10 Contoh Mahar Uang Sesuai Tanggal Pernikahan

Meski banyak pendapat kontra mengenai uang yang dijadikan mahar sebuah pernikahan, namun masih banyak calon pasangan yang menggunakan uang sebagai mahar pernikahannya. Meski telah diperingati oleh Bank Indonesia terkait adanya ancaman pidana bagi yang menggunakan uang sebagai mahar, tradisi ini belum surut. Namun jika kamu berniat menggunakan uang sebagai mahar pernikahan, akan lebih baik jika kamu meminimalisir lipatan-lipatan pada kertas agar kamu tidak terkena pidana atas tindak perusakan uang. Mahar pernikahan dalam bentuk uang, biasanya disesuaikan dengan tanggal pernikahan. Berikut 10 Contoh Mahar Uang Sesuai Tanggal Pernikahan.

Contoh Mahar Uang Sesuai Tanggal Pernikahan

  1. Membentuk gambar wayang

    contoh mahar uang sesuai tanggal pernikahan
    Selain membuat hiasan yang indah, kamu juga dapat melestarikan budaya dengan membuatnya berbentuk wayang. Bentuk wayang ini terlihat susah dibentuk, karena memerlukan detail yang teliti saat kamu membuatnya. Misalnya kamu menikah pada tanggal 29 Oktober 2019. Kamu bisa buat angka 291019 sebagai maharnya. Lalu kamu konversikan ke dalam bentuk mata uang rupiah, misalnya seharga Rp 291.109. Atau kamu bisa mencoba kombinasi lain.

  2. Hiasan tiga dimensi

    contoh mahar uang sesuai tanggal pernikahan
    Hiasan tiga dimensi di atas diisi dengan uang koin dan uang kertas. Kamu bisa membuat kombinasi dari tanggal pernikahanmu dan dibentuk seperti hiasan di atas. Banyak referensi gambar 3 dimensi lainnya, kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan selera kamu.

  3. Pengantin berbaju adat

    contoh mahar uang sesuai tanggal pernikahan
    Uang kertas beragam warna bisa dibentuk menyerupai pengantin dengan busana adat. Ingat, kamu harus menentukan uang kertas dan uang logam dengan nominal berapa agar sesuai dengan tanggal pernikahanmu.

  4. Buket bunga

    contoh mahar uang sesuai tanggal pernikahan
    Buket bunga dari uang dengan kombinasi warna merah dan biru juga terlihat manis dan berkesan. Kamu bisa memajang mahar uang ini di kamar pengantin kamu, lho! Agar mahar ini selalu terkenang hingga waktu sudah semakin lama berjalan.

  5. Pot uang

    contoh mahar uang sesuai tanggal pernikahan
    Mungkin kamu tidak menyadari bahwa pot tanaman bunga ini sebenarnya terbentuk dari uang. Kreasi unik ini bisa kamu jadikan contoh mahar uang sesuai tanggal pernikahanmu, lho! Selain bentuknya yang sederhana, kreasi ini juga tidak termasuk tindakan perusakan uang. Kamu bisa mengkombinasikan nominalnya, sesuai tanggal pernikahan, atau bahkan mengganti mata uangnya.

  6. Wedding cake

    Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah cara-membuat-mahar-pernikahan-6-1.jpg
    Akan banyak komentar-komentar yang menunjukan kekaguman para tamu undangan ketika melihat maharmu dibuat menjadi bentuk-bentuk yang tak biasa. Seperti misalnya mahar pernikahan yang dibentuk wedding cake ini. Selanjutnya, dijamin kamu dan pasangan akan menjadi trendsetter yang mengenalkan bentuk baru mahar pernikahan.

  7. Inisial nama kamu dan pasanganmu

    Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah cara-membuat-mahar-pernikahan-8-1.jpg
    Tak ada yang lebih indah dibandingkan inisial nama kamu dan dia yang diabadikan dalam sebuah mahar pernikahan. Meski tak banyak ornament yang menghiasi mahar pernikahan dengan inisial nama kalian ini, namun kesederhanaannya tak pernah mengurangi syahdunya prosesi pernikahan kalian. Cara membuatnya mahar pernikahan ini juga tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu membentuk rangka nama kamu dan pasanganmu, lalu isi rangka itu dengan sejumlah uang kertas yang sudah dibentuk sebelumnya.

  8. Scrapbook untuk mahar pernikahan juga bisa, kok!

    Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah cara-membuat-mahar-pernikahan-3-1.jpg
    Scrapbook adalah seni menempelkan kertas yang dibentuk bermacam-macam seperti bentuk bunga, hewan, atau hati pada sebuah media yang biasanya berupa kertas. Scrapbook saat ini memang lebih banyak digunakan untuk sebuah kartu ucapan. Namun tak ada salahnya mengaplikasikan seni scrapbook ini pada mahar pernikahanmu. Mahar pernikahanmu dijamin unik dan akan berbeda dari yang lainnya.

    Dengan mahar yang dibentuk menjadi scrapbook ini, kamu juga bisa mengerahkan jiwa senimu untuk menghias maharmu menjadi seunik mungkin. Foto kamu dan pasangan yang ditempelkan pada mahar scrapbook-mu juga akan membuatnya lebih bermakna bagi kamu dan dia.

  9. Mahar pernikahan yang dihiasi foto kamu dan pasangan

    Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah cara-membuat-mahar-pernikahan-4-1.jpg
    Jika ingin lebih hemat, kamu bisa jadikan mahar pernikahanmu sekaligus menjadi foto pernikahanmu. Caranya, tinggal aplikasikan foto mu dan pasanganmu di atas susunan uang kertas yang menjadi mahar pernikahanmu. Maharmu akan sekaligus menjadi foto pernikahan yang tak biasa.

  10. Uang kertas dan koin yang dibentuk menjadi bunga

    Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah cara-membuat-mahar-pernikahan-1-1.jpg
    Padanan antara uang kertas, uang koin, dan bunga kertas yang dibentuk seperti kelopak bunga ini memang terlihat sederhana. Tapi bukan berarti mengurangi maknanya sebagai sebuah mahar di hari pernikahanmu. Bunga kertas dengan beragam warnanya juga mampu membuat mahar pernikahan kamu dan pasangan ini lebih berwarna. Cara membuatnya pun tidak sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan papan atau kertas tebal pipih, lipat uang kertasmu menyerupai kelopak bunga yang melingkar. Lalu, tempelkan uang koin dengan lem di bagian tengah lingkaran. Hiasi sisi-sisi kertas dengan bunga plastik. Selesai!

Nah, kira-kira itulah 10 contoh mahar uang sesuai tanggal pernikahan yang bisa kamu sesuaikan dengan tanggal pernikahanmu. Uang yang dipakai, bisa kamu ganti dengan mata uang lainnya, lho, sebagai variasi agar tidak membosankan. Namun, tenang, jika kamu tidak ingin membuat mahar pernikahan seperti di atas, kamu bisa menggunakan benda atau jasa lainnya. Contohnya seperti emas batangan, perak, tiket traveling, atau bahkan perhiasan untuk menyenangkan hatinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *