akan merasa berbunga-bunga karena hal romantis yang kamu lakukan.

7. Mahar berupa kunci rumah atau kunci kendaraan

apa saja mahar pernikahan

Mungkin sekarang kamu sudah mapan dan punya cukup uang untuk membeli rumah atau kendaraan. Tanpa harus memberinya seperangkat perhiasan atau nominal uang, kamu bisa memberikan barang berharga yaitu sebuah kunci. Mungkin kunci rumah, kunci apartemen, atau kunci kendaraan. Nah, selain membuat dia bahagia, mahar seperti ini juga jadi investasi yang dapat dinikmati bersama setelah menikah. Dijamin dia tak akan menolak, tapi justru merasa tenang.

Jadi, 7 poin di atas merupakan apa saja mahar pernikahan di 2019 ini yang sering dipakai orang-orang sebagai mahar pernikahannya. Tenang, apapun bentuk mahar yang kamu berikan, baik bernilai besar maupun bernilai kecil, tak akan menentukan kebahagiaan rumah tangga kalian di masa depan. Namun, tak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk membuat mahar pernikahanmu berkesan, bukan? Mahar pernikahan hanya diberikan sekali seumur hidup.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *