Cincin Emas 2 in 1

Beda Emas dan Platinum: Dari Bahan, Harga, hingga Perawatannya. Pilih yang Mana?

Perhiasan emas memang sangat populer di masyarakat. Namun, pilihan perhiasan lain seperti perak hingga platinum juga tidak kalah populer. Apalagi saat ini platinum menjadi logam mulia yang cukup banyak diminati, selain emas. Lalu, apa bedanya emas dan platinum?

Perbedaan emas dan platinum memang menjadi pertanyaan yang cukup umum saat ini. Apalagi di kalangan pasangan yang tengah mencari referensi perhiasan untuk pernikahan. Secara bahan atau asal logam, emas dan platinum memang berbeda. Begitu juga dari segi harga, keunggulan dan perawatannya.

Nah, buat kamu yang penasaran seperti apa perbedaan emas dan platinum, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini!

Perbedaan Bahan

Logam emas dan platinum memiliki karakteristik yang berbeda, karena berasal dari bahan yang berbeda. Berikut perbedaan kedua logam tersebut dari segi bahannya.

  • Emas terbuat dari logam mulia yang terkenal karena kilaunya yang indah dan keawetannya. Secara warna dasar, emas memiliki warna kuning atau kecokelatan. Emas murni (24 karat) memiliki karakter yang terlalu lembut saat digunakan untuk membuat perhiasan, sehingga biasanya dicampur dengan logam lain seperti perak, rhodium, palladium, dan sebagainya. Pencampuran ini juga berfungsi untuk meningkatkan kekuatan logam.
  • Platinum merupakan salah satu logam paling langka di dunia. Secara alami, platinum memiliki warna putih, sehingga tidak seperti emas yang harus dilapisi rhodium untuk menghasilkan emas putih. Platinum termasuk logam yang kuat, berat, dan tahan terhadap korosi, sehingga sangat cocok untuk dijadikan perhiasan.

Perbedaan Harga 

cincin tunangan
Cincin tunangan V&Co Jewellery

Beda bahan, tentunya membuat karakter emas dan platinum juga berbeda, sehingga berpengaruh pada harganya. Buat kamu yang sedang mempertimbangkanharga kedua jenis logam ini, kira-kira mana yang lebih mahal ya?

Harga emas dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kemurnian emas, berat, dan desainnya. Semakin tinggi karat emas, maka semakin mahal harganya. Selain itu, harga meas juga dipengaruhi oleh fluktuasi harga logam di pasar. Omong-omong harga, kemurnian emas biasanya menjadi faktor paling mempengaruhi harga.

Untuk perhiasan emas kuning 14 karat hanya mengandung 58,5 persen emas murni. Sedangkan emas 18 karat mengandung 75 persen emas murni. Hal itu karena logam emas harus dicampur dengan logam lain untuk bisa menjadi perhiasan.

Lain halnya dengan logam platinum yang bisa dibuat perhiasan dengan kandungannya yang lebih banyak. Rata-rata perhiasan platinum memiliki kandungan logam platinum hingga 95 persen. Sehingga, dari segi kemurniannya logam platinum jauh lebih banyak daripada emas. Hal itu juga berpengaruh pada harga platinum yang lebih mahal daripada emas.

Pertimbangan Penampilan Emas dan Platinum

Nah, setelah soal harga, biasanya perbedaan tampilan jadi pertimbangan yang cukup penting. Bagaimanapun, emas dan platinum yang dijadikan perhiasan akan memberikan nilai lebih pada penampilan.

Dari segi penampilan, platinum memiliki unsur tertinggi dengan warna putih alami. Hal ini karena warna asli logam platinum memang berwarna putih, sehingga tidak akan memudar menjadi kuning. Beda dengan emas putih yang warna putihnya biasanya berasal dari lapisan rhodium, sehingga bisa memudar.

Sementara itu, emas memiliki warna kuning alami. Namun, tingkat kecerahan warnanya sesuai dengan kadar karatnya. Semakin tinggi karat emas, maka warna kuning kecokelatan semakin tajam. Sebaliknya, bila kadar karat emasnya rendah, maka warna kuningnya semakin pucat.

Buat kamu yang menginginkan perhiasan putih, logam platinum menjadi pilihan yang tepat. Sementara bila kamu menginginkan perhiasan kuning, maka emas dengan berbagai tingkat karat bisa kamu pertimbangkan.

