Membuat Undangan Pernikahan Elegan

Membuat Undangan Pernikahan Elegan

Undangan pernikahan elegan banyak dicari oleh para calon pengantin yang memang menginginkan desain yang bernuansa lembut dan cantik.

Pernikahan adalah sebuah titik sakral dimana seorang pria dan wanita menyatukan jiwa mereka menjadi satu ikatan. Maka, ketika pernikahan itu sendiri dibentuk menjadi sebuah acara, perhelatan itu bukan hanya milik si wanita seorang tetapi juga pasangannya. Yang tidak dapat dipungkiri adalah memang peran calon mempelai wanita dalam mengurus segala hal untuk terciptanya sebuah acara pernikahan yang diimpikannya sangatlah banyak.

Undangan pernikahan elegan adalah suatu sarana pemberi kabar impian bagi calon mempelai wanita. Sementara calon mempelai pria, yang mungkin akan lebih tertarik pada desain yang lebih maskulin seperti karakter komik atau superhero kesukaannya, harus merelakan angan-angan mereka sendiri demi impian calon istri. Meski begitu, hal ini tentunya bukan berarti bahwa kita dapat dengan seenaknya saja kemudian berspekulasi jika pernikahan adalah sebuah acara penting yang diadakan hanya untuk mempelai wanita saja.

Sebelum menentukan desain, ada beberapa hal penting yang dapat kalian perhatikan sebelumnya untuk membuat undangan pernikahan kalian menjadi undangan pernikahan elegan yang akan membuat tamu undangan yang menerimanya terpesona dan memberi tanggapan yang memuji. Karena, tentu kalian para calon pengantin menginginkan yang terbaik dari yang terbaik untuk dijadikan desain undangan pernikahan kalian. Karena, sebuah undangan yang dipilh untuk dicetak pada sebuah kertas memiliki tujuan tersendiri mengapa tidak hanya disampaikan lewat ucapan saja.

Tentu saja agar si penerima undangan dapat lebih mudah mengingat apa yang tertulis disana, dan apabila memang lupa, penerima undangan bisa merecall ingatannya dengan melihat lagi isi undangan yang tertulis di dalamnya. Dan sebuah tulisan yang ditujukan untuk sebuah keperluan yang baik, tentunya akan memberi kesan yang baik pula jika dirangkai dalam bentuk tulisan yang indah dipandang mata, bukan?

Langkah Membuat Undangan Pernikahan Elegan

Jenis Huruf

Kamu bisa memilih jenis huruf yang kamu dan pasanganmu inginkan untuk menjadi highlight yang digunakan untuk menulis nama kalian berdua sebagai mempelai dan jenis huruf lain untuk menulis keterangan yang lain. Untuk menciptakan sebuah undangan pernikahan elegan, jenis huruf yang akan kalian gunakan akan lebih baik jika kalian bedakan jenisnya. Karena dengan begitu, akan membuat nama kamu dan pasanganmu menjadi lebih mencolok.

Hal ini ditujukan agar tulisan yang akan dibaca penerima undangan saat pertama kali adalah nama kalian berdua sebagai calon pasangan pengantin. Tentunya dengan membuat nama kamu dan pasanganmu lebih mencolok diantara tulisan yang lain adalah agar penerima undanganmu dapat langsung tahu acara milik siapa yang mengundang mereka untuk datang. Jenis huruf tegak bersambung dapat kamu pilih sebagai jenis huruf untuk dituliskan menjadi nama kamu dan pasanganmu. Jenis huruf yang mirip seperti tulisan tangan ini dapat menjadikan undangan pernikahan eleganmu memiliki pula kesan klasik yang cantik.

Namun jika kamu dan pasanganmu lebih suka untuk memilih satu saja jenis huruf untuk dituliskan ke dalam semua tulisan di undangan pernikahan elegan kalian, kamu bisa membuat huruf yang menuliskan nama kamu dan nama pasanganmu menjadi lebih besar atau dicetak dengan warna yang berbeda dari tulisan yang lain.

Warna emas atau perak dapat menjadi pilihan yang bagus yang akan membuat undangan pernikahan kalian tampak mewah. Banyak juga dari calon pengantin yang menyukai undangan pernikahannya dicetak dengan huruf-huruf balok besar. Undangan pernikahan elegan yang memiliki huruf seperti itu tidak hanya memberi kesan mudah dibaca, tetapi juga dapat mencerminkan kepribadian calon pengantin yang simpel, minimalist, namun anggun.

Box

Undangan pernikahan elegan yang ditempatkan dalam sebuah box tidak hanya akan menambah kental kesan anggun dan cantiknya, tetapi juga nuansa mewah yang menarik. Jika kamu dan pasanganmu memiliki budget yang lebih untuk undangan pernikahanmu, kalian bisa mempertimbangkan untuk memaksimalkan pada desain undangan pernikahan kalian agar menjadi undangan pernikahan elegan yang benar-benar kamu impikan.

Sebuah undangan pernikahan yang memiliki wadah sebuah box yang mewah, tentu saja akan memberi kesan sendiri yang sangat membekas bagi penerima undangan pernikahan elegan kalian. Di dalam box tersebut, kamu dan pasanganmu tidak hanya bisa menempatkan undanganmu, tetapi juga bisa sekaligus menaruh gift pernikahan kalian di dalamnya.

Saat ditutup, undangan speerti ini akan memunculkan kesan seperti sebuah buku dengan sampul tebal atau boks hadiah, yang akan memberi nuansa unik tersendiri karena tidak terlihat seperti undangan pernikahan pada umumnya. Namun, tetap sesuaikan dengan kepribadianmu dan pasanganmu, sebab yang terpenting adalah agar hasilnya bisa sangat memuaskan kalian berdua sebelum memuaskan mata orang lain yang menerima undangan kalian.

Akrilik

Sebuah undangan pernikahan pada masa sekarang tidak hanya dapat dibuat dengan menggunakan kertas sebagai medianya, tetapi bahan akrilik ternyata dapat digunakan dengan baik sebagai media undangan pernikahan. Terlebih, akrilik yang memiliki warna bening memiliki kekuatan yang dapat membuat sebuah undangan pernikahan menjadi undangan pernikahan elegan yang tidak mainstream. Untuk warna huruf yang dicetak pada lembar akrilik, sebaiknya menggunakan warna-warna netral seperti putih, silver, atau gold.

Dengan begitu, warna-warna yang memang pada dasarnya memang sudah memberikan kesan elegan, akan makin menguatkan tampilan undangan pernikahanmu menjadi lebih mewah dan menarik. Tidak hanya itu, keunikan yang belum banyak orang ketahui sudah jelas akan membuat tamu undangan kalian yang menerima undangan pernikahan elegan kalian berdua akan bersimpati dan memuji ide unik yang kalian berdua gunakan.

Foto

Jika kamu dan pasanganmu memiliki hobi berpose untuk mengabadikan segala momen sehari-hari kalian, maka, tidak ada salahnya jika kalian menyisipkan foto-foto prewedding kalian berdua di dalam undangan pernikahan yang kalian buat. Kamu bisa menambahkan satu atau dua lembar tambahan di dalam undangan pernikahan untuk tempat foto-foto yang ingin kamu dan pasanganmu abadikan bersama undangan pernikahan impianmu.

Foto-fotomu dan pasangan dapat mengubah undangan pernikahanmu menjadi undangan pernikahan elegan yang sarat dengan kisah cinta kalian berdua. Atau bisa juga, jika calon pengantin menginginkan melakukan sesi foto khusus selain foto prewedding untuk disisipkan ke dalam undangan pernikahan elegan kalian. Kamu dan pasanganmu bisa berfoto sesuai dengan kisah perjalanan kalian berdua dan membuat narasi pendek mengenai kehidupan kalian berdua untuk foto-foto tersebut.

Old School

Kebanyakan orang pikirkan undangan pernikahan elegan adalah undangan pernikahan yang mengadopsi elemen klasik lalu memberikan kesan mewah. Namun siapa sangka, desain jadul atau old school, ternyata bisa menjadikan undangan pernikahanmu dan pasanganmu menjadi undangan pernikahan elegan yang apik.

Perpaduan jenis huruf dan desain background yang jadul justru memberi kesan klasik yang unik, namun tetap terlihat elegan. Kamu dan pasanganmu bisa menjadikan tema ini sebagai inspirasi untuk undangan pernikahan elegan impianmu jika kamu dan pasanganmu menyukai hal-hal yang bersinggungan dengan nuansa classic-vintage seperti pada saat tahun 60an dahulu kala.

Laser-Cut

Pola desain yang sedang banyak digunakan akhir-akhir ini oleh banyak pasangan calon pengantin adalah undangan pernikahan elegan yang dicetak dan dipotong dengan cara laser-cut. Cara seperti ini akan membuat halaman setelah halaman yang di laser-cut akan tampak samar dan tertutup di beberapa bagian. Tampilan seperti ini akan membuat penerima undangan pernikahan kalian terpukau karena kecantikannya. Dengan jenis undangan yang memakai cara laser-cut, kamu dan pasanganmu harus pintar dan jeli dalam memilih desain polanya, agar semakin dapat menonjolkan keunikan undangan pernikahan elegan kalian.

Warna Gelap

Jarang sekali pasangan calon pengantin mengambil keputusan untuk mengambil warna yang gelap sebagai pilihan untuk undangan pernikahan mereka. Mungkin hal tersebut muncul dari perspektif umum oleh banyak orang yang berpikir bahwa warna gelap itu menunjukkan kemuraman. Sehingga, akhirnya dipandang tidak sesuai untuk dimasukkan sebagai unsur warna background untuk undangan pernikahan yang harusnya memiliki nuansa bahagia.

Walau warna gelap memiliki kesan buruk, justru sebenarnya warna ini dapat memberikan kesan elegan dan mewah untuk undangan pernikahan. Undangan pernikahan elegan yang diimpikan dapat terwujud jika kamu berani mengambil warna gelap ini sebagai background yang mendominasi undangan pernikahan kalian. Kamu bisa memadukan dengan warna gold, atau silver sebagai warna untuk tulisan yang menampilkan kekontrasan yang cantik pada undangan pernikahan.

Single Board

Gaya hidup minimalist yang sedang tren akhir-akhir ini dapat kalian adopsi untuk menjadi inspirasi pada undangan pernikahan impian kamu. Undangan pernikahan yang dicetak berupa single board bolak-balik sungguh dapat membuat undangan pernikahanmu menjadi undangan pernikahan elegan yang kamu impikan. Untuk jenis undangan pernikahan seperti ini, desain warna yang kamu pilih sebaiknya menggunakan warna-warna terang. Karena kesan elegan yang ditampilkan dari jenis undangan ini akan terdukung oleh pilihan warna yang clean dan kalem.

Jika merasa kurang puas dengan desain yang elegan dan minimalis, kalian bisa menambahkan elemen klasik dengan memberikan segel pada amplopnya. Pada stempelnya, kamu juga bisa memberikan inisial nama kamu dan pasanganmu.

Atau kamu juga bisa menambahkan ornamen bunga atau desain pilihanmu dan pasanganmu yang dicetak dengan deatil menggunakan gold hot foil. Warna gold bagaimana pun juga, dapat menyulap undangan pernikahan jenis apapun menjadi undangan pernikahan elegan yang terlihat mewah.

Triangle Booklet

Salah satu desain undangan pernikahan elegan yang dapat membuat undangan pernikahanmu menjadi menarik adalah jenis triangle booklet. Undangan ini tidak memerlukan amplop sebagai pembungkusnya, karena undangannya sendiri sudah tampak seperti amplop.

Kamu bisa menggunakan magnet untuk menutup sisi terluarnya, tetapi kamu bisa menambahkan tali pita sebagai segelnya. Undangan seperti ini menjadi tren pada beberapa tahun silam, jika tahun ini ingin mencoba untuk menggunakannya tidak terkesan ketinggalan jaman.

 Unsur Budaya

Undangan pernikahan elegan sebetulnya tidak melulu harus menggunakan elemen bunga sebagai ornamennya. Bentuk-bentuk geometrikal yang sederhana atau bahkan ukir khas Indonesia yang sulit akan menambahkan kesan mewah yang tidak kalah juga. Jika kamu dan pasanganmu ingin memasukkan unsur budaya asal daerahmu pada undangan pernikahan kalian, yang perlu diperhatikan adalah pemilihan desainnya.

Carilah jasa desain undangan pernikahan yang mahir dalam menyulap segala macam desain menjadi terlihat apik dan mewah. Pola batik jawa, songket sumatera, pewayangan, hingga rumah adat bisa-bisa saja dimasukan sebagai elemen di undangan pernikahan elegan kalian.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *