Cara Membersihkan Anting Berlian

Cara Membersihkan Anting Berlian

Pernahkan Anda mencoba membersihkan anting berlian? Anting adalah perhiasan yang terpasang pada daun telinga. Bahannya terbuat dari berbagai macam unsur mulai dari logam, plastik, kaca, batu mulia, manik-main, dan lain-lain.

Pada zaman dahulu, anting-anting tidak hanya dipakai oleh kaum wanita, melainkan juga para laki-laki. Namun pada saat ini, norma-norma telah berubah lebih dominan ke budaya barat, yaitu anting hanya untuk perempuan.

Rata-rata orang, menggunakan anting tidak hanya untuk sekali saja, melainkan berkali-kali. Hal ini karena anting sudah menjadi bagian dari gaya hidup, layaknya baju, celana, sepatu, jam tangan, dan lain-lain.

Meski banyak yang menggunakan perhiasan berlian untuk sehari-hari, bukan berarti tidak ada yang membeli anting untuk sekali-sekali saja. Contohnya jika anting itu terbuat dari berlian mahal, akan sangat berbahaya kalau dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Hal itu bisa menyebabkan tindakan kriminal, karena berlian termasuk ke dalam perhiasan mahal dan banyak diminati orang.

Anting berlianĀ memang sedang digandrungi masyarakat belakangan ini. Selain karena kilau gemerlapnya yang indah, berlian juga mulai bervariasi bentuknya, begitu juga harganya.

Namun, dari sekian banyak yang memiliki anting berlian, tidak banyak yang mengerti bagaimana membersihkan anting berlian. Padahal, anting berlian perlu dibersihkan untuk menjaga kecantikan dan keindahannya. Tentu fungsi lainnya untuk menjaga nilai mahal dari berlian itu juga.

Anting berlian akan lebih mudah kusam dan kotor jika dipakai berkali-kali. Letak anting yang cukup strategis untuk aliran keringat, membuat perhiasan ini lebih mudah kotor. Tentu anting lebih banyak menyerap keringat, minyak, darir kulit dan rambut. Hal ini menyebabkan logam anting berlian mudah haus dan berliannya pun kehilangan kilau.

Bagaimana Cara Membersihkan Anting Berlian?

Tidak banyak yang tahu bahwa untuk membersihkan perhiasan, termasuk anting berlian, itu cukup mudah. Bahan-bahan pembersihnya pun sangat mudah ditemukan bahkan disekitaran rumah.

Bahan-bahan itu mulai dari larutan sabun cuci piring, larutan pembersih kaca, larutan air soda, sampai sabun dan air. Metode penggunaan cairan-cairan tersebut juga cukup mudah, namun tidak bisa sembarangan membersihkan.

Sebelum masuk ke cara membersihkan dengan bahan-bahan rumahan, ada baiknya siapkan peralatan-peralatan yang tepat. Tukarkanlah sebagaian uang untuk membeli perlengkapan pemebrsih (claning kit) khusus untuk perhiasan.

Larutan Pembersih Anting Berlian

Meskipun bahan-bahan yang disebutkan di atas adalah air soda, sabun cair, sampai pembersih kaca, namun tidak ada salahnya menyiapkan bahan-bahan khusus pembersih perhiasan. Larutan pembersih ini memang dibuat khusus untuk membersihkan anting, cincin, maupun liontin yang sudah tampak kotor karena debu atau minyak keringat. Begitu juga untuk anting berlian yang memiliki desain yang kompleks, sangat disarankan memakai cairan pembersih ini.

Larutan pembersih anting berlian bisa ditemukan di berbagai toko perhiasan, pameran kerajinan bertarah nasional maupun internasional, pusat perbelanjaan, apotek, sampai toko-toko serba ada. Harganya bervariasi, mulai dari yang cukup terjangkau puluhan ribu, sampai sedikit lebih mahal ratusan ribu.

Sebelum membeli, lihatlah instruksi dan keterangan yang terera di belakang botol ataupun kemasan. Hal ini untuk memastikan larutan pembersih itu aman atau tidak untuk anting berlian, dan tentunya aman untuk digunakan dengan tangan telanjang atau tidak.

Bagaimana cara membersihkan anting berlian menggunakan larutan pembersih perhiasan? Dengan menuangkan sedikit larutan pembersih perhiasan ke dalam mangkuk atau wadah yang melengkung sebagai penahan larutan agar tidak tumpah.

Setelah itu, rendamlah anting ke dalam larutan selama, mungkin, semalaman. Setelah direndam cukup lama, bilaslah anting menggunakan air hangat, lalu keringkan dan poles menggunakan kain bebas serat. Tapi hal ini tidak sepenuhnya harus dilakukan sesuai, karena perlu dikolaborasikan dengan instruksi yang tertera di kemasan pembersih anting berlian. Jika ada tambahan cara dari instruksi tersebut, atau caranya sama sekali berbeda, baiknya ikut saja instruksi yang tertera itu.

Pakai Kain dan Sikat yang Tepat

Alat-alat pembersih sangat perlu diperhatikan agar perhiasan, terutama anting berlian, tidak malah rusak usai dibersihkan. Pilihlah alat-alat pembersih seperti kain dan sikat yang berbahan lembut jika disentuh. Hal ini karena alat-alat pembersih yang kasar cenderung mengancam keawetan perhiasan, sehingga usia perhiasan semakin pendek atau cepat rusak.

Carilah sikat gigi yang memiliki bulu-bulu lembut di ujungnya. Jangan menggunakan sikat-sikat kawat atau sikat berbulu kasar lainnya, karena jika terlalu kasar, bagian setting (tempat mengikat berlian dengan logam) dapat mudah rusak.

Paling mudah, pilihlah sikat gigi anak-anak karena rata-rata sudah dibentuk sedemikian rupa agar aman untuk gigi anak. Sehingga membuat sikat gigi anak begitu lembut jika dipakai.

Namun, bukan berarti sikat gigi cukup baik untuk perhiasan, terutama anting berlian. Sifat abrasif dari sikat gigi dapat mengancam keawetan dari logam-logam penyanggah berlian. Oleh karena itu, belilah sikat khusus perhiasan. Alat ini bisa ditemukan di beberapa toko perhiasan, baik offline maupun online.

Selain sikat khusus perhiasan anting berlian, ada bahan lainnya yang bisa digunakan yaitu handung tangan mikrofiber. Handuk ini dibuat menjadi begitu lembut sehingga minim peluang perhiasan anting berlian rusak begitu saja.

Tapi cara membersihkan menggunakan sikat maupun handuk halus ini tidak harus dilakukan jika setting anting berlian sudah begitu rapuh. Lakukan saja perendaman yang lama, untuk menghindari lepasnya batu berlian dari setting logam.

Setelah mengetahui cara untuk membersihkan perhiasan menggunakan cairan pembersih perhiasan dan handuk ataupun sikat halus, sekarang masuk ke pembahasan bagaimana cara membersihkan cincin dengan bahan-bahan rumahan.

Cuci Anting Berlian dengan Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring bisa menjadi alternatif tepat selain larutan pembersih perhiasan. Larutan ini bisa dimodifikasi sedemikian rupa agar bisa menjadi pembersih perhiasan. Ada komposisi-komposisi tertentu yang perlu dicampurkan sebelum memakai sabun cuci piring sebagai larutan pembersih perhiasan.

Pertama, campurkan secangkir air hangat dengan sesendok teh sabun cuci piring. Aduk airnya sampai bergelembung menggunakan tangan atau alat lain jika takut terkena masalah kulit.

Satu tips penting lainnya, pastikan sabun cuci piring tidak mengandung parfum atau pemutih. Kedua bahan ini dapat menyebabkan anting cepat rusak, karena terdapat banyak kandungan kimia di dalamnya.

Setelah dicampur dan diaduk sampai bergelembung, diamkanlah anting berlian selama 3-4 menit. Waktu ini adalah waktu yang cukup tepat untuk memaksimalkan khasiat sabun cuci piring dalam membersihkan perhiasan.

Setelah didiamkan selama 3-4 menit, ambil sikat gigi lembut atau handuk lembut untuk dicelupkan juga. Setelah itu, sikat atau usaplah anting berlian dengan lembut.

Setelah itu, rendamlah lagi anting berlian selama 1-2 menit. Kemudian angkat annting dan letakkan di atas serbet kertas.

Ambilah mangkuk bersih dengan air yang juga bersih sebagai tempat bilas anting berlian. Rendam dan keluarkan sampai anting benar-benar bersih dari sabun dan kotoran. Janganlah membilas anting di bawah keran, karena itu berpeluang merusak anting berlian lebih lama dan berpeluang mendorong anting terjatuh ke lubang yang dalam.

Cuci Anting Berlian dengan Cairan Pembersih Kaca

Terdapat banyak produk pembersih cairan kaca di toko-toko serba ada. Namun, ada satu produk yang cukup tepat untuk membersihkan anting berlian, yaitu Windex.

Caranya ialah dengan merendam anting berlian terlebih dahulu ke dalam detergen cair yang bahan kimianya tidak terlalu keras. Detergen yang mengandung natrium lauril eter sulfat bisa jadi pilihan yang tepat.

Adapun Windex digunakan saat cincin berlian sudah direndam beberapa menit. Jika sudah direndam, semprotkan Windex ke sikat gigi dan bersihkan berlian dengan lembut.

Lakukan dengan hati-hati dan gunakan sikat kecil dengan lembut. Setelah itu, bilas anting dengan air dan usaplah hingga kering menggunakan kain lembut.

Cuci Anting Berlian dengan Amonia

Banyak yang berpikir jika amonia termasuk ke bahan kimia yang keras. Namun, pada kenyataannya, amonia cukup ampuh untuk membersihkan berlian dari minyak dan kotoran.

Caranya cukup mudah, hanya dengan mencampurkan sedikit amonia dengan sebaskom air panas. Namun, jangan gunakan air panas jika ada batu permata lain di dalam setting. Hal ini dapat merusak batu permata lain tersebut, jadi hanya batu berlian saja yang terdapat dalam setting cincin tersebut.

Usai direndam dalam cairan air panas bercampur amonia tersebut, masukkan anting berlian ke mangkuk lainnya. Mangkuk ini harus berisi air bersih hangat.

Setelah direndam di air hangat bersih, tambahkan sesendok teh sabun cuci piring ke dalam mangkuk. Gosok anting berlian itu menggunakan sikat gigi berbulu lembut atau sikat khusus perhiasan. Bilas anting dalam air hangat, lap airnya dengan handuk atau kain lembut.

Cuci Anting Berlian dengan Air Soda

Metode ini lebih tepat digunakan untuk membuat batu berlian lebih cemerlang usai dibersihkan. Jadi, rendamlah batu berlian di dalam air soda selama semalaman.

Caranya, penuhi gelas dengan air soda, masukkan batu berlian ke dalam gelas tersebut dan diamkan selama semalaman. Setelah itu, angkat anting berlian itu dan lap dengan kain halus.

Bersihkan Anting Berlian dengan Tablet Pembersih Gigi Palsu

Cara membersihkan anting berlian menggunakan tablet pembersih gigi palsu ini bisa dilakukan dengan bahan cangkir yang berisi air.

Pertama, siapkan cangkir yang berisi air panas. Lalu masukkan anting berlian ke cangkir selama beberapa menit. Setelah itu, angkat anting berlian dan keringkan menggunakan kain halus agar semakin bersih, lap sedikit demi sedikit.

Bersihkan Anting Berlian dengan Tusuk Gigi

Terkadang, ada beberapa kotoran yang tersangkut di sisi-sisi berlian. Selain itu, sisi setting yang terlalu sempit, kadang membuat kuman-kuman berkumpul menjadi satu.

Gumpalan-gumpalan kotoran ini bisa dibersihkan dengan mudah, dengan menggunakan tusuk gigi saja. Caranya ialah dengan menusuk-nusuk sisi-sisi yang kotor, sampai berlian benar-benar bersih. Selain menggunakan tusu gigi, alat lain yang bisa digunakan ialah pinset. Cara yang digunakan sama, yaitu tusuk-tusuk bagian yang kotor.

Bersihkan Anting Berlian dengan Vodka

Caranya, rendam anting berlian di dalam vodka yang sudah dituang ke satu gelas seloki. Masukkan anting berlian ke gelas tersebut dan biarkan terendam selama satu-dua menit. Angkat anting itu dan bilas dengan air hangat. Keringkan dan poles anting berlian menggunakan kain bebas serat.

Terpenting, jangan membersihkan perhiasan apapun di dekat wastafel atau tempat-tempat yang berlubang. Hal ini dapat membuat peluang hilangnya perhiasan, apalagi anting, karena masuk ke lubang yang dalam semakin besar.

Jadi, pilihlah permukaan yang datar sebagai tempat membersihkan anting berlian. Pilihlah meja atau lantai yang lokasinya tidak berdekatan dengan wastafel. Pakailah juga beberapa tempat atau wadah seperti mangkuk, cangkir, ataupun gayung agar anting atau perhiasan tidak berserakan ke berbagai tempat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.