Selain dari segi warna, desain perhiasan juga mempengaruhi nilai estetika. Buat kamu yang menginginkan perhiasan dengan desain yang rumit, emas bisa menjadi pilihan yang tepat. Karakternya yang relatif lebih lembut daripada platinum membuat emas lebih mudah dibentuk dengan desain-desain yang rumit dan detail. Beda dengan platinum yang biasanya memiliki desain yang relatif lebih simpel, karena karakternya yang lebih padat kuat.

Tingkat Kenyamanan Emas dan Platinum

Diamond Ring 2 in 1
Cincin tunangan 2 in 1 – V&CoJewellery

Sebagai perhiasan, kenyamanan jenis logam saat pemakaian jadi pertimbangan yang cukup penting. Omong-omong soal tingkat kenyamanan ini, sebenarnya tergantung preferensi tiap orang yang memakainya. Pertimbangannya pun tidak hanya dari segi estetika, tapi juga ketahanan yang dipengaruhi oleh kegiatan atau aktivitas sehari-hari penggunanya.

Jika kamu membutuhkan cincin yang padat dan kuat demi ketahanan untuk dibawa aktivitas berat, cincin platinum menjadi pilihan yang tepat. Namun, platinum cenderung lebih berat daripada emas dengan desain dan ukuran yang sama. Tapi apalah arti lebih berat beberapa gram saja, dibanding dengan ketahanannya, kan? Platinum cocok banget jadi cincin pernikahan untuk pria muslim.

Nah, bila kamu menginginkan perhiasan yang lebih ringan, emas bisa jadi pilihan. Karakter emas yang lembut membuatnya rentan terhadap goresan.Perhiasan emas cocok untukmu yang memiliki aktivitas ringan, sehingga tidak memerlukan perhiasan dengan kepadatan tinggi. 

Sementara itu, untuk efek alergi kamu tidak perlu khawatir karena dua jenis logam ini tidak menyebabkan efek alergi baik itu gatal, panas, dan kulit kemerahan. Namun, perlu kamu ingat bahwa logam emas dan platinum yang tidak menimbulkan efek alergi hanya untuk logam asli saja. Jadi, berhati-hatilah dengan perhiasan dengan logam tiruan yang bisa menimbulkan efek alergi.

Perawatan Emas dan Platinum

Perbedaan terakhir adalah dari segi perawatannya. Bagaimanapun sebagai perhiasan dan logam yang berharga, emas dan platinum harus dirawat dengan baik untuk mempertahankan keindahannya.

Perhiasan emas memerlukan perawatan yang relatif lebih mudah. Apalagi bila kadar karatnya yang tinggi, karena campuran karakter logam lain relatif lebih sedikit sehingga memudahkan perawatannya. Untuk membersihkan dan menjaga kecerahan perhiasan emas, kamu hanya perlu membasuhnya dengan larutan sabun yang ringan menggunakan kain atau sikat yang berbulu lembut.

Karakter emas yang lembut memang cenderung lebih rentan terhadap goresan dan deformasi, sehingga kamu harus menjauhkannya dari benda-benda tajam dan keras yang bisa saja menggores permukaannya.

Semetara itu, platinum dengan karakternya yang lebih padat dan kuat memerlukan perawatan yang relatif lebih sederhana daripada emas. Karakter itu membuat platinum tidak mudah tergores dan terkorsi, sehingga cenderung memiliki kecerahan yang lebih tahan lama. Dalam perawatannya, perhiasan platinum cukup membasuhnya dengan air mengalir atau kain basah saja. Bila ingin membersihkan dari kotoran atau debu cukup gunakan larutan sabun dan sikat yang lembut.

Nah, sekarang pertanyaan apa bedanya emas dan platinum sudah terjawab, ya. Penjabaran di atas bisa kamu jadikan pertimbangan saat ingin memilih perhiasan. Bagi kamu yang ingin memilih cincin pernikahan ataupun cincin tunangan, dua jenis logam ini bisa jadi pilihan yang tepat, karena petimbangan keawetannya. Tentunya, kamu juga harus mempertimbangkan preferensi pribadi dan pasangan juga, ya. Buat kamu yang masih bingung simak tips memilih cincin tunangan dan cincin tunangan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *