5 Berlian Paling Mahal di Dunia

5 Berlian Paling Mahal di Dunia

Bila diimingi berlian paling mahal, mata perempuan pasti berbinar-binar oleh kesenangan yang sulit diutarakan. Kilau yang membutakan itu adalah kemampuan dari sebuah berlian, tidak hanya yang besar saja, kecil pun berlian memiliki keindahan tiada tara. Lalu, berlian apa yang paling bagus jika semuanya indah dan berkilau?

Bagus atau tidaknya sebuah berlian itu dinilai berdasarkan kualitasnya. Berlian yang bagus bisa kamu tentukan dari 4C, yaitu Cut, Color , Clarity dan Carat. Kualitas cut atau asahan yang bagus dapat membuat cahaya memantul secara sempurna dari berlian. Kualitas color atau warna yang bagus dari berlian adalah harus tidak berwarna atau murni seperti air. Kualitas clarity atau kejernihan yang bagus mengacu pada berlian yang tidak memiliki cacat atau noda yang kemudian bisa disebut dengan internally flawless. Kualitas carat atau karat adalah yang terakhir dilakukan setelah 3C sebelumnya dimana berlian akan diukur berat karatnya.

Berlian apa yang paling bagus dan mahal? Berikut adalah berlian-berlian yang paling mahal dan dihargai sangat tinggi untuk kesempurnaannya.

  • The Hope Diamond – Blue of France

Bagi kamu pecinta perhiasan berlian, pastilah kenal dengan berlian yang satu ini. Berlian seharga 200 juta dollar ini dikenal sebagai berlian pembawa kutukan bagi para pemiliknya karena Marie Antoinette tewas dipenggal, Raja Louis XIV dan keturunan-keturunannya meninggal (hanya sisa satu orang), Nicholaus Fouquet yang diasingkan dari Prancis dan kemudian dipenjara, Simon Maoncharides dan keluarganya tewas jatuh ke jurang, dan berbagai bencana lainnya.

Karl Shuker menyebutkan bahwa Hope Diamond ini merupakan barang curian dari kuil di India dan kejadian-kejadiaan naas yang muncul didasari oleh keserakahan manusia. Teori ini muncul karena setelah Harry Winston menyumbang Hope Diamond ke Institusi Smithsonian, tidak ada kejadian-kejadian buruk pernah terdengar lagi.

  • The De Beers Centenary Diamond 90M

Jika kamu hanya tahu karat paling besar adalah 24, kamu jelas belum pernah mendengar The De Beers Centenary Diamond yang memiliki karat sebesar 273,85 karat dengan berat 54,770 gram.

Berlian ini adalah nomor tiga yang terbesar yang pernah diproduksi dimana posisi pertama dan kedua diduduki berlian produksi The Cullinan, yaitu Cullinan I dan Cullinan II. Berasal dari Afrika Selatan, berlian yang satu ini memiliki potongan berbentuk modifikasi hati yang diberikan harga hingga 90 juta dollar.

  • The Pink Star Diamond Ring

Bernama awal Steinmetz Pink, berlian ini berharga hingga lebih dari 80 juta dollar. Memiliki berat hampir 12 gram, Pink Star mengandung 59,60 karat. Diproduksi oleh De Beers di Afrika Selatan, Pink Star terkenal oleh bentuk tear drop dan warnanya yang begitu indah, vivid pink.

  • The Wittelsbach-Graff Diamond

Jika ada berlian biru yang paling indah setelah Hope Diamond, Wittelsbach-Graff ini bisa dikatakan tidak ada tandingannya. Dengan 31,06 karat dan berat 6,2 gram, berlian yang juga memiliki bentuk oval antik ini dihargai hingga 80 juta dollar setelah diproses kembali untuk menghilangkan cacatnya.

Sama seperti The Cullinan yang memproduksi berlian untuk tongkat dan mahkota para raja dan bangsawan, Wittelsbach-Graff ini dulunya juga digunakan untuk memperkuat status raja Spanyol.

  • L’Incomparable Diamond Necklace

Dibuat oleh pengrajin perhiasan dari Libanon bernama Mouawad, L’Incomparable terdaftar sebagai internally flawless diamond terbesar di dunia. Selain keindahan dari berlian kuning besar sebagai fokus utamanya, kalung berlian ini ditemani dengan rantai berbentuk ranting-ranting bunga berwujud 91 buah berlian putih dan dihargai sebesar 55 juta dollar.

Sebagai informasi tambahan, berlian tidak serta-merta disebut abadi hanya berdasarkan sifatnya yang sangat keras sehingga sulit dipotong dan diproses dalam pembuatan perhiasan. Berlian ditemukan di Afrika pada abad 19 oleh sebuah perusahaan dagang, dimana kemudian membuat slogan “A diamond is forever.” pada iklannya yang lalu menjadi pedoman paten dari keindahan berlian itu sendiri. Menarik, bukan?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *