8 Cara Membuat Mahar Pernikahan agar Berkesan

Mahar atau mas kawin menjadi barang wajib yang tidak boleh terlewatkan di setiap proses pernikahan Indonesia. Bahkan dalam beberapa agama, tanpa adanya mahar pernikahanmu akan dianggap tidak sah. Mahar sendiri menjadi simbol pemberian harta suami kepada istrinya. Karena keistimewaan inilah, bentuk mahar di setiap pernikahan selalu dibuat secara menarik. Dari sekian banyak bentuk tatanan mahar yang selama ini ada, beberapa tema di bawah ini bisa memberimu inspirasi cara membuat mahar pernikahan.

1. Uang kertas dan koin yang dibentuk menjadi bunga membuat mahar pernikahanmu lebih berwarna.

cara membuat mahar pernikahan

Padanan antara uang kertas, uang koin, dan bunga kertas yang dibentuk seperti kelopak bunga ini memang terlihat sederhana. Tapi bukan berarti mengurangi maknanya sebagai sebuah mahar di hari pernikahanmu. Bunga kertas dengan beragam warnanya juga mampu membuat mahar pernikahan kamu dan pasangan ini lebih berwarna. Cara membuatnya pun tidak sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan papan atau kertas tebal pipih, lipat uang kertasmu menyerupai kelopak bunga yang melingkar. Lalu, tempelkan uang koin dengan lem di bagian tengah lingkaran. Hiasi sisi-sisi kertas dengan bunga plastik. Selesai!

2. Mahar yang dibentuk seperti bouquet bunga ini tidak akan ada duanya.

cara membuat mahar pernikahan

Mahar yang dibentuk seperti bunga dalam pot ini merupakan salah satu ide mahar pernikahan unik yang patut dicoba. Kamu bisa membuat sendiri bentuk mahar ini karena bentuknya yang simpel dan tidak terlalu rumit. Sehingga kamu tidak perlu bantuan jasa pembungkus mahar dan pastinya budget pernikahanmu bisa lebih ditekan.

3. Scrapbook untuk mahar pernikahan juga bisa, kok!

cara membuat mahar pernikahan

Scrapbook adalah seni menempelkan kertas yang dibentuk bermacam-macam seperti bentuk bunga, hewan, atau hati pada sebuah media yang biasanya berupa kertas. Scrapbook saat ini memang lebih banyak digunakan untuk sebuah kartu ucapan. Namun tak ada salahnya mengaplikasikan seni scrapbook ini pada mahar pernikahanmu. Mahar pernikahanmu dijamin unik dan akan berbeda dari yang lainnya.

Dengan mahar yang dibentuk menjadi scrapbook ini, kamu juga bisa mengerahkan jiwa senimu untuk menghias maharmu menjadi seunik mungkin. Foto kamu dan pasangan yang ditempelkan pada mahar scrapbook-mu juga akan membuatnya lebih bermakna bagi kamu dan dia.

4. Mahar pernikahan yang dihiasi foto kamu dan pasangan bisa menjadi pajangan dinding yang tak biasa.

cara membuat mahar pernikahan

Jika ingin lebih hemat, kamu bisa jadikan mahar pernikahanmu sekaligus menjadi foto pernikahanmu. Caranya, tinggal aplikasikan foto mu dan pasanganmu di atas susunan uang kertas yang menjadi mahar pernikahanmu. Maharmu akan sekaligus menjadi foto pernikahan yang tak biasa.

5. Mahar yang dibentuk kapal ini bisa menjadi simbol kamu dan pasangan siap mengarungi bahtera rumah tangga.

cara membuat mahar pernikahan

Mahar pernikahan yang dibentuk layaknya perahu yang sedang berlayar ini menjadi simbol bahwa kamu dan pasangan sudah siap mengarungi bahtera rumah tangga. Meski ombak yang akan mendera bahtera rumah tangga. Meski ombak yang akan mendera rumah tangga kamu dan pasanganmu tak selamanya landai, namun kamu dan pasanganmu bisa selalu bergotong royong agar bahtera rumah tangga kalian tak sampai tenggelam.

6. Uang mahar pernikahan yang dibentuk seperti bunga mawar ini cukup manis untuk dicoba.

Jika kamu penggemar hiasan bunga, maka uang mahar pernikahan yang dibentuk layaknya bunga mawar ini patut dicoba! Dijamin hatimu akan semakin berbunga-bunga mendapat mahar pernikahanmu ini dari calon suamimu. Cara membuat mahar pernikahan ini tidak terlalu sulit, lho! Kamu hanya perlu membentuk uang kertas tersebut agar menyerupai bunga mawar.

7. Mau mahar pernikahan yang lebih tidak biasa? Bentuk uang maharmu layaknya wedding cake.

Akan banyak komentar-komentar yang menunjukan kekaguman para tamu undangan ketika melihat maharmu dibuat menjadi bentuk-bentuk yang tak biasa. Seperti misalnya mahar pernikahan yang dibentuk wedding cake ini. Selanjutnya, dijamin kamu dan pasangan akan menjadi trendsetter yang mengenalkan bentuk baru mahar pernikahan.

8. Inisial nama kamu dan pasanganmu dalam mahar akan membuat pernikahan kalian semakin bermakna.

Tak ada yang lebih indah dibandingkan inisial nama kamu dan dia yang diabadikan dalam sebuah mahar pernikahan. Meski tak banyak ornament yang menghiasi mahar pernikahan dengan inisial nama kalian ini, namun kesederhanaannya tak pernah mengurangi syahdunya prosesi pernikahan kalian. Cara membuatnya mahar pernikahan ini juga tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu membentuk rangka nama kamu dan pasanganmu, lalu isi rangka itu dengan sejumlah uang kertas yang sudah dibentuk sebelumnya.

Kedelapan cara membuat mahar pernikahan di atas bisa kamu tiru di rumah, lho! Selain itu, kamu bisa meminimalisir budget untuk mahar jika kamu membuatnya sendiri. Namun, tenang, jika kamu tidak ingin membuat mahar pernikahan seperti di atas, kamu bisa menggunakan benda atau jasa lainnya. Contohnya seperti emas batangan, perak, tiket traveling, atau bahkan perhiasan untuk menyenangkan hatinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